Presiden Joko Widodo kembali memutuskan untuk melanjutkan penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang awalnya berakhir ditanggal 2 Agustus 2021, kini diperpanjang kembali sampai tanggal 9 Agustus 2021.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Presiden dalam keterangan resminya pada Senin (2/8/2021) malam.

Masih banyaknya kasus kematian Covid-19  yang terus mengalami peningkatan dengan rata-rata di atas 1000 kasus per hari. Mengharuskan pemerintah memberlakukan perpanjangan PPKM dengan berbagai level.

Yang awalnya dengan nama PPKM Darurat lalu beralih istilah dengan mengganti nama menjadi PPKM Level 1, 2, 3 dan yang terakhir hingga saat ini adalah PPKM Level 4.

Pemberlakuan level pada PPKM ini kalau dirasa-rasa, hal ini mirip dengan film Avengers.  Misal ada The avengers, Avengers age of ultron, Avengers invinity war, Avengers end game. tentunya film Avengers ini belum selesai soal serialnya.

Karena marvel sendiri sebagai film productionnya sekaligus pemilik hak paten ingin terus mengembangkan alur cerita film Avengers ini supaya para pecinta film tersebut terus menunggu sampai kapan ending sebuah alur cerita film Avengers berakhir.

Sama seperti kasus PPKM ini yang semula namanya PPKM Darurat dan Kemudian berganti nama menjadi PPKM di tingkat Level ini terus bergulir ketika waktu pemberlakuannya mulai selesai.

Element masyarakat dibuat pasrah menunggu informasi selanjutnya apakah pemberlakuan PPKM ini berlunjut atau akan berubah di tingakat Levelnya.

Karena pada kasus tertentu daerah yang tingkat kasus Covid-19 nya cenderung tinggi akan diberlalukan PPKM level 4 dan pada tingkat daerah yang kasus Covid-19 nya rendah diberlakukan PPKM level 3 dan mungkin bisa level 2 melihat angka kasus di daerah tersebut.

Balik ke cerita film Avengers yang kita bahas tadi, bahwa semakin film itu berseries atau memiliki lanjutan bak film drama. Maka akan semakin membuat penonton ataupun penikmat film tersebut semakin bosan.

Banyak gimic yang tidak akan sesuai fakta imajinasi dikarenakan orang akan semakin pusing untuk mengingat kembali runtutan cerita yang disajikan film avengers tersebut.

Bahkan pemeran baru seperti super hero yang sebelumnya tidak ada sangkut-pautnya pun seolah-olah di masukkan ke dalam cerita Avengers terbaru untuk menambah dan meramaikan jalan alur cerita.

Pada kasus PPKM ini pun juga hampir mirip-mirip dengan kasus film Avengers yang kita bahas tadi. 

Di kasus pemberlakuan PPKM tingkat level ini muncul nama baru seperti Luhut Binsar Pandjaitan atau Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia.

Luhut ikut serta untuk menjadi bagian memimpin penanganan Covid-19 di pulau Jawa dan Bali yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo.

Munculnya nama baru dalam penanganan kasus Covid-19 ini tentu menjadi perbincangan baru di dunia jagat maya. 

Terlebih kita tahu bahwa Luhut Binsar Pandjaitan memiliki kesan menteri segala bidang atau menteri segalanya hal tersebut kerap melekat pada dirinya.

"Apapun masalahnya, Luhut solusinya," begitulah komentar netizen pasca mengetahui Luhut Binsar kembali merangkap jabatan.

Kalangan ekonom, maupun politisi bahkan kerap menyebut Luhut sebagai Perdana Menteri atau menteri yang mampu mengurusi segala macam urusan. Eks Kepala Staf Kepresidenan itu dianggap sebagai pria yang serba bisa.

Padahal kalau kita melihat sepak terjang luhut ini dengan merangkap jabatan, sangat tidak efektif ketika satu bidang tidak terselesaikan. Seperti contoh kasus virus corona ini, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bahkan mengakui penerapan PPKM belum optimal.

Menurutnya, permintaan maaf itu sekaligus pengakuan bahwa Covid-19 belum terkendali di Indonesia. 

Ini menjadi bukti bahwa penanganan virus corona ini harus orang yang betul-betul paham dan mengerti tentang kesehatan penanganan kasus Covid-19.

Persamaan Luhut dengan Infinity Stones

Dipercayanya Luhut Binsar Pandjaitan pada penanganan Covid-19 dengan penerapan PPKM berlevel ini ibarat luhut adalah Infinity Stones atau Batu Infinity. Batu yang memiliki spesial kekuatan tersebut sangat dibutuhkan untuk keseimbangan dunia.

Uniknya pada batu tersebut mempunyai berbeda-beda jenis kekuatan. Seperti halnya luhut yang mampu memerankan 7 posisi menteri yang pernah dijabatnya.

Mulai dari Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Menteri ESDM, Menteri Perhubungan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Perindustrian dan Perdagangan.

Sementara pada serial Avenger Endgame ada 6 macam jenis batu infinity Stones. Batu-batu ini terdiri dari Power Stone, Space Stone, Mind Stone, Soul Stone, Time Stone dan Reality Stone.

Sangat-sangat mirip jika Luhut dan Infinity Stone ini di perumpamakan untuk menggambarakan sosoknya.

Ending dari PPKM ber-level

Mungkin akhir dari pemberlakuan PPKM ber-level ini ketika lockdown diterapkan oleh pemerintah pusat yang tidak lain adalah oleh Presiden Joko Widodo, sehingga tidak ada lagi yang namanya PPKM level 1, 2, 3, 4 dan mungkin hingga level selanjutnya.

Dengan diberlakukannya lockdown secara ketat dan menyeluruh disemua wilayah, dengan tetap memantau aktifitas masyarakat.

Lalu masyarakat tidak diperbolehkan di luar rumah dan pergi ke tempat-tempat keramaian, maka akan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Semoga pandemi Covid-19 di negara kita (Indonesia) segera berakhir dan pada akhirnya kita semua bisa melakukan aktifitas normal tanpa harus lagi berperang melawan Covid-19. Seperti halnya pada kasus film Avengers yang melawan seluruh musuhnya.