Kita semua telah merasakan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi sekarang ini. Teknologi akan semakin berkembang seiring bertambahnya kemajuan ilmu pengetahuan manusia. Inovasi-inovasi telah diciptakan oleh manusia untuk mempermudah dan menunjang kebutuhan sehari-hari.

Setiap inovasi yang diciptakan untuk memberikan dampak positif bagi kehidupan khalayak ramai. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. 

Khususnya dalam bidang teknologi, masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.

Pada masa sekarang ini kita bisa melakukan aktivitas apapun via online. Hal tersebut membuat jarak dan waktu seolah olah tidak terbatas. Mau kapanpun dan di mana pun, kita bisa mengakses apa saja yang kita butuhkan dengan cepat. Sebagai contoh kita mampu melakukan kegiatan belajar mengajar secara online, berbelanja secara online, dan banyak hal lagi.

Masyarakat menganggap hal tersebut sangat praktis dan efektif. Maka dengan adanya teknologi tersebut, dapat dikatakan adanya potensi yang positif dalam memudahkan berbagai kegiatan yang ada di masyarakat, salah satu dampaknya dirasakan oleh mahasiswa.

Mahasiswa merupakan poros perubahan bentuk wajah baru dari masa depan bangsa, maka perannya sangat penting bagi bumi ibu pertiwi ini. Untuk dapat mencapai berbagai peran yang diharapkan oleh masyarakat, tentunya tidak mudah. Banyak sekali rintangan dan hambatan yang harus dilalui, salah satunya adalah komunikasi.

Peran dari teknologi itu sendiri, yaitu mempermudah dalam mengekspresikan pikiran yang ada pada diri mahasiswa. Tidak hanya sampai di situ, kualitas mahasiswa kini diuji dengan adanya teknologi ini. 

Tak heran rasanya ketika mahasiswa yang gagap teknologi kini menjadi aib di tengah-tengah masyarakat. Maka dengan ini, peran mahasiswa dengan teknologi tidak dapat dipisahkan. 

Permasalahan demi permasalahan dapat kita saksikan di tengah-tengah masyarakat dikarenakan sebuah polemik peran mahasiswa yang terbatas.

Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring berkembangnya teknologi, juga beriringan dengan dampak negatif yang dirasakan. Salah satunya peran mahasiswa menjadi pasif karena adanya teknologi, berlama-lamaan di depan smartphonenya alih-alih mewujudkan peran, justru malah membuatnya tak berkutik dan seakan membeku di dalam tempat tinggalnya. Perlu adanya keseimbangan dalam penggunaan teknologi. Perlu memilah dan memilih prioritas dan keperluan.

Maka dari penjelasan yang disampaikan di atas, kita mendapat suatu penyelesaian yang konkret, yaitu jangan membatasi mahasiswa untuk berekspresi hanya dengan permasalahan minimnya media. 

Namun tentunya mahasiswa harus dapat membatasi dengan hal-hal yang diperlukan ataupun tidak diperlukan, jangan sampai menyalahgunakan wewenangnya.

Apakah mahasiswa harus menguasai teknologi?

Pertanyaan ini selalu muncul di benak kita, seakan menjadi sebuah pertanyaan besar atas apa yang beredar di masyarakat. Maka kita harus melihat terlebih dahulu situasi dan kondisinya. 

Jika orientasinya memang mengharuskan mahasiswa untuk menguasai teknologi, tentunya mahasiswa tersebut harus menguasainya, namun jika lebih banyak dalam praktek, maka peran teknologi hanya menjadi sekunder.

Namun apakah seburuk itu pandangan masyarakat terhadap mahasiswa yang tidak mahir berteknologi? Jawabannya adalah tidak, karena peran mahasiswa tidak hanya di teknologi, melainkan juga di dunia nyata. 

Dengan istilah kata, teknologi itu wasilah dan wadah untuk mahasiswa agar dapat berekspresi, berkomunikasi, dan mendapatkan lebih banyak informasi.

Terkait dari dampak positif dan negatif teknologi bagi mahasiswa, berikut tips sederhana penggunaan kemajuan teknologi bagi mahasiswa yang berdampak positif;                                                                          

- Menggunakan media sosial sebagai platform bisnis, misalnya memulai bisnis sederhana seperti menjual makanan dan dipromosikan melalui media sosial.

- Melakukan edukasi untuk masyarakat luas terkait hal hal yang positif dan berguna melalui media sosial yang banyak digunakan masyarakat, misalnya Instagram atau Tiktok.

- Memperluas wawasan dengan menggunakan teknologi sebagai sarana dalam metode pembelajaran.

- Bagi mahasiswa yang memiliki hobi menulis, bisa menerbitkan tulisannya di website ataupun aplikasi seperti Wattpad dan sejenisnya. Begitu pun mahasiswa yang memiliki hobi membaca dapat membaca melalui aplikasi atau website karena zaman sekarang sudah ada e-book atau buku digital yang dapat diakses melalui handphone atau laptop.

- Menambah relasi dan kenalan yang akan sangat bermanfaat untuk ke depannya.

- Mencari informasi terkait volunteer, magang, dan lowongan pekerjaan. Maupun informasi informasi penting yang bermanfaat untuk dunia perkuliahan.

Semakin bertambahnya tahun teknologi digital akan terus mengalami kemajuan. Mau tidak mau mahasiswa ataupun masyarakat umum harus mengikuti perkembangannya dengan cara menguasai teknologi tersebut dan menggunakannya dengan bijak dan benar. 

Walaupun mahasiswa tidak diwajibkan untuk mahir akan teknologi, namun akan lebih baik jika mahasiswa menguasai dalam penggunaan teknologi seiring berkembangnya zaman

Selain dampak positifnya yang akan banyak membantu keberlangsungan kuliah seorang mahasiswa, paham dan mahir teknologi akan mempermudahkan seorang dalam dunia pekerjaan. Karena zaman sekarang dan seterusnya akan lebih banyak dibutuhkan tenaga kerja yang mahir dalam penggunaan teknologi digital.