Hari ini saya mendapatkan kiriman satu sisir pisang dari rekan kerja saya, yang merupakan panen satu tandan pisang dari halaman samping kantor. Seluruh pegawai yang sedang work from office, bersukacita mencicipi hasil panen tersebut. Coba tebak, pisang apa yang dikirimkan kepada saya. Ternyata, bukan pisang yang berkulit kuning atau berkulit kehijauan yang setiap hari kita konsumsi. Tapi berwarna merah keunguan.

Sambil tersenyum, saya perhatikan sesisir pisang merah yang tersaji di depan saya, begitu sebutannya bagi sebagian orang. Saya perhatikan dalam-dalam, mulai  dari tekstur kulitnya, bentuknya dan warnanya. Diusia yang sudah setengah abad ini, baru pertama kalinya saya dihadapkan pisang dengan warna kulit yang berbeda dari yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Berfikir ingin tidak memakannya,  tetapi penasaran tentang rasanya. Menurut rekan kerja yang sudah mencicipinya, rasanya manis, bertekstur halus dan legit namun terdapat sedikit rasa seperti raspberry.

Sebelum saya memakannya saya mencoba mencari literatur di dunia maya, untuk memastikan makanan sejenis apa yang nantinya akan saya konsumsi. Beberapa referensi saya temukan, untuk menghilangkan rasa penasaran saya. Pisang merah atau bernama latin Musa Acuminata Red Dacca ini merupakan salah satu varietas pisang yang banyak tumbuh di benua Asia, termasuk di Indonesia.

Pisang ini memiliki tampilan warna yang khas merah keunguan dan berbentuk gempal padat. Sayangnya saat ini mulai sulit ditemui di Indonesia. Terbayang keindahan setandan pisang pisang merah berwarna keunguan, dengan cantiknya menyembul di antara hijaunya daun pisang di halaman samping kantor sebelum dipanen.

Dari berbagai market place yang ada, saya mencari tahu, apakah banyak pedagang yang menjual pisang merah tersebut? Ternyata sedikit sekali pedagang yang menjualnya. Kalau pun ada, harga satu sisir berkisar Rp 35.000 sampai dengan Rp 60.000. Sangat menarik, jika memperhatikan besaran harga jualnya. Begitu pula harga bibitnya cukup tinggi, karena memang sedikit sekali varietas ini.

Saya pun penasaran, ingin mengetahui manfaat dan kandungan pisang merah ini. Saya merangkumnya dari berbagai sumber,  baik bertanya langsung kepada beberapa rekan kerja yang memang selama ini sudah pernah memanfaatkannya dan beberapa literatur yang ada dari berbagai sumber. Lantas apa sajakah manfaat pisang merah bagi kesehatan  tubuh?

1. Mencegah terjadinya batu ginjal

Kandungan kalium (potasium) yang tinggi pada pisang merah sangat baik untuk kesehatan ginjal dan mencegah batu ginjal. Seperti yang kita ketahui jika kita kekurangan asupan kalium maka akan mengambil mineral kalsium dari tulang. Bahkan kekurangan kalium dapat meningkatkan jumlah kalsium dalam urine, yang dapat membentuk batu ginjal.

2. Mengurangi kadar kolestrol

Pisang merah mengandung fitosterol, yang membantu menurunkan kadar kolestrol LDL (kolestrol jahat) dalam tubuh dengan cara diserap di usus. Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin B6, yang dapat membantu menjaga jumlah haemoglobin dalam tubuh.

3. Mengobati penyakit maag dan pencernaan

Pisang merah memiliki efek antacid, yang dapat mengurangi sembelit,  kembung dan masalah refluks asam lambung. Pisang merah adalah buah yang memiliki kandungan asam yang rendah, sehingga aman di konsumsi oleh pengidap sakit maag.

4. Memperbaiki penglihatan

Pisang merah kaya akan provitamin A karotenoid. yaitu lutein dan beta karoten, adalah dua karoten dalam pisang merah, agar dapat mencegah degenerasi makula karena usia dan dapat meningkatkan kesehatan mata

5. Mengontrol gula darah

Pisang ini juga cocok untuk penderita diabetes karena kaya kalium, kaya serat, rendah kalori dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Salah satu manfaat kalium adalah membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Temuan ini telah dibuktikan oleh tim peneliti dari John Hopkins University, Amerika Serikat.

6. Mengontrol tekanan darah

Pisang merah kaya akan kalium dan magnesium, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Sehingga dengan mengonsumsi makanan kaya kalium, tekanan darah sistolik dan diastoliknya menurun.

7. Membantu menurunkan berat badan

Kalori pada pisang merah lebih sedikit dan  kaya akan serat  sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang menjalani program diet. Mampu membuat perut merasa kenyang, sehingga mencegah untuk memakan kudapan lainnya.

8. Menjaga kesehatan kulit dan tulang

Pisang merah  juga kaya  antioksidan dan senyawa anti inflamasi, seperti vitamin C dan karoten yang membantu memperlambat penuaan serta merangsang produksi kolagen dan mengandung  kalsium yang dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang dan menjaga  kekuatan tulang.

9. Menjaga daya ingat dan meningkatkan suasana hati

Pisang merah mengandung triptofan dan asam amino yang berperan menjaga memori, meningkatkan fungsi otak menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan suasana hati. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan triptofan saat sarapan dan makan malam, maka akan lebih cepat tidur dan lebih nyenyak.

Setelah membaca semua referensi yang ada, segera dengan sukacita, saya pun mengupas pisang merah, mengunyahnya dengan perlahan, meresapi rasanya, menikmati kelembutan buahnya dan seolah merasakan energi mengalir di dalam tubuh. Pisang merah,  begitu indah dan anggun menggoda saat ranum dan begitu kaya manfaat bagi kesehatan tubuh.