Pelajar
1 minggu lalu · 67 view · 3 min baca menit baca · Tips & Trick 16381_92042.jpg
Foto: Pixabay/analogicus

Rahasia Cepat Move on

Pernahkah teman-teman merasa kesulitan move on hingga sulit tidur selama berhari-hari? Atau sekarang sedang mengalami fase ini? Tenang, dalam kesempatan kali ini; izinkan aku membagikan sebuah rahasia.

Selain harus diawali dengan tekad yang kuat, berikut adalah kiat cepat move on agar teman-teman bisa lepas dari bayang-bayang masa lalu dan memulai hidup baru yang lebih produktif.

Terima dan lepaskan

Kamu harus menerima bahwa dia pernah menjadi bagian dari alur hidupmu. Coba ingat kembali ketika dia menyapa setiap pagi, menanyakan kabar, bertanya tentang keseharianmu, membahas hal paling absurd di dunia. Ingat-ingat semua kenangan manis itu.

Semua masa lalu akan terus menghantuimu selamanya. Ia tidak akan bisa dihindari bagaimana pun caranya. 

Solusi paling tepat adalah berdamai dengan masa lalu. Jangan biarkan dirimu menghindar. Terima kenyataan dan lepaskanlah semuanya. Kamu berhak untuk tidak dihantui masa lalu. Jadi, mulai sekarang, terimalah pahit-manis kenangan sewaktu bersamanya.

Jangan mengingat keburukannya

Apa pun keburukan yang pernah ia lakukan kepadamu di masa lalu, ketika berpacaran, jangan ingat semua itu. Hilangkan semua persepsi tentang sisi negatif mantan pasangan dalam benakmu. 


Malah, sebaiknya, aku lebih menyarankan untuk mengingat semua kebaikannya; ingat saat dia memegang tanganmu, saat setiap pagi kata-kata manis menyapa memberimu semangat, ingat ketika butuh seorang pendengar ia selalu hadir untuk memberimu nasihat-nasihat bijak. 

Berterima kasihlah kepadanya di dalam hatimu. Penuhilah tempat itu semua hal positif, niscaya kamu akan lebih mudah melupakan. Jangan penuhi kebencian. Kebencian akan mengakibatkan dendam, dan dendam membuatmu sulit melupakan.

Simpan semua barang-barang mantan di tempat yang sulit dijangkau

Daripada dijadikan barang rongsokan, atau dikembalikan takut malah jadi reuni mantan, lebih baik disimpan di tempat aman yang jauh dari jangkauanmu. 

Jika tujuan membuang barang hanya karena tidak ingin membuat ingatanmu bersamanya kembali, akan lebih baik jika disimpan alih-alih dibuang, bukan? Toh, tujuanmu tersalurkan dan kamu tidak perlu membuang barang-barang yang mungkin sebenarnya masih bisa berguna bagi orang lain.

Selain itu, jika teman-teman merasa menyimpan barang di tempat aman dirasa terlalu memakan banyak tempat, mungkin menyumbangkan barang-barang tersebut bisa menjadi opsi terbaik. Bayangkan betapa bahagianya penerima donasi menerima barang layak pakai yang sudah tidak kamu butuhkah lagi. 

Tidak ada salahnya berbagi kebaikan di saat sedang merasa sedih. Justru kebahagiaan mereka akan membawa aura positif buatmu.

Jangan ragu menangis

Menangis membuatmu tenang, selama tidak sampai berlama-lama hingga membuat mata bengkak—tentunya. Menangis tidak akan membuatmu lemah, kok. 

Semua orang menangis. Semua orang sedih ketika merasa kehilangan. Menangis bukan karena lemah. Tidak ada yang melarangmu menangis. Jadi menangislah selama beberapa lama, kemudian bangkit. Dunia baru di luar sana sudah menantikan kehadiranmu.

Jangan mencari pelampiasan


Melampiaskan perasaanmu kepada orang lain tidak akan membantu sama sekali. Selain membuat sakit hati karena harus menjalani hubungan palsu, melampiaskan perasaan juga akan membuat siklus sama terulang kembali.

Kita tidak pernah tahu sifat asli seseorang itu seperti apa. Terlebih ketika pikiran sedang carut marut. 

Jadi, ketika seseorang membantumu di saat-saat sulit pasca putus hubungan, terimalah sebagai seorang pendengar, sahabat baik, penasihat, jangan langsung beri tempat di hatimu. Kamu baru saja mengalami insiden buruk mengenai hubungan. Beri dirimu ruang dan waktu untuk sendiri dulu.

Jangan terlalu merasa bersalah jika kamu menolaknya, hubungan yang didasari balas budi justru tidak selalu berujung bahagia. Jangan terlalu memaksakan diri untuk menerima cinta orang yang membantumu di saat-saat sulit. Kamu punya hak menolak. Kamu tidak boleh membuat keputusan ketika sedang merasa terpuruk. Carilah ketenangan lebih dahulu, kemudian putuskan pilihan terbaik bagimu.

Bebaskan dirimu

Lajang artinya bebas dari ikatan. Kamu bebas pergi ke mana pun tanpa perlu memberi kabar setiap saat, tak punya lagi kewajiban membalas pesan, tak ada lagi telepon berdering setiap saat, atau hal-hal mengikat lain selama berpacaran. 

Pergilah ke tempat mana pun kamu suka namun terhalang hubunganmu di masa lalu. Sekarang kamu bagaikan merpati yang terbebas dari kandang. Lakukan kegiatan positif di luar sana. Gunakan kebebasan waktumu sebaik mungkin.

Berkegiatan

Berkegiatan adalah salah satu cara terbaik untuk mengusir rasa jenuh. Pekerjaan sederhana tidak akan membuatmu tertekan, stres, atau mengingat mantan pasangan (beberapa kegiatan mungkin, jadi harus selektif). 

Kegiatan sederhana namun menyenangkan bisa membantu melupakan semua kenangan burukmu. Seperti, misalnya: pergi ke museum, berkebun, memberi makan hewan di kebun binatang, berfoto di taman bunga, apa pun itu. Buatlah dirimu senyaman mungkin akan keadaan yang sekarang, karena sekarang kamu bisa terbang bebas ke mana pun sayap putih itu membawamu.

Mengobrol bersama teman

Nah, yang terakhir namun cukup efektif adalah mengobrol bersama teman selalu membuat kita lupa sekelumit kepenatan di badan. Semua rasa letih, penat, stres. Mereka mengerti keadaanmu. Mereka paham betul tentangmu. Mereka akan membantu melupakan beban hidupmu. Jadi, jangan ragu bercerita kepada teman kepercayaanmu.

Teman-teman bisa melakukan satu, dua, tiga, atau bahkan semua saran di atas. Semua tergantung kehendak mana yang menurutmu baik untuk dilakukan. Jadi, tunggu apa lagi? Sudah saatnya kamu bebas!

Artikel Terkait