Rekan dan Tamu yang terhormat!

Bapak dan Ibu sekalian!

Hari ini adalah hari libur besar di negara kita, perayaan besar. Orang-orang Uzbekistan di seluruh penjuru dunia merayakan ulang tahun ketiga puluh kemerdekaan Tanah Air tercinta mereka dengan penuh sukacita.

Kita merayakan Hari Kemerdekaan untuk pertama kalinya di taman yang indah ini, yang diberi nama simbolik "Yangi O’zbekiston" (Uzbekistan Baru).

Saya dengan tulus mengucapkan selamat kepada Anda dan menyampaikan harapan terbaik saya kepada Anda.

Teman-teman sekalian!

Seperti yang Anda ketahui, selama berabad-abad, impian rakyat kita yang berharga adalah kehidupan yang bebas dalam masyarakat yang adil. Atas nama pencapaian tujuan suci ini, mereka berjuang tanpa pamrih, dengan berani mengatasi cobaan tersulit dalam perjalanannya.

Tidak ada penindasan dan kekerasan asing yang dapat mematahkan perjuangan orang-orang mulia untuk kebebasan. Seluruh sejarah kuno kita membuktikan hal ini.

Pada tanggal 31 Agustus 1991, sebuah peristiwa sejarah hebat terjadi, yang menjadi titik balik nasib republik. Rakyat kita, yang selalu dengan percaya diri menatap masa depan dengan harapan besar, telah memenuhi impian lama mereka yakni memperoleh kemerdekaan negara.

Pada hari yang penting ini, kita semua, semua rakyat kita, mengingat Presiden Pertama negara itu, Presiden Islam Abduganievich Karimov terhormat, yang memproklamasikan kemerdekaan Uzbekistan dan memimpin negara dalam periode paling sulit dalam sejarahnya, tentang transformasi besar apa yang dilakukan di bawah kepemimpinannya berkat keberanian dan ketahanan orang-orang kami.

Selama tahun-tahun kemerdekaan, pekerjaan besar dan sangat penting telah dilakukan untuk membangun negara dan masyarakat baru. Konstitusi negara dikembangkan dalam waktu singkat. Fondasi kenegaraan modern, cabang kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif telah terbentuk.

Angkatan Bersenjata telah diciptakan, yang mampu secara andal melindungi kedaulatan negara, batas-batas negara yang tidak dapat diganggu gugat, kehidupan rakyat yang damai dan tenang.

Mata uang nasional diperkenalkan, Soum. Emas dan cadangan devisa dibentuk. Sejarah kuno, identitas nasional, warisan budaya yang kaya, dan nilai-nilai spiritual kita telah dihidupkan kembali.

Orang-orang kami, setelah menunjukkan kemauan yang kuat dan potensi yang besar, telah menempuh perjalanan panjang pembangunan dalam waktu singkat menurut standar sejarah.

Uzbekistan telah mengambil tempat yang layak di komunitas dunia.

Saya bangga bahwa, bersama dengan banyak rekan senegara, saya mengambil bagian aktif dalam proses sejarah besar ini.

Para peserta perayaan yang terhormat!

Hari ini kita sedang membangun negara baru dan masyarakat sipil yang bebas berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi, memberikan perhatian prioritas pada tugas penting seperti memperkuat perdamaian dan stabilitas, sebuah warisan kita yang tak ternilai.

Kita semua tentu memahami betapa pentingnya hal ini dalam kondisi saat ini, ketika di seluruh dunia, termasuk di wilayah kita, di perbatasan kita, ketegangan semakin meningkat, dan berbagai tantangan dan ancaman semakin meningkat.

Reformasi demokrasi skala besar sedang dilaksanakan dengan kecepatan yang dinamis, bertujuan untuk memperkuat landasan politik dan hukum negara dan masyarakat kita, memodernisasi negara, memperkuat peran parlemen dan partai politik, dan kontrol publik dalam proses ini. Perhatian khusus diberikan untuk memastikan hak asasi manusia dan kepentingan yang sah, kebebasan berbicara dan beragama yang tidak lain adalah prinsip utama demokrasi.

Strategi Nasional Hak Asasi Manusia diadopsi. Fenomena negatif seperti pekerja paksa dan pekerja anak, yang selama bertahun-tahun telah menjadi masalah besar bagi kita, telah sepenuhnya diberantas.

Sesuai dengan seruan PBB untuk mengurangi jumlah orang tanpa kewarganegaraan, pada tahun 2020 saja, lebih dari 50 ribu rekan kami diberikan kewarganegaraan Republik Uzbekistan.

