Mahasiswa
1 minggu lalu · 281 view · 3 min baca menit baca · Politik 92268_42052.jpg
Foto: Liputan6

Prabowo Cocok Jadi Menteri di Kabinet Jokowi

Prabowo adalah sosok yang tidak asing bagi bangsa Indonesia. Walau sudah tiga kali merasakan kekalahan, dan mirisnya dua kali kalah dengan orang yang sama, namun prestasinya sudah tidak diragukan lagi. 

Ia mantan satuan elite dunia, Kopassus. Kopassus yang didirikan pada tahun 1961 ini dipimpin oleh Prabowo selama kurang lebih 3 tahun. Di bawah kepemimpinan Prabowo, Kopassus banyak menorehkan prestasi.

Ia dan Kopassus sukses melaksanakan Operasi Nanggala di Timor Timur. Saat operasi ini, ia ditugaskan untuk menangkap salah satu tokoh revolusioner Timor Timur, Xanana Gusmao. 

Ia juga berhasil membebaskan sandera dari sekapan Organisasi Papua Merdeka. Walau prestasinya yang gemilang tersebut harus terhenti karena dipecat tepat beberapa saat setelah mantan mertuanya dilengserkan.

Dalam dunia bisnis, ia juga termasuk seorang pebisnis yang sukses. Kesuksesannya dalam dunia bisnis tidak perlu saya jelaskan panjang lebar di sini. Karena sangat banyak, satu artikel tidak cukup untuk menjelaskannya. Maka dari itu, saya sarankan untuk googling saja.

Di kancah perpolitikan Indonesia, ia sebagai salah satu pendiri Partai Gerindra telah sukses terbang tinggi menjadi parpol besar. Bahkan, pemilu pertamanya sudah berani mengusung cawapres. Mungkin lambang Partai Gerindra, Burung Garuda, membuat Gerindra mudah untuk terbang tinggi.

Selain prestasi yang bagai butiran debu jumlahnya, Prabowo ternyata memiliki keahlian yang hanya dimiliki oleh beberapa manusia saja. Ia dapat berbicara dengan binatang, wow. Pasti banyak di antara kita terheran-heran dengan keahlian ini. Tapi mau tidak mau, kita harus percaya.

Ajudan Prabowo, Rizky Irmansyah, lewat Instagram, pernah menjelaskan perihal keahlian Prabowo. Bobby kucing kesayangan Prabowo selalu mogok makan dan acuh ketika dipanggil jika Prabowo lupa untuk bermain ketika tiba di Kertanegara dan lupa pamit ketika ingin kembali ke Hambalang.


Bukan hanya kucing yang jelas terlahir sebagai binatang penurut, semut yang notabenenya binatang liar bisa menurut saat diperintah oleh Prabowo. Sungguh keahlian yang sangat dibutuhkan untuk seorang pemimpin di masa depan.

Setelah bubarnya koalisi Indonesia Adil-Makmur, muncul rumor bergabungnya beberapa partai “musuh” Jokowi ke koalisi Indonesia Kerja. Mulai dari PAN, Demokrat, sampai Gerindra. 

Gerindra yang sang pemimpin Koalisi Indonesia Adil-Makmur rupanya terpincut juga. Ya wajar sih. Dua kali berusaha menjadi pemimpin pemerintahan, namun tidak pernah kesampaian.

Wasekjen Gerindra, Arief Poyouno, terlihat paling berminat bergabung. “Kalau kami menunggu pertemuan Pak Joko dan Pak Prabowo, tetapi kami tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi,” ungkap Arief saat menjadi bintang tamu di acara Mata Najwa. Walau tidak memberi pernyataan tegas, tapi sudah sangat tampak keinginan Arief untuk bergabung.

Cocok Jadi Menteri

Kalau benar terjadi Gerindra bergabung dengan Koalisi Kerja, Prabowo sangat pantas mengisi posisi menteri di Kabinet Jokowi. Prestasinya sudah tidak perlu diragukan, apalagi dengan keahlian unik yang dimilikinya.

Berikut daftar Kementerian yang cocok dipimpin oleh Prabowo.

Pertama, Menteri Pertahanan. Kementerian yang tugasnya menyelenggarakan urusan di bidang pertahanan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Pengalamannya di militer bisa menjadi acuan untuk memilih Prabowo duduk di posisi ini. Pernah memimpin Kopassus bisa menjadi nilai tambah

Kedua, Menteri Perdagangan dan Perindustrian. Kementerian yang menjadi lumbung “rupiah” dan sumber pembukaan lapangan pekerjaan ini sangat sesuai diisi oleh Prabowo. Kesuksesan menjadi seorang pengusaha bersama saudaranya dapat menjadi acuan. Dengan latar belakang militer namun sukses menjadi pengusaha merupakan suatu prestasi yang tidak dimiliki mantan menteri di dua bidang ini.

Ketiga, Menteri Kelautan dan Perikanan. Sebenarnya sih kementerian ini tidak ada kaitan sama sekali dengan Prabowo, baik prestasinya maupun keahlian. Tapi saya rasa Prabowo cocok untuk menggantikan Susi Pudjiastuti. Walau keahlian antara Prabowo dan Susi bagai bumi dan langit, tapi kedua orang ini memiliki sifat yang sama, yaitu tegas. 


Susi sangat tegas terhadap apa pun yang merusak ekosistem laut dan berusaha mencurinya. Prabowo juga dikenal tegas. Contoh saja saat kampanye, ia dengan semangat gebrak-gebrak meja. Itu bukti ketegasannya. Meja saja digebrak, apalagi kapal asing yang mencuri hasil laut kita? Bukan main memang!

Keempat, Menteri Agama. Walau bukan dari latar belakang agama, tapi Prabowo sangat cocok mengisi posisi ini. Mengapa? Karena Prabowo merupakan pilihan ulama. Prabowo dekat dengan ulama. 

Prabowo, kalau sampai menjadi Menteri Agama, pasti akan taat terhadap ulama, program kerjanya akan sesuai kehendak ulama. Prabowo juga dikenal dekat dengan beberapa Ormas Islam yang islami dan lembut, seperti FPI, HTI, dan Ormas garis lembut lainnya.

Yang terakhir, ini paling cocok, percaya deh, Menteri Pertanian. Menteri ini membawahi Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. Sesuai dengan keahlian Prabowo yang tidak dimiliki oleh orang banyak, yaitu berkomunikasi dengan hewan. 

Walau bukan bergelar dokter hewan, tapi karena kelebihan komunikasi dengan hewan, tentu dapat mempermudah kerja di Kementerian ini. Prabowo bisa berkomunikasi dengan hewan yang sakit dan hewan yang mogok berkembang biak.

Semoga saja tulisan ini dibaca oleh Bapak Jokowi beserta koalisinya. Agar kalau sampai Gerindra bergabung dapat membantu pemilihan menterinya

Artikel Terkait