Dari negeri para filsuf Yunani, di sanalah istilah poliglot lahir. Dari kata polyglottos yang berarti banyak lidah, akhirnya terserap ke berbagai macam Kamus Bahasa Asing.

Berdasarkan keterangan sumber Meriam-Webster, istilah polyglot pertama kali digunakan pada tahun 1645. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Daring memberi makna leksikal (makna kamus) untuk kata poliglot, yaitu: dapat mengetahui, menggunakan, dan menulis dalam banyak bahasa atau orang yang pandai dalam berbagai bahasa.

Sedang Kamus Oxford Daring memberi makna leksikal: nowing, using or written in more than one language.

Dari pengertian leksikal di atas, tentunya kamu sudah mendapat poin intinya, bahwa poliglot itu berhubungan dengan kemampuan dan keterampilan menguasai banyak bahasa. Wah, sungguh menakjubkan!

Jika kamu mampu menguasai 2 bahasa asing disebut sebagai bilingual. Kalau tiga bahasa asing disebut trilingual dan selebihnya atau sekitar 6 bahasa asing, kamu berhak menyandang gelar poliglot. 

Yang paling seksi ketika kamu mampu menguasai lebih dari yang dikuasai seorang poliglot, maka gelar tertinggi hiperpoliglot siap kamu sandang. Tentunya kemampuan ini mempunyai daya tarik sendiri. Jika kamu cowok hiperpoliglot, yang ngiler pertama pastinya cewek-cewek sastra. 

Apa saja daya tarik cowok poliglot? Yuk, simak dan pantengin 5 keseksiannya!

1. Kamus berjalan yang romantis

Cowok hiperpoliglot tentunya mempunyai riwayat perjuangan yang panjang dan melelahkan untuk menjadi seorang hiperpoliglot. 

Ia memulai membangun daya tariknya sebagai seorang hiperpoliglot dari kemampuan paling dasar, yaitu menjadi seorang bilingual (pengucap dwi bahasa), trilingual (pengucap tiga bahasa) hingga poliglot (pengucap tiga bahasa lebih) atau multilingual.

Kemampuan olah kosakatanya jangan diragukan lagi. Sebut seorang hiperpoliglot asal Jerman, Emil Krabs, dia mampu berkomunikasi dengan 68 bahasa dengan kemampuan literasi yang patut diacungi jempol. 

Selama perjalanan ke Tiongkok, Krebs terus mempelajari bahasa asing dan sudah mengenal 40 bahasa. Orang-orang Tiongkok menyebut dia sebagai kamus berjalan.

Cowok hiperpoliglot dengan keterampilan dan kemampuan penguasaan kosakata dari berbagai macam bahasa ibarat sebuah kamus berjalan. 

Tak ayal lagi, ketika berjalan bersamanya atau saat berinteraksi dengannya, kata-kata romantis dari berbagai olahan kosakata Bahasa Asing akan mengucur deras dengan romantisnya.

Metode belajar para hiperpoliglot diantaranya adalah mempelajari kata-kata romantis yang dimiliki oleh berbagai bahasa di dunia.

2. Interpreter dan translator yang moncer

Nah, bidang pekerjaan interpreter dan translator pasti memburu talenta-talenta poliglot ini. 

Seorang poliglot muda nan tampan lulusan Universitas Harvard asal Amerika, Timothy Doner, yang mampu menguasai 23 bahasa, memulainya dengan menggeluti terjemah lagu-lagu berbahasa Ibrani melalui lagu-lagu yang dibawakan oleh grup musik Israel, Hadag.

Dari kemampuan translator dan interpreter ini, akhirnya Timothy Doner mendapat sebutan hiperpoliglot

Bagi cowok-cowok poliglot, pasti jadi rebutan cewek-cewek sastra yang ingin banyak sumber bacaan bagi proyek-proyek kepenulisan mereka. Khususnya yang berhubungan dengan literatur yang berhubungan dengan bahasa asli dan muatan lokalnya. 

Seorang poliglot pasti sudah jauh masuk ke dalam dari sekedar mengetahui arti-arti kata dalam berbagai bahasa dan kebudayaan asing.

Kemampuan dan kekuatan interpreter dan translator Timothy Doner dapat kamu saksikan di kanal-kanal pribadinya yang sudah mencapai banyak viewer. 