Sebagaimana diketahui, peradilan yang independen dan kuat merupakan syarat utama untuk menjamin hak asasi manusia, memperkuat demokrasi dan supremasi hukum. Berdasarkan tugas prioritas di bidang ini, lebih dari 40 undang-undang, keputusan dan resolusi diadopsi. Saat ini, kerja praktek yang serius sedang dilakukan atas dasar ini.

Sebagai kelanjutan logisnya tempo hari, sehubungan dengan Hari Kemerdekaan, saya menandatangani dekrit, di mana 215 orang yang menjalani hukuman yang dengan tulus menyesali perbuatannya dan dengan tegas memulai jalan koreksi diampuni, dan hari ini mereka memiliki kesempatan untuk kembali ke keluarga mereka, ke keluarga dan teman-teman mereka.

Untuk pertama kalinya dalam sejarahnya, Republik Uzbekistan terpilih sebagai anggota Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang merupakan konfirmasi nyata dari pengakuan internasional atas reformasi kami ke arah ini.

Rekan-rekan yang terhormat!

Perlu dicatat secara khusus bahwa lima tahun terakhir telah menjadi masa pencobaan yang sulit bagi kita semua, seluruh negara dan rakyat. Secara khusus, pandemi virus corona yang dimulai pada tahun 2020 dan krisis ekonomi yang diakibatkannya menciptakan masalah serius bagi Uzbekistan sebagai bagian integral dari dunia global.

Menurut PBB, pandemi ini merupakan ujian global terbesar sejak Perang Dunia Kedua.

Jika Anda ingat, di hari-hari awal pandemi, kami menetapkan tugas untuk keluar dari situasi sulit ini dengan lebih kuat lagi. Dengan dukungan Yang Mahakuasa, berkat solidaritas dan kerja tanpa pamrih dari orang-orang kami, kami layak mengatasi cobaan yang sulit ini.

Reformasi besar-besaran yang dilakukan di negara ini hari ini menandai awal dari tahap baru dalam perkembangan kita - era Uzbekistan Baru.

Dan hari ini kita memiliki setiap alasan untuk mengatakan bahwa dalam waktu yang singkat secara historis, suasana yang sama sekali baru telah terbentuk di negara ini dalam hal politik dan hukum, sosial-ekonomi, sains, spiritual, dan budaya.

Menurut analisis Dana Moneter Internasional dan lembaga pemeringkat terkemuka, Uzbekistan adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang dalam kondisi sulit saat ini berhasil memastikan stabilitas keuangan dan ekonomi, pemulihan sektor industri dan pertumbuhan aktivitas ekonomi.

Kesimpulan yang sama dikutip dalam laporan analitik yang baru-baru ini diterbitkan dari bank investasi Amerika JP Morgan "Uzbekistan: dalam perjalanan ke puncak".

Sehubungan dengan itu, saya ingin mengutip beberapa data mengenai reformasi struktural dalam perekonomian kita dan indikator-indikator utama makroekonomi.

Selama periode 2017-2020, pertumbuhan ekonomi dalam negeri sebesar 18,3 persen, produk domestik bruto mencapai $60 miliar. Perlu dicatat bahwa omset perdagangan luar negeri meningkat dari $24 miliar pada tahun 2016 menjadi $36 miliar pada akhir tahun 2020. Volume produksi industri sebesar 369 triliun soum ($34,6 miliar), meningkat 23,4 persen dibandingkan tahun 2016. Akibatnya, pangsa industri dalam PDB meningkat dari 19,5 menjadi 27,4 persen.

Berkat liberalisasi ekonomi dan prosedur bea cukai yang disederhanakan, ekspor pada tahun 2020 berjumlah $15,1 miliar, yang merupakan 25 persen lebih banyak daripada tahun 2016.

Refleksi dari hasil positif reformasi kita di berbagai peringkat dunia menciptakan peluang bagi negara tersebut untuk masuk ke pasar keuangan internasional. Secara khusus, tahun ini investor asing menjual Eurobond negara dalam jumlah $635 juta dan 2,5 triliun soum ($234 juta), obligasi korporasi Bank Ipoteka - seharga 785 miliar soum ($73 juta) dan Perusahaan Saham Gabungan Uzavtomotors - seharga $300 juta.

Kami telah berhasil secara signifikan memperkuat kepercayaan investor terhadap perekonomian kami. Ini dibuktikan dengan fakta bahwa total volume investasi dalam waktu singkat meningkat 2,1 kali lipat, termasuk investasi asing - hampir 3 kali lipat.

Sistem perpajakan telah direformasi selama tiga tahun terakhir. Jumlah jenis pajak telah dikurangi, dan pajak omset telah dihapuskan. Tarif pajak pertambahan nilai telah dikurangi dari 20 menjadi 15 persen, dan rantai integral dari pajak ini telah dibuat.

