Salah satu platform media sosial yang paling digandrungi kawula muda maupun tua adalah Instagram. Selain upload foto dan video, instagram juga menyediakan fitur untuk membagikan cerita seperti (Insta story). Insta story ini biasanya menunjukkan kondisi pemiliknya, contoh sedang berada dimana, mengalami apa, kondisi hati sedang berbunga-bunga atau sedang berpatah hati, sedang bahagia, sedih, marah, atau biasa aja, bahkan kondisi badan sedang merasa sakit ataupun sehat.

Setiap memposting insta story dapat merefleksikan kepribadian seseorang. Kita sebagai followers/following yang melihatnya secara spontanitas mempersepsikan kepribadian orang tersebut dalam benak, kita dapat membayangkan kepribadian seseorang itu pintar, kritis, gaul dan kreatif dari gaya postingan insta story - nya.

Lebih dari itu, kita juga membayangkan kepribadian seseorang itu pemarah, norak, alay, sombong, bodoh, jorok, dll. Juga dari postingan insta story - nya. Pencitraan seseorang dalam benak kita ini yang bahasa gaulnya dikenal dengan sebutan personal branding merupakan hal yang yang musti kita ketahui. Jadi seseorang dapat ditebak dengan hanya melihat postingan insta story - nya. Jika story kita selalu berisi kegalauan karena percintaan, maka personal branding yang melekat pada diri kita adalah suka lebay dalam hal percintaan. Berikut adalah macam-macam kepribadian seseorang via insta story - nya :

Si Manusia Melankolis

Seperti kebanyakan kasus, si manusia melankolis ini selalu curhat di dalam insta story - nya Entah itu hanya sekadar menuangkan unek-uneknya, atau ingin ditanggapi oleh teman-temannya. Tapi, biasanya ia menggunakan fitur pertanyaan yang ada di dalam insta story untuk menanyakan serta mendapatkan solusi yang terbaik kepada orang lain.

Tipe manusia seperti ini menggambarkan kepribadian yang cenderung pemurung, pesimis, perfeksionis. Ia lebih berorientasi pada jadwal, standar, tertib dan terorganisir.

Si Manusia Puitis

Dari judulnya saja sudah jelas. Sudah barang tentu isi dari insta story - nya selalu diisi dengan kata-kata mutiara, tapi tidak jelas apa maksudnya. Bikin kita terkagum-kagum dengan rangkaian katanya? Bikin kita sadar atas pesan yang tersirat? Atau hanya sekedar memancing komentar?

Biasanya ketika ia memposting ke dalam insta story cenderung menggunakan foto yang digunakan untuk background tulisan puitisnya adalah langit ketika senja, pemandangan keindahan alam, atau video ketika sedang hujan. Maka kita dapat mengidentikkan nya sebagai fans berat bung Fiersa Besari, atau grup band fortwenty. Bisa juga dibilang Nax Indie...

Dengan begitu kita dapat menggambarkan kepribadiannya adalah seorang yang tenang, kalem, tidak mudah marah karena emosinya ia tuangkan ke dalam puisi. Atau bisa juga kita menyebutnya si manusia Phelegmatic.

Si Manusia Kritis

Biasanya ia merepost postingan dari akun-akun Instagram yang kerjaannya mengekspos kebijakan-kebijakan pemerintah yang patut dikritisi.

Padahal ia sendiripun tidak mengetahui jelas apa yang terkandung dalam postingan yang ia share pada insta story  - nya. Namun sayangnya ia hanya terkesan dengan kata-kata yang mewakilkan personal branding - nya, dengan begitu kita menggambarkan kepribadian manusia tipe seperti ini adalah kepribadian yang bebas, tidak mudah di atur, serta egois.

Si Manusia Insecurities

Pada umumnya manusia yang jarang membuat story ini identik dengan rasa ketidakpercayaan dirinya atau istilah zaman sekarang itu insecure. 

Hal ini terlihat ketika ia akan membuat story atau memposting foto maka diperlukan beribu-ribu pertimbangan yang pada akhirnya mengurungkan niatnya untuk membuat story. Dapat disimpulkan bahwa kepribadiannya tidak percaya diri, karena ia terlalu memikirkan perkataan orang mengenai dirinya hingga menjadikan ia bagaikan silent reader yang hanya bisa melihat insta story orang secara diam-diam tanpa terlihat keaktifannya dalam bersosial media.

Si Manusia Teruptudate

Manusia super update adalah manusia yang kapan dan dimanapun selalu bikin story. Saking banyaknya terkadang membuat risih para penontonnya, karena hal-hal yang tidak terlalu penting ia publikasikan.

kepribadian manusia seperti ini cenderung ingin dilihat orang lain "caper", ia juga orang yang sangat percaya diri serta tidak memperdulikan perkataan orang lain atau bisa dibilang close minded. Karena ia selalu mengedepankan kalimat "iniloh gue".

Si Manusia Ribet

Pernahkah kita melihat teman kita yang sibuk dengan membuat insta story?Jika iya, maka selamat anda berteman dengan manusia yang ribet.

Manusia jenis seperti ini biasanya seseorang yang ingin selalu dilihat sempurna dalam segala sesuatunya. Dengan begitu kita dapat menggambarkan kepribadiannya sebagai manusia yang teliti, dan selalu ingin tampil nyentrik dibandingkan dengan orang lain.

Si Manusia Healthy

Manusia yang satu ini tak lain dan tak bukan isi dari story - nya adalah kegiatan berolah raga, memperlihatkan tubuh bugarnya, serta makanan-makanan yang bergizi di story - nya.

Dengan begitu kita dapat menggambarkan kepribadiannya adalah seorang yang sehat. Namun, stereotip dari sebagian banyak orang adalah bahwa orang yang memamerkan tubuhnya serta berolahraga gym khususnya pada pria dibilang memiliki kelainan seksual jika dilingkungan pertemanan saya. Kecacatan logika seperti ini yang harus dihilangkan pada masyarakat kita yang multikultural.

Si Manusia Hidden Messege

Manusia tipe ini biasanya tidak to the point, tapi tentunya punya niat agar orang yang dituju bisa melihat insta story - nya. Iya kalau orang yang dituju liat, kalau tidak?

Kepribadian manusia seperti ini kita dapat menggambarkan sebagai orang yang memiliki gengsi tinggi, dan pemalu.

Dengan demikian, pada dasarnya semua orang ingin terlihat baik di mata teman-temannya. Namun perlu diingat pula bahwa kesan baik itu hanya muncul jika segala tindakan dan perilakunya pun baik. Setiap kita memposting insta story jika ingin terlihat baik, maka perlu lah kita isi juga dengan hal yang positif dan bermanfaat.

Kalau kita ingin dicitrakan sebagai seniman, maka seringlah memposting insta sory yang berbau-bau seni. Jika kita ingin dicitrakan sebagai seorang fashionista sejati, maka postinglah snapgram dengan kabar fashion terkini. Sebab apapun yang kita tulis dan posting pada insta story itu dapat merefleksikan personal branding kita.