Berkat kekuatan dan kemampuan interpreter dan translatornya, dia mampu tampil di berbagai acara televisi dan radio serta menjadi penulis konten di koran dan artikel online. Selain itu,

Timothy Doner juga percaya diri tampil sebagai juru bicara pada acara Ted X, acara paraeksekutif Apple, serta mampu memesona di depan sekitar 25.000 pemirsa di Orlando.

3. Berwawasan luas

Yang membuat wawasan bahasa dan kebudayaan cowok hiperpoliglot adalah cambukan motivasinya. 

Bahasa erat kaitannya dengan budaya.Untuk memahami masyarakat dengan latar belakang yang berbeda, seseorang perlu memahami apa pandangan mereka terhadap sesuatu yaitu dengan memahami bahasa yang mereka pakai.

Wawasan luas bisa saja terpacu oleh berbagai macam motivasi yang bisa saja muncul dengan adanya ketertarikan seseorang dengan gaya hidup kultur lain. 

Kekuatan akulturasi budaya dan passion adalah dua hal yang bisa menggenjot motivasinya. Misalnya, trending Drama Korea Drakor) ataupun sengatan budaya K-Pop ataupun Gangnam Style ataupun telenovela, akan memicu seseorang untuk mempelajari bahasa dan budayanya. 

Cowok-cowok ini bisa menjadi rujukan cewek-cewek penggemar K-Pop ataupun Drakor untuk kedalaman arti kata yang tak sebatas pada leksikalnya.

Wawasan ilmu dan kebudayaan makin meluas ketika kamu tercambuk motivasi lainnya seperti faktor kebutuhan edukasi bagi mereka yang punya kesempatan kuliah di luar negeri. calon-calon hiperpoliglot ini secara langsung akan berinteraksi dengan budaya dan bahasa asing.

4. Potensi bisnis yang gahar

Bukan hanya di bidang sastra yang membuat cowok-cowok hiperpoliglot ini berpendar di mata cewek-cewek sastra, namun banyak hal lain yang membuat mereka seksi. 

Kekayaan bahasa tertentu mewakili budaya dari kelompok sosial tertentu. Untuk berinteraksi dengan bahasa berarti untuk melakukannya dengan budaya lokal sebagai titik referensi. 

Kamu tidak bisa memahami budaya tanpa memiliki akses langsung ke bahasanya. Di tittik inilah peluang bisnis gahar para cowok hiperpoliglot bisa bermula.

Potensi cowok hiperpoliglot tak perlu diragukan lagi. Cowok hiperpoliglot akan bisa hidup dan melakukan survival di mana-mana. Terutama tempat yang ia kuasai bahasanya. Potensi ini sungguh beragam mulai dari dunia kepenulisan, pariwisata hingga pengembangan pusat-pusat studi bahasa. 

Dalam hal pariwisata, promosi yang dilakukan di luar negeri harus dapat dilakukan dalam bahasa setempat. 

Tidak jarang, duta wisata yang mampu mempromosikan budaya bangsa dalam bahasa setempat agar mudah dan dipahami dan memperbesar sambutan yang luas karena hubungan psikologis bahasa dan budayanya.Termasuk para brand ambassador yang tentunya akan melirik kemampuan multibahasa seseorang. 

Militer juga sering merekrut para hiperpoliglot untuk ditempatkan di bagian dinas intelijennya.

5. Pahlawan kebudayaan

Cowok-cowok hiperpoliglot secara tidak langsung telah mengemban tugas mulia dan sebagai pahlawan kebudayaan. Bahasa merupakan identitas suatu Bangsa. Bahasa adalah alat komunikasi dalam berinteraksi sosial dengan masyarakat. Bahasa juga dapat dikatakan sebagai karakteristik pemakainya.

Mempelajari berarti mengembangkan dan melestarikannya. Bahasa adalah sarana pengembangan kebudayaan, sarana pembinaan kebudayaan, jalur pembinaan kebudayaan, dan sarana inventarisasi kebudayaan.

Mulai tertarik menjadi cowok hiperpoliglot? Jangan tunggu lama-lama, ambil kamusmu, perbanyak kamus macam-macam bahasa asingmu dan mulailah dari sini untuk menjadi hiperpoliglot! 

Referensi