Copy Writer
11 bulan lalu · 85 view · 3 menit baca · Pendidikan 60126_78122.jpg
https://www.pexels.com/photo/

Perpustakaan, Surganya Ilmu dan Dunia

Kebanyakan orang berpikir, perpustakaan adalah tempat yang membosankan untuk dikunjungi. Padahal di perpustakaan banyak sekali hal yang bisa dipelajari. Terlebih sekarang pemerintah telah memperbarui sarana umum masyarakat ini menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi.

Tak salah jika saat ini perpustakaan menjadi salah satu destinasi, baik bagi kalangan anak-anak, kawula muda maupun orang dewasa. Selain sebagai tempat untuk mencari buku-buku yang bisa dijadikan referensi tugas, tempat ini juga bisa jadi ajang bersantai untuk melepas penat atau tempat mengerjakan tugas dengan fasilitas wifi gratis.

Perpustakaan tidak lagi menjadi tempat yang kuno dan membosankan, tapi menjadi tempat yang cozy dan menyenangkan. Selain banyak buku baru yang tentunya asyik untuk dibaca, ruangannya pun nyaman dengan banyak jendela yang menampilkan panorama lingkungan di sekitar perpustakaan.

Jika dahulu banyak orang yang enggan untuk singgah atau berlama-lama di perpustakaan, namun kini tempat tersebut sudah banyak digandrungi oleh orang-orang, terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang setiap harinya.

Buku-buku yang tersedia di perpustakaan saat ini sudah begitu beragam. Tak hanya buku-buku yang berkaitan dengan dunia pendidikan, tetapi juga buku-buku hiburan seperti novel, komik, majalah, buku-buku resep dan lain sebagainya.

Tak ayal perpustakaan sekarang menjadi banyak peminatnya, terlebih buku novel-novel yang ada bukan saja dari dalam negeri, tetapi juga novel-novel terjemahan yang jika membeli sendiri harganya lumayan merogoh saku agak dalam.

Di perpustakaan juga ada buku-buku motivasi yang bisa dijadikan buku penguat atau bahan renungan bagi diri dalam melanjutkan kehidupan. Buku-buku tersebut tentunya akan membuat siapa pun yang membacanya memiliki gambaran dalam melalui kehidupan ini yang dipenuhi dengan lika-liku, suka dan duka.

Perpustakaan Daerah

Bagi yang senang membaca, perpustakaan adalah surga untuk memanjakan diri. Termasuk salah satunya ialah perpustakaan daerah yang ada di berbagai daerah di Indonesia, meski setiap daerah memiliki fasilitas tersendiri untuk perpustakaan daerahnya.

Di Kota Kembang Bandung, perpustakaan daerah ada di daerah Kawaluyaan yang memiliki akses mudah dilalui oleh kendaraan baik pribadi maupun umum. Hal itu menjadi nilai positif sehingga memudahkan bagi masyarakat Kota Bandung untuk datang ke tempat tersebut.

Bangunan yang memiliki 4 lantai ini membuat perpustakaan daerah di Bandung menjadi tempat yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Maka dari itu, perpustakaan ini bisa dijadikan salah satu objek wisata bagi siapa pun.

Selain menjadi tempat untuk membaca buku, perpustakaan daerah di Kota Bandung juga memiliki aula dan ruangan yang seperti museum yang menyajikan potret-potret sejarah kota tersebut zaman dahulu.

Di lantai pertama perpustakaan daerah Kota Bandung, ada ruang baca anak di mana di dalamnya tersedia buku-buku bacaan yang menarik untuk anak-anak dilengkapi pula dengan arena bermain yang mengasyikkan bagi anak-anak. Selain ruang baca anak, ada pula loker tempat menyimpan barang-barang pengunjung dan resepsionis yang berfungsi juga menjadi tempat mengembalikan buku.

Ada pula panggung dan museum yang bisa dikunjungi para pengunjung yang datang ke perpustakaan daerah tersebut. Kamar mandi yang berada di ujung lorong bagi siapa pun yang tengah memiliki kebutuhan ke kamar mandi.

Di lantai kedua ada ruang baca dewasa 1 dan 2, di mana di ruang tersebut ada banyak buku yang menjadi bahan referensi untuk tugas kuliah atau pekerjaan. Termasuk novel-novel untuk hiburan di saat diri telah penat dengan tugas yang menumpuk.

Di lantai ketiga, ada ruang referensi dan ruang baca remaja, ruang referensi menyediakan majalah, koran dan kamus-kamus namun hanya bisa digunakan di ruang itu saja. Sedangkan ruang baca remaja menyediakan buku-buku kebutuhan remaja, novel dan komik yang tentunya membuat para remaja betah berlama-lama di ruangan tersebut.

Di lantai 3 pula, ada tempat pendaftaran untuk keanggotaan perpustakaan daerah dimana memiliki masa berlaku 2 tahun. Keuntungannya menjadi anggota adalah bisa meminjam 3 buku dengan batas maksimal pengembalian buku selama 2 minggu lamanya. Di lantai 4 ada aula yang biasanya digunakan untuk acara tertentu.

Fasilitas lainnya adalah wifi gratis yang tersedia di setiap lantainya, ada juga lift yang bisa digunakan pengunjung untuk langsung ke lantai selanjutnya atau kembali ke lantai dasar. Dua fasilitas tersebut menjadi nilai plus yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Buku Jendela Dunia

Perpustakaan tempat yang menyediakan banyak buku, dimana buku merupakan jendela dunia. Pastinya takkan disia-siakan oleh mereka yang memiliki hobi membaca buku guna menambah khazanah keilmuan dirinya.

Buku juga masih menjadi tempat mendapat ilmu no 1. Jadi tak salah apabila berkunjungan ke perpustakaan menjadi keharusan bagi siapa pun yang ingin mendapat bahan ilmu secara cuma-Cuma.

Meski di Indonesia peminat baca masih sangatlah rendah, akan tetapi seiring dengan banyaknya perbaikan dan pembaharuan pada perpustakaan di berbagai daerah. Tentunya tempat tersebut sudah harus masuk daftar list untuk dikunjungi hitung-hitung jalan-jalan yang bermanfaat.

Karena saat ini perpustakaan-perpustakaan telah bertransformasi jauh lebih nyaman untuk disinggahi dan akan membuat betah walau berlama-lama berdiam diri atau pun membaca di tempat tersebut.