Pada 2017-2020, total modal bank kami meningkat 5,7 kali lipat, atau sebesar $5 miliar.

Dalam rangka perubahan struktural dalam industri tenaga listrik, industri minyak dan gas dan sektor utilitas, fungsi pengelolaan negara dan ekonomi telah dipisahkan, langkah-langkah penting telah diambil untuk menciptakan lingkungan yang kompetitif di industri ini.

Seiring dengan itu, fasilitas infrastruktur baru telah dibuat. Ribuan kilometer jalan, transmisi listrik dan jalur pasokan gas telah dibangun dan diperbaiki.

Sektor angkutan umum terus berkembang. Secara khusus, dua stasiun metro bawah tanah baru dan jalur metro di atas tanah dengan panjang sekitar 12 kilometer telah ditugaskan di Tashkent. Pekerjaan konstruksi telah selesai di jalur metro Sergeli dengan panjang 6,2 kilometer.

Perlu dicatat bahwa sejumlah proyek investasi besar sedang dilaksanakan di Uzbekistan. Di antaranya, seperti yang Anda ketahui, pembangunan pabrik pengolahan tembaga ketiga Almalyk Mining and Metallurgical Combine senilai $2 miliar yang baru saja kami luncurkan.

Baru-baru ini, pembangkit listrik tenaga surya yang dibangun dengan biaya investasi $110 juta ditugaskan di distrik Karmaninsky di wilayah Navoi, dan ini adalah langkah penting pertama dalam pengembangan energi baru di Uzbekistan.

Dua pabrik baru dioperasikan di Perusahaan Saham Gabungan Navoiazot yang berperan dalam produksi asam nitrat, serta amonia dan urea. Berkat implementasi proyek-proyek ini, yang total biayanya adalah $1,5 miliar, volume produksi produk Navoiazot akan naik tiga kali lipat.

Semua peristiwa penting ini menunjukkan awal dari babak baru dalam sejarah industri dalam negeri.

Jumlah usaha kecil dan kewirausahaan swasta di negara kita telah berlipat ganda, 1 juta 400 ribu pekerjaan baru telah diciptakan di daerah ini. Yang paling penting adalah kenyataan bahwa lebih dari setengah dari perusahaan-perusahaan ini diorganisir hanya dalam tiga tahun terakhir.

Untuk memastikan kebebasan aktivitas kewirausahaan, 16 undang-undang dan lebih dari 100 resolusi telah diadopsi. Selama setahun terakhir, prosedur pendaftaran telah disederhanakan, persyaratan untuk menerbitkan lisensi dan izin telah dikurangi. Untuk melindungi hak-hak pengusaha, moratorium diperkenalkan pada semua jenis inspeksi.

Sebagai hasil dari penciptaan kondisi yang menguntungkan untuk memastikan wirausaha penduduk, 500 ribu warga mendaftarkan aktivitas kerja mereka sepanjang tahun.

Berkat pendekatan pengembangan kewirausahaan ini, Uzbekistan telah naik dari peringkat 141 ke peringkat 69 dalam peringkat internasional "Doing Business" Bank Dunia dalam waktu lima tahun. Tentu saja, ini adalah indikator yang signifikan, tetapi masih belum cukup bagi kami. Oleh karena itu, kami akan secara konsisten melanjutkan pekerjaan ini.

Seperti yang Anda ketahui, baru-baru ini kami mengadakan pertemuan dengan pengusaha dalam format baru. Lebih dari 10 ribu perwakilan dunia usaha dari seluruh tanah air ikut ambil bagian di dalamnya. Dalam persiapan dialog terbuka, lebih dari 15 ribu proposal dan inisiatif dipelajari secara rinci, langkah-langkah praktis digariskan untuk menyelesaikan masalah yang diangkat oleh pengusaha.

Kami akan terus menciptakan semua kondisi bagi pengusaha untuk memperkenalkan hubungan pasar yang nyata dan, atas dasar ini, mengembangkan ekonomi negara. Bagaimanapun, pengusaha adalah penopang dan lokomotif utama perekonomian dan reformasi kita.

Tidak ada yang harus melupakan kebenaran ini.

Saat ini di negara kita, teknologi informasi dan komunikasi diperkenalkan secara luas, yang merupakan sektor ekonomi modern yang paling menjanjikan. Untuk ini, lusinan taman IT, zona industri kecil, pusat pelatihan untuk pelatihan spesialis khusus sedang dibuat, proyek khusus diselenggarakan untuk pemrogram berbakat.

Kami terus-menerus berfokus pada pengembangan dan peningkatan desa, tempat sebagian besar penduduk negara itu tinggal, meningkatkan efisiensi dan daya saing sektor pertanian, dan menciptakan lapangan kerja di sini.

Kami telah mengesampingkan campur tangan negara dalam penetapan harga di bidang pertanian, dan perintah negara untuk pengadaan kapas dan biji-bijian telah dibatalkan. 122 kelompok kapas-tekstil telah dibuat, hasil meningkat. Sistem pembiayaan pertanian sedang direvisi.

Kami memperkenalkan sistem baru bekerja dengan daerah, pengembangan terpadu mereka dalam hubungannya dengan industri. Akibatnya, kemampuan keuangan daerah meningkat. Baru pada tahun 2021, menjadi mungkin untuk menarik tambahan 3 triliun dana untuk pelaksanaan program teritorial.

Hari ini kita dapat mengatakan bahwa Uzbekistan sedang bangkit dari periode krisis global yang paling sulit.

Laju perkembangan sektor ekonomi juga dapat dinilai dari fakta bahwa pendapatan riil penduduk secara keseluruhan meningkat 28 persen dibandingkan tahun 2016. Saat ini, upah bulanan nominal rata-rata adalah 2,7 juta soum, yang meningkat 2,1 kali lipat dibandingkan tahun 2016.

Sesuai SK yang baru ditandatangani, mulai 1 September gaji, pensiun, beasiswa, dan tunjangan akan dinaikkan lagi.

Kami akan terus mementingkan pertumbuhan pendapatan dan standar hidup penduduk yang konsisten.

Anda semua tahu betul bahwa sistem baru untuk memecahkan masalah sosial telah dibuat di negara kita. Untuk tujuan ini, metode kerja yang ditargetkan diperkenalkan sesuai dengan prinsip "notebook besi", "notebook wanita", "notebook pemuda", "notebook belas kasihan" dalam konteks setiap keluarga dan mahalla.

Program-program yang diadopsi sebagai bagian dari reformasi berfungsi untuk memperbaiki lingkungan sosial di masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan penduduk. Misalnya, hanya dalam kerangka program Obod Kishlok dan Obod Mahalla, pekerjaan perbaikan dan konstruksi dan lansekap dengan total 20 triliun soum sedang dilakukan di hampir 8 ribu desa dan mahallas. Saya pikir itu mengatakan banyak.

Untuk melaksanakan semua pekerjaan praktis yang hebat ini, kami telah mengidentifikasi gagasan panduan "Kami hidup di Uzbekistan baru - negara yang bebas dan makmur!"

Tugas prioritas kami adalah menyediakan perumahan bagi penduduk. Selama 2017-2020, lebih dari 140 ribu rumah dan apartemen yang terjangkau dan berkualitas telah dibangun. Angka ini hampir 11 kali lipat dibandingkan tahun 2016. Sistem pinjaman hipotek sedang dikembangkan secara konsisten.

Perlu dicatat bahwa di negara kita, konstruksi dalam skala seperti itu belum dilakukan.

Untuk keluarga dalam situasi kehidupan yang sulit, uang muka untuk perumahan baru dibayar dari anggaran negara. Kami akan terus bekerja ke arah ini; tahun ini saja, sekitar 50 ribu keluarga akan merayakan pindah rumah.

Teman-teman sekalian!

Kita semua sangat memahami bahwa perawatan kesehatan, ilmu pengetahuan, pendidikan, budaya dan seni, olahraga memainkan peran kunci dalam pembangunan negara dan masyarakat, memastikan kesejahteraan rakyat.

Saat ini, sektor kesehatan di negara kita berubah secara dramatis, seperti halnya isi dari kegiatan ini. Pertama-tama, kami meningkatkan kualitas dan efisiensi perawatan kesehatan primer dan pengenalan gaya hidup sehat ke tingkat yang baru. Basis materi dan teknis poliklinik dan rumah sakit multidisiplin sedang diperkuat, dan potensi personel mereka berkembang.

Sesuai dengan persyaratan modern, sistem ambulans telah ditata ulang dan dukungan keuangannya telah diperkuat. Jumlah stasiun ambulans meningkat dari 800 pada tahun 2016 menjadi 1666 saat ini, dan jumlah brigade dari 1648 menjadi 2685.

Seperti yang Anda ketahui, di masa lalu, banyak warga negara kita terpaksa bepergian ke luar negeri untuk melakukan operasi medis yang rumit. Sebagai hasil dari reformasi dalam pengembangan bidang, banyak dari operasi ini sekarang dilakukan di negara kita.

Pada 2016, 10 pusat medis khusus dan hanya 2 cabang regionalnya yang beroperasi di republik ini. Saat ini jumlah pusat tersebut telah mencapai 20, dengan 124 cabang di daerah. Sebagai kelanjutan dari pekerjaan ini, 48 cabang regional dari pusat-pusat tersebut akan dibuat tahun ini.

Berkat reformasi tepat waktu, sistem perawatan kesehatan kita telah menanggung beban yang sangat berat selama pandemi. Semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi kesehatan dan kehidupan orang-orang segera dikembangkan. Secara khusus, pusat medis khusus telah dibuat untuk memerangi virus corona, stok obat-obatan dan peralatan pelindung telah dibentuk.

60 stasiun oksigen dibuka di daerah memastikan pasokan oksigen tidak terputus ke rumah sakit khusus. Pengembangan vaksin telah dimulai di dalam negeri.

APBN 2021 menyediakan dana 3 triliun untuk memerangi pandemi, langkah-langkah yang diambil untuk melindungi kesehatan masyarakat dan vaksinasi massal terhadap infeksi virus corona.

Reformasi yang ditujukan untuk menyediakan perawatan medis yang efektif dan berkualitas tinggi bagi penduduk negara itu akan terus dilanjutkan secara konsisten.

Rekan-rekan yang terhormat!

Saya ingin mengingatkan kembali kata-kata bijak dari pendidik kita yang luar biasa Abdullah Avloni: "Pendidikan dan pengasuhan bagi kita adalah masalah yang paling penting, kebahagiaan kita, hidup dan takdir kita bergantung pada solusinya."

Dalam beberapa tahun terakhir, pendekatan ini telah menjadi kriteria pekerjaan kami di bidang pendidikan. Memang, jika kita mengubah pendidikan, pendidikan akan mengubah seseorang. Jika seseorang berubah, seluruh masyarakat kita akan berubah.

Oleh karena itu, kami memberikan perhatian khusus untuk meningkatkan pendidikan seumur hidup, membesarkan anak-anak dengan kepribadian yang berkembang secara harmonis, dan melatih staf pengajar yang berkualifikasi tinggi.

Anda semua sangat menyadari perubahan di bidang pendidikan prasekolah, yang merupakan mata rantai utama dalam sistem. Untuk mengejar kebijakan negara terpadu di bidang ini, kami telah menciptakan Kementerian Pendidikan Prasekolah.

Jika pada tahun 2017 terdapat 5.211 TK di tanah air, tahun ini jumlahnya, harap dicatat, mencapai 19.316. Berkat pengenalan mekanisme kemitraan publik-swasta dan pembukaan taman kanak-kanak keluarga, pemberian sejumlah manfaat, lebih dari 13 ribu lembaga pendidikan prasekolah swasta telah dibuat. Sebagai hasil dari reformasi ini, kami berhasil meningkatkan cakupan anak-anak dengan pendidikan prasekolah hingga 62 persen, termasuk anak-anak berusia 6 tahun hingga 77 persen.

Institusi pendidikan tipe baru sedang dibuat, khususnya, sekolah kepresidenan, kreatif dan khusus. Pada tahun 2020 saja, 56 sekolah semacam itu didirikan di negara itu dalam matematika, 28 dalam kimia dan biologi, 14 dalam ilmu komputer dan teknologi informasi dan komunikasi.

Pendekatan baru sedang aktif diperkenalkan di bidang pendidikan. Katakan padaku, mungkinkah hanya empat atau lima tahun yang lalu untuk membayangkan pertumbuhan pesat jumlah sekolah swasta dan taman kanak-kanak?

Kami mempelajari pengalaman dunia di bidang ini dan memperkenalkan standar baru, metode pengajaran modern. Secara khusus, prosedur untuk mendapatkan izin untuk membuka sekolah swasta telah disederhanakan. Berkat dukungan luas pemerintah, jumlah lembaga pendidikan non-negara kini telah mencapai 195.

Semua ini memberikan hasil yang positif, terbukti dengan fakta bahwa pada 2017-2020 siswa kami memenangkan 30 medali di Olimpiade mata pelajaran internasional.

Tahun lalu, 339 sekolah kejuruan, 194 perguruan tinggi, dan 195 sekolah teknik diciptakan bagi kaum muda untuk memperoleh profesi modern yang diminati.

Hari ini reformasi kita, kehidupan itu sendiri mendikte perlunya percepatan pengembangan sistem pendidikan tinggi. Jadi, selama 5 tahun terakhir, 64 lembaga pendidikan tinggi baru telah dibuat di negara ini, dan sekarang ada 141. Kuota untuk masuk ke universitas telah meningkat 3 kali lipat.

Perlu diketahui bahwa partisipasi pemuda di perguruan tinggi mencapai 28 persen, sedangkan pada tahun 2016 berada di level 9 persen. Dalam waktu dekat, angka ini direncanakan akan naik menjadi 50-60 persen.

Fokus perhatian kami senantiasa pada dukungan masyarakat yang membutuhkan perlindungan sosial, khususnya kaum muda. Untuk tahun ini, kuota penerimaan tambahan telah dialokasikan di bawah hibah negara: 3155 untuk kaum muda penyandang cacat, 1580 untuk lulusan rumah Mehribonlik (taman kanak-kanak) dan Kota Anak, 2000 lainnya untuk anak perempuan dari keluarga berpenghasilan rendah.

Saat ini generasi muda kita yang proaktif dan berbakti kepada Tanah Air, memiliki pemikiran yang mandiri dan inovatif, rasa tanggung jawab, mencapai hasil yang tinggi di tingkat dunia dalam berbagai bidang dan arah.

Dengan demikian, sejumlah atlet berbakat kami menjadi pemenang dan pemenang hadiah dari Olimpiade Musim Panas XXXII baru-baru ini di Jepang, yang membuat kami semua sangat bahagia.

Paralimpiade Musim Panas di Tokyo berlanjut hari ini. Anggota tim nasional Uzbekistan yang ambil bagian dalam permainan ini telah memenangkan 5 medali emas, 4 perak dan 6 perunggu hingga saat ini dan menunjukkan ketahanan dan keinginan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menang.

Kami berharap kesuksesan baru untuk putra dan putri pemberani kami yang layak membela kehormatan Tanah Air kami.

Teman-teman!

Mereka yang lahir pada tahun pertama kemerdekaan Uzbekistan berusia 30 tahun di tahun ini. Di Timur, usia ini dianggap sebagai periode kedewasaan.

Berbicara kepada generasi muda yang luar biasa di negara kita, saya ingin mengatakan: untuk kita semua termasuk orang tua, mentor, guru, dan semua,  kebahagiaan terbesar adalah melihat Anda, rekan-rekan kemerdekaan, sebagai individu yang berpikir bebas dan mandiri yang dengan berani masuk dengan pikiran dan aspirasi murni.

Saya yakin bahwa, setelah menguasai pengetahuan modern dan pencapaian kemajuan, Anda akan memberikan kontribusi yang layak untuk pekerjaan yang telah kita mulai.

Dengan dedikasi dan kerja tanpa pamrih Anda, Anda pasti akan membangun Uzbekistan Baru dan mewujudkan Renaisans Ketiga di negara kita.

Jangan pernah mematikan jalan yang dipilih, anak-anakku tercinta! Saya berharap kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan kepada Anda semua!

Rekan-rekan yang terhormat!

Anda semua menyaksikan reformasi penting yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir dalam rangka lebih meningkatkan Angkatan Bersenjata dan meningkatkan kemampuan pertahanan negara berdasarkan prinsip kami "Tentara dan Rakyat adalah Satu".  Garda Nasional dan Komite Industri Pertahanan Negara dibentuk.

Perhatian terus-menerus diberikan untuk melatih personel militer modern, menyediakan perumahan bagi prajurit, mendukung keluarga dan veteran Angkatan Bersenjata mereka.

Hari ini, tentara nasional Uzbekistan menjadi kekuatan tempur yang bergerak dan kompak yang mampu secara memadai memukul mundur ancaman apa pun, dan ini adalah pencapaian terpenting kami.

Tentu saja, tentara kuat tidak hanya dalam senjata dan peralatan. Tentara kuat pertama-tama oleh tentara dan sersan, perwira dan jenderalnya, yang siap memberikan hidup mereka untuk Tanah Air.

Hari ini, pria dan wanita pemberani melayani di jajaran Angkatan Bersenjata kita, yang membela Tanah Air adalah makna hidup. Dengan hormat mereka melanjutkan tradisi mulia seni militer nenek moyang kita Amir Temur, Jalaliddin Manguberdy, Babur Mirzo.

Kita semua tahu betul dan sangat menghargai layanan tanpa pamrih dan keberanian para pembela kita yang gagah berani, setia pada sumpah mereka dengan itikad baik, untuk memenuhi tugas mereka dalam kondisi apa pun.

Kami bangga dengan orang-orang ini yang telah mendedikasikan hidup mereka untuk memenuhi misi yang bertanggung jawab dalam membela Tanah Air dengan perisai yang andal dan membuktikannya dalam praktik setiap hari.

Untuk memperkuat perdamaian dan stabilitas di negara ini, sistem jaminan keamanan negara, masyarakat dan individu sedang direformasi secara radikal. Tingkat yang lebih rendah telah diatur ulang pada sistem inspektur preventif. Saat ini, mereka berinteraksi erat dengan otoritas mahalla.

Perlu dicatat bahwa dibandingkan tahun 2017, jumlah kejahatan menurun 12 ribu. Dalam enam bulan pertama tahun ini, hampir 50 persen mahalla dengan total  9.251, tidak ada satu pun kejahatan yang dilakukan. Ini tidak diragukan lagi membuktikan hasil positif dari reformasi kita dan membutuhkan kelanjutan yang konsisten.

Para peserta perayaan yang terhormat!

Seperti yang Anda ketahui, sejak hari pertama masuknya Uzbekistan ke tahap pembangunan baru, kami telah mengejar kebijakan luar negeri yang terbuka, pragmatis, dan konstruktif.

Dalam waktu singkat, otoritas politik dan peran negara kita di kawasan dan dunia telah tumbuh secara signifikan. Di masyarakat dunia, kecenderungan untuk memperkuat kepercayaan dan kerja sama dengan Uzbekistan semakin berkembang.

Pertama-tama, hubungan persahabatan dan hubungan bertetangga yang baik dengan negara-negara di kawasan terjalin. Perbatasan dibuka, orang-orang memulihkan ikatan yang terputus dengan keluarga dan teman-teman mereka, mereka dapat bergerak bebas dari satu negara ke negara lain.

Dalam ilmu politik dunia, konsep seperti "semangat Asia Tengah" telah muncul. Di arena internasional, semakin banyak inisiatif yang diajukan atas nama kawasan.

Sudah menjadi tradisi yang baik untuk mengadakan pertemuan rutin para kepala negara Asia Tengah. Pada Pertemuan Konsultatif baru-baru ini yang diadakan di Turkmenistan, bidang kerja sama baru yang menjanjikan telah diidentifikasi.

Dalam beberapa hari terakhir, kita semua menyaksikan dengan prihatin peristiwa di negara tetangga Afghanistan. Kami mendukung awal pembentukan perdamaian dan stabilitas di negara ini.

Kami yakin Afghanistan akan mampu menjadi jembatan dalam memperkuat keterkaitan Asia Tengah dan Asia Selatan.

Uzbekistan tetap berkomitmen pada prinsip-prinsip menjaga persahabatan dan hubungan tetangga baik dengan Afghanistan dan non-intervensi dalam urusan internal negara ini. Kami menganggap sangat penting untuk melaksanakan peralihan kekuasaan di Afghanistan, dengan mempertimbangkan norma-norma hukum internasional yang diakui secara umum, secara damai berdasarkan konsensus nasional.

Dalam beberapa tahun terakhir, kesepakatan yang efektif telah dicapai dengan Rusia, Cina, Korea Selatan, Jepang, Turki, Uni Emirat Arab, dan negara-negara lain. Langkah-langkah baru telah diambil untuk lebih mengembangkan kerja sama pragmatis dengan Amerika Serikat dan negara-negara Barat.

Interaksi dengan struktur internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi Kerja sama Islam, Organisasi Kerja sama Shanghai, dan Persemakmuran Negara-Negara Merdeka telah dinaikkan ke tingkat yang baru secara kualitatif. Pada 2019, negara kita menjadi anggota penuh Dewan Kerja sama Negara-negara berbahasa Turki, yang membuka peluang baru bagi kita secara ekonomi, politik, dan budaya di arena internasional.

Dalam waktu singkat, Uzbekistan, dalam status negara pengamat, telah menjalin hubungan yang efektif dengan Uni Ekonomi Eurasia. Pada tahun 2020, negara tersebut memegang jabatan ketua Commonwealth of Independent States untuk pertama kalinya. Terlepas dari kondisi pandemi yang sulit, kegiatan di Uzbekistan ini berhasil diselenggarakan dan sangat diapresiasi.

Tahun ini kami akan mengambil alih kepemimpinan Organisasi Kerja sama Shanghai dan sudah melakukan banyak pekerjaan persiapan untuk pertemuan puncak organisasi yang akan datang tahun depan.

Penggunaan metode diplomasi ekonomi yang efektif memiliki efek positif pada pertumbuhan ekspor kita dan aliran investasi ke republik.

Banyak perhatian diberikan untuk mendukung dan kerja sama yang bermanfaat dengan rekan senegaranya di luar negeri. Mereka terlibat dalam proses sosial ekonomi yang terjadi di negara tersebut. Seperti yang Anda ketahui, kami baru-baru ini membuat dana publik "Vatandoshlar", yang secara langsung menangani masalah penting seperti itu.

Pada saat yang sama, tugas prioritas kami adalah memperkuat hubungan persahabatan dan kemitraan dengan semua negara maju dan jauh di luar negeri.

Pada hari yang menyenangkan ini, saya berharap para duta besar negara-negara asing yang terhormat, perwakilan organisasi internasional, mitra asing kami, semua teman Uzbekistan, perdamaian dan kemakmuran berpartisipasi dalam perayaan hari ini. Secara khusus, kami menyampaikan rasa hormat kami yang mendalam kepada perwakilan Senat Prancis yang hadir di sini.

Teman-teman semua!

Seperti yang Anda ketahui, pada 24 Oktober tahun ini, pemilihan Presiden Republik Uzbekistan akan berlangsung.

Selama lima tahun terakhir, telah terjadi perubahan besar dalam undang-undang pemilu negara kita. Sebagaimana dicatat oleh para ahli internasional yang berwenang, upaya untuk memperbaiki sistem pemilihan nasional secara konsisten dan praktik penyelenggaraan pemilihan telah dinaikkan ke tingkat yang baru secara kualitatif di Uzbekistan.

Pemilihan presiden berikutnya akan diadakan untuk pertama kalinya berdasarkan Kode Pemilihan yang diadopsi pada 25 Juni 2019.

Pemilihan ini merupakan peristiwa politik yang sangat penting yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan kunci: apa yang akan menjadi jalan masa depan pembangunan Uzbekistan, bagaimana kita akan membangun masa depan anak-anak kita, keluarga, dan negara secara keseluruhan? Oleh karena itu, masyarakat kita yang berada di luar negeri dan masyarakat dunia mengikuti proses politik ini dengan minat dan perhatian yang besar.

Pengamat dari hampir 50 negara di dunia dan puluhan organisasi internasional diharapkan ambil bagian dalam pemilu.

Saya yakin bahwa pemilihan yang akan datang akan diadakan atas dasar standar demokrasi yang tinggi dan akan dengan jelas menunjukkan kesadaran politik yang berkembang, aktivitas publik dan tingkat budaya warga Uzbekistan baru.

Rekan-rekan yang terhormat!

Dalam beberapa tahun terakhir, berkat kerja keras dan tanpa pamrih dari orang-orang kami, kami telah mencapai hasil penting yang bertujuan untuk memastikan kepentingan nasional, meningkatkan tingkat dan kualitas hidup di negara ini.

Pencapaian yang paling penting adalah bahwa reformasi yang telah kita mulai telah memperoleh karakter yang tidak dapat diubah, masyarakat kita saat ini telah berubah secara radikal.

Tidak ada yang bisa menghentikan perkembangan masyarakat yang telah dihidupkan kembali secara spiritual, dan orang-orang yang dengan percaya diri bergerak ke masa depan, menetapkan tugas-tugas besar untuk diri mereka sendiri. Orang-orang seperti itu didukung oleh Yang Mahakuasa sendiri, membuka semua jalan untuknya.

Hari ini, jutaan rekan kita telah mengubah pandangan dunia mereka, mereka menganggap diri mereka terlibat langsung dalam proses transformasi, kehidupan dan nasib negara asal mereka.

Hari ini kita adalah satu orang, satu bangsa, dengan percaya diri bergerak menuju tujuan mulia kita. Mengandalkan warisan budaya dan spiritual yang tak ternilai dan kekuatan kreatif rakyat kita, kita pasti akan membangun Uzbekistan Baru, mengubah impian kita yang mulia dan berharga menjadi kenyataan. Uzbekistan akan menjadi negara demokrasi yang maju, makmur, bebas, dan menyeluruh.

Saya senang melihat Anda serta semua rekan senegara saya, terlepas dari kebangsaan, bahasa dan agama, peserta aktif dalam gerakan nasional pencipta Uzbekistan Baru.

Tahun dan abad akan berlalu. Generasi baru akan datang. Tetapi kemerdekaan kita, yang membuka peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk kebangkitan kenegaraan nasional, kemakmuran dan kesejahteraan, akan selalu menjadi halaman paling terang dan tidak pudar dalam sejarah agung Tanah Air kita tercinta.

Sekali lagi, dengan sepenuh hati, saya dengan tulus mengucapkan selamat kepada Anda - veteran kami, wanita yang peduli, pemuda yang memiliki tujuan, semua orang kami - pada Hari Kemerdekaan.

Pada liburan terbesar bagi kita semua ini, dengan cinta dan rasa terima kasih yang besar, saya membungkuk rendah kepada orang-orang kita yang berani, pekerja keras, dan murah hati.

Semoga orang-orang mulia kita bahagia - pencipta semua pencapaian kita!

Semoga semua harapan dan impian baik dari setiap keluarga, setiap orang yang tinggal di negara kita yang indah menjadi kenyataan!

Jalan kemerdekaan kita akan abadi!

Terima kasih atas perhatiannya.