Siswi SMP
2 bulan lalu · 233 view · 4 menit baca · Perempuan 88647_51477.jpg

Rahasia Kulit Cantik ala Korea, Wajib Coba!

Korea dikenal dengan sebutan "Negara Kosmetik" karena warga negara Korea telah  menciptakan berbagai produk-produk perawatan wajah untuk menjaga kecantikan kulitnya. Mereka memiliki kulit halus yang sangat didambakan oleh seluruh wanita di dunia. 

Mereka menciptakan berbagai produk-produk perawatan wajah dengan kualitas yang sangat bagus. Sekarang, produk-produk kecantikan Korea sudah banyak beredar di Indonesia. Mulai dari toko online, mall ke mall, hingga toko resmi salah satu produk kecantikan Korea sudah hadir di Indonesia.

Faktanya, wanita-wanita di Korea tidak hanya memiliki satu tahap perawatan wajah. Mereka memiliki sepuluh tahapan perawatan wajah. Terdengar berlebihan, memang. Namun, itulah cara wanita Korea menjaga kulitnya. Mereka juga mengeluarkan budget yang banyak untuk perawatan kulitnya. Maka dari itu, bagi anda yang ingin mencoba sepuluh tahap perawatan wajah ala Korea siapkan budget yang banyak, ya.

Tahap pertama, bersihkan sisa make-up dengan cleansing oil. Cleansing oil juga kerap disebut minyak pembersih wajah. Minyak ini sangat efektif untuk mengangkat make-up dan kotoran di wajah. Memang, ada banyak jenis pembersih wajah. Namun, yang paling dianjurkan adalah pembersih wajah berbahan dasar minyak. 

Pembersih wajah berbahan dasar minyak mampu mengusap sisa make-up secara efektif. Selain itu, kandungan minyak juga membantu melembabkan dan menutrisi kulit wajah. Cara penggunaannya pun mudah. Cukup gosok perhalan secara memutar, bersihkan dengan kapas, lalu cuci bersih wajah dengan air. 

Agar wajah lebih bersih, setelah memakai cleansing oil, gunakan facial wash. Facial wash biasa disebut sabun pencuci wajah. Facial wash berfungsi sebagai pembersih kotoran yang menempel pada wajah. 

Umumnya, facial wash digunakan dua kali sehari. Yaitu, ketika bangun tidur dan pada saat mandi sore atau sebelum tidur. Cara penggunaan facial wash yaitu, letakkan sedikit cairan facial wash ke tangan. Gosok di tangan hingga berbusa lalu gosok ke seluruh permukaan wajah. Setelah itu, bilas wajah dengan air.

Tahap selanjutnya yaitu, membersihkan komedo dan sel kulit mati yang ada di wajah dengan exfoliator. Exfoliator diambil dari kata "Exfoliate" yang berarti proses pengelupasan sel kulit mati dari permukaan kulit. Jika tidak melakukan exfoliate, maka sel kulit mati akan menumpuk. 

Menumpuknya sel kulit mati dapat menyebabkan kulit terlihat kusam, bersisik, warna kulit tidak merata, muncul blackhead, whitehead serta bintik hitam. Exfoliate bisa menggunakan scrub atau peeling

Untuk kulit normal, lakukan exfoliate maksimal sekali atau dua kali dalam seminggu. Sedangkan kulit berminyak boleh dua atau tiga kali dalam seminggu. Jangan terlalu sering melakukan exfoliate karena dapat membuat iritasi pada kulit.

Tahap selanjutnya adalah memakai toner. Toner adalah cairan yang dapat menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa make-up pada wajah. Toner juga berfungsi sebagai penyegar wajah dan penyeimbang pH. 

Kulit yang memiliki pH seimbang tidak akan rentan terhadap kadar minyak dan infeksi. Cara penggunaan toner pun sangat mudah. Hanya tepuk-tepuk ke seluruh area wajah. Bisa menggunakan kapas atau tangan. Cukup mudah, bukan?


Setelah kulit dirasa bersih dan segar, gunakan essence. Essence adalah cairan yang berguna untuk memasok vitamin tambahan agar bisa meresap di kulit. Bertekstur ringan sehingga mudah diaplikasikan dan cepat meresap pada kulit wajah. Manfaat essence adalah dapat mendehidrasi dan mengenyalkan kulit. Cara penggunaan essence sama seperti toner. Ditepuk-tepuk di seluruh area wajah. Bisa menggunakan kapas atau tangan.

Selanjutnya, gunakan serum. Serum adalah sebotol kecil gel berwarna jernih, bertekstur ringan, dan bebas minyak. Sebotol serum mengandung sejumlah bahan aktif. Mulai dari vitamin hingga antioksidan. Serum berguna untuk membuat wajah lebih lembab dan menjaga nutrisi pada kulit. 

Serum wajah bisa digunakan dengan cara menuangkan pada telapak tangan atau langsung diteteskan pada wajah. Biasanya tiga tetes (pada dahi dan kedua pipi) sudah cukup. Menggunakan serum dengan tangan bisa membuat serum meresap lebih baik ke dalam kulit. Hindari menggunakan serum dengan kuas atau kapas.

Setelah menggunakan serum, gunakan sheet mask. Sheet mask adalah masker kecantikan Korea yang terbuat dari kertas atau tisu. Cara pemakaiannya, cukup tempelkan ke wajah lalu diamkan 10 sampai 15 menit. 


Jika menggunakannya lebih dari 15 menit sampai 20 menit, sheet mask akan mengering, begitu juga kulit wajah. Sheet mask sangat diperlukan untuk mengunci skincare yang sudah dipakai.

Setelah mengunci semua skincare yang dipakai, gunakan eye cream. Eye cream biasanya disebut krim mata. Guna eye cream adalah menyamarkan mata panda dan kantung mata. Krim ini mengandung lebih banyak minyak dari lotion wajah biasa, dan lebih banyak bahan aktif yang ditujukan untuk menyingkirkan masalah di sekitar mata. 

Cara penggunaannya, ambillah sedikit eye cream dengan jari. Lalu, totolkan ke seluruh area mata kira-kira sebesar biji kacang hijau. Kemudian, ratakan. Meskipun sedikit, eye cream sudah cukup untuk melembabkan seluruh area mata. 

Setelah memakai eye cream, gunakan moisturizer. Moisturizer adalah pelembab wajah. Gunakan moisturizer yang memiliki SPF agar wajah terlindungi dari sinar matahari. Manfaat dari moisturizer sendiri adalah melembabkan dan menghaluskan kulit wajah. Saat memakai moisturizer, jangan mengusapnya. Cara yang benar memakai moisturizer adalah memijat lembut ke seluruh area wajah. 


Sebagai penutup, gunakan Suncreen. Suncreen adalah lotion cair yang bertindak sebagai penyaring sinar matahari. Oleskan sunscreen dengan tebal 20-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Biarkan sunscreen menyerap dan siap bekerja setelah 20-30 menit pengolesan. 

Setelah itu, bisa beraktivitas di luar ruangan. Menggunakan sunscreen bukan berarti aman dari radiasi sinar matahari. Sunscreen hanya salah satu produk perlindungan terhadap bahaya sinar matahari. Kelemahan sunscreen adalah mudah terhapus dari kulit jika terkena air atau terhapus oleh handuk atau kain. Karena itu, penggunaannya perlu diulang.

Yang perlu diingat, bahwa tidak semua produk kecantikan cocok di semua jenis kulit. Oleh karena itu, gunakan produk lokal yang sudah sesuai dengan jenis kulit. Bagi anda yang ingin mencoba sepuluh tahap skincare ala Korea namun masih ragu, apa salahnya mencoba? 

Dapatkan kulit yang sehat, terawat, dan glowing tanpa harus pergi treatment ke salon ataupun ke dokter. Memang, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan usaha yang maksimal pula. Untuk mendapatkan kulit mulus dan glowing ala Korea juga memerlukan usaha yang maksimal.

Artikel Terkait