Wiraswasta
1 bulan lalu · 26 view · 3 min baca menit baca · Lingkungan 90112_25130.jpg

Plastik Kertas dan Kita

Bila dicermati hampir disetiap sisi ruang dan waktu dalam aktifitas kehidupan tanpa disadari mesti ada saja kita temukan barang yang bahan dasarnya terbuat dari kertas maupun Plastik disekitar kita. 

Dimana mana, mulai rumah tangga, perkantoran, pertanian, pasar, kesehatan, perkebunan, pendidikan,industri, diwarung pedagang kaki lima,asongan,  hingga toko restaurant dan mall mall dipusat kota kita dapat menemukan bahkan bersentuhan langsung dengan berbagai perabot maupun kemasan yang berbahan baku dari kertas ataupun Plastik.

Dan celakanya bila plastik maupun kertas tersebut yang hampir kita temukan dimana mana lalu kemudian sudah menjadi Sampah maupun limbah , maka amanahlah bergeser menjadi keresahan dan tantangan bagi masyarakat terhadap lingkungan  Serta dampak yang akan ditimbulkan,  Dan ujung ujungnya masalah kebersihan Dan kesehatan. 

Tingginya produksi Dan penggunaan berbagai produk yang berbahan kertas maupun plastik,  baik dalam bentuk kemasan maupun alat dan perlengkapan di rumah Tangga, otomotif, kesehatan dan lainnya seakan menjadi penyumbang rutin bagi dampak lingkungan ketika kertas maupun plastik habis pake tersebut tidak dikelola dengan baik serta, tidak disertai penyuluhan penyuluhan yang Kiranya memberi solusi dalam Upaya menggugah kesadaran masyarakat. 

Sebagaimana yang dimuat dalam media cetak maupun elektronik beberapa akhir akhir ini, bahwa dalam kemasan air minum ditemukan zat yang mengandung microplastik,  Dan dapat menggangu kesehatan manusia serta meransang menimbulkan berbagai penyakit dan sudah Pasti lingkungan juga. 

Serta santer juga diberitakan diberbgai media lokal Maupun luar negeri, bahwa kemasan plastik menjadi sampah yang hampir memenuhi sebagian perairan laut suatu negara dan membentuk satu delta plastik dan jauh dari itu bahkan membuat habitat Dan ekosistem terancam.


Sebagai Contoh beberapa ikan paus ditemukan mati dan setelah perutnya dibedah ditemukan   Karena   banyak  memakan limbah plastik Dan tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaannya,   yang semua itu ditimbulkan dari tidak adanya kesadaran manusia dalam membuang   limpah plastik. 

Dengan fenomena Dan kejadian tersebut diatas mendorong banyak lembaga lembaga Dunia mengangkat suara dalam mencermati Serta secara Terus menerus mengkampanyakan dampak lingkungan yang ditimbulkan dari limbah plastik, Dan semua itu bermula dari kelalaian manusia terhadap lingkungannya. 

Walau Meski diNegara kita, bahkan dilingkungan terdekat tempatn kita tinggal keberadaan kertas maupun plastik banyak kita temukan, Dan berbagai Upaya Dan program diciptakan baik oleh pemerintah terkait, maupun lembaga lembaga lingkungan, dalam Upaya meminimalisir dampak yang bisa ditimbulkan oleh plastik maupun kertas. 

Terbukti melalui terciptanya bak-bak sampah yang pasang ditempat umum dengan memisahkan antara sampah organic dengan plastik, Sisi lain lahirnya program Kreatif dengan diciptakannya Bank bank sampah hampir disetiap daerah dibarengi penyuluhan kebersihan Dan lingkungan kepada masyarakat. 

Upaya Dan program program tersebut diatas merupakan satu gagasan Dan tindakan yang Luar biasa, namun bisa dikatakan masih  dalam skala micro, jika dibandingkan dengan jumlah produksi plastik maupun kertas secara besar besaran disetiap harinya karena mengikuti kebutuhan pasar.  

Berangkat dari permasalahan tersebut diatas, sebagaimana dampak maupun kelebihan yang ada pada plastik maupun kertas diperlukan solusi yang sekiranya dapat Menekan kekwatiran terhadap keresahan masyarakat baik dari  terhadap lingkungan maupun kesehatan, dengan tidak mengganggu Jalan produktifitas dan penggunaan Dari plastik maupun kertas Itu sendiri. 

Langkah Itu Mungkin bisa ditempuh Salah satunya dimana industri industri yang memproduksi plastik maupun kertas, menggandeng masyarakat melalui lembaga lembaga lingkungan, mengajak instansi instansi terkait maupun Dunia pendidikan Dan kesehatan dalam Upaya penyuluhan, pelatihan pelatihan Kreatifitas dari limbah plastik maupun kertas yang lebih luas Dan pemberdayaan dalam rangka menghidupkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan secara rutin, baik Itu Mungkin dalam dunia pendidikan maupun kesehatan dengan Membuatkan berbagai Kegiatan.


Salah satu bisa berupa pertandingan antar sekolah maupun instansi,  dalam bidang  karya kreatifitas menggunakan limbah plastik maupu kertas. Sehingga dengan Kegiatan seperti ini  limbah plastik Dan kertas tidak dipandang lagi sebagai sampah yang mengganggu lingkungan melainkan bisa menjadi satu solusi yang menghadirkan kesenangan. 

Atau bisa juga Misalnya dimana limbah Dari botol plastik minuman, bisa dikereasikan maupun dipadukan menjadi Batu Bata bangunan,  dengan cara menjadikannya bahan campuran dalam Pembuatan bataco, ataupun dalam bentuk kreasi Dan Kreatifitas lain seperti menjadi cap lampu hias, lamphion, pot Kebun bunga Dan masih banyak laiinya.

Namun sebagaimana yang sudah diurai diatas tentu harus terbangun kesadaran dan kerjasama antara pihak industri, pemerintah maupun masyarakat, sehingga tercapai satu kesadaran bersama dan melahirkan tanggung jawab terhadap lingkungan.

Sehingga diharapkan dapat tercapai dampak yang akan dirasakan oleh masyarakat bahwa plastik maupun kertas bukan lagi menjadi momok lingkungan yang mengkwatirkan melainkan dapat menjadi media edukasi dalam mengembangkan ide Dan Kreatifitas masyarakat sebagaimana diatas Dan sebagai Salah satu kantong tambahan bagi pendapatan ekonomi masyarakat. 

Artikel Terkait