Saat ini, Daring adalah kata yang sangat populer. Istilah ini biasanya digunakan dalam sistem pembelajaran online atau berbasis internet. Daring mengacu pada singkatan dalam jaringan, yang terhubung melalui jaringan komputer, Internet, dll.

Pengertian Daring biasanya disamakan dengan keadaan komputer yang dapat bertukar informasi, dan komputer-komputer tersebut terhubung melalui internet. Selain Daring, ada juga istilah luring yang dikenal juga sebagai sistem pembelajaran. Luring mengacu pada singkatan dari luar jaringan yang terputus dari jaringan komputer, dan dapat juga disebut sebagai pembelajaran dalam sistem offline

Pembelajaran Daring di Indonesia dimulai pada bulan Februari tahun 2020, saat itu Indonesia yang dinilai negara yang aman dari Covid-19 ternyata diumumkan mempunyai status penyebaran Covid-19 yang cukup cepat, oleh karena itu pembelajaran daring dilakukan untuk mengatasi masalah pandemi yang ada di Indonesia, setidaknya dapat ,mencegah penularan akibat menyebarnya virus Covid-19.

Dalam melaksanakan pembelajaran daring terdapat permasalahan yang dialami oleh para siswa dan juga mahasiswa di Indonesia. Banyak sekali survey di internet bahwa permasalahan pembelajaran daring di Indonesia sangat banyak dirasakan oleh siswa, dan mahasiswanya. Seperti yang dilansir oleh indihome.co.id adapun permasalahan yang dialami saat pembelajaran daring di Indonesia adalah sebagai berikut.

Internet yang lambat

(Sumber gambar: Bernas.id)

Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh banyak pelajar dan mahasiswa adalah kecepatan internet yang lambat. Padahal, mengingat media yang digunakan adalah Zoom, Google Meet, Skype, dan aplikasi lain untuk mengikuti konferensi video, pembelajaran online membutuhkan jaringan internet yang cukup kuat. 

Aplikasi untuk mengikuti konferensi video membutuhkan jaringan internet yang kuat agar proses pembelajaran tetap lancar dan tidak dibatasi oleh penghentian video secara tiba-tiba atau gangguan suara. Masalah teknis, seperti suara dan video yang terputus-putus, menyebabkan efisiensi belajar yang rendah, dan siswa tidak dapat menyerap informasi yang disampaikan oleh guru secara keseluruhan. 

Karena terbatasnya ketersediaan akses jaringan internet, Indonesia menempati urutan terbawah dari negara-negara OECD. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi Kemendikbud untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki saat ini.

Akses terbatas ke komputer dan perangkat smartphone

(Sumber gambar: Liputan6.com)

Banyak pelajar di Indonesia yang masih belum bisa menggunakan komputer dan smartphone. Hal ini biasanya dialami oleh siswa dari keluarga kelas menengah ke bawah. Terkadang, satu-satunya alat komunikasi di rumah adalah telepon genggam biasa tanpa akses Internet. 

Situasi ini menyebabkan tidak meratanya kesempatan belajar online bagi seluruh siswa di Indonesia. Sebagian besar siswa dari daerah pedesaan dan terpencil telah mengalami jenis pembatasan akses ke perangkat yang terhubung ke Internet ini.

Banyaknya Gangguan di Rumah

(Sumber gambar: Bbc.com)

Saat belajar di rumah sangat banyak gangguan yang dialami oleh pelajar, saat di sekolah pembelajaran sudah diatur sedemikian rupa agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, berbeda dengan belajar di sekolah, saat pembelajaran di rumah pelajar mengalami banyak gangguan yang menyebabkan gagal fokus saat menerima materi yang disampaikan oleh guru/dosen. 

Gangguan yang dialami pelajar saat pembelajaran di rumah di antaranya yaitu gangguan suara, gangguan pandangan, dan tempat yang kurang nyaman sehingga menyebabkan gagal fokus saat menerima pelajaran.

Guru dan Pelajar Masih Belum Lihai Menggunakan Teknologi Digital

(Sumber gambar: Smarteschool.id)

Selama ini, masyarakat hanya mengenal proses belajar secara tatap muka. Proses pembelajaran secara daring masih sangat langka dilakukan di Indonesia sehingga perubahan sistem pembelajaran secara mendadak menjadikan para guru/dosen yang memberikan materi kaget atas adaptasi yang harus segera mereka lakukan.

Agar proses pembelajaran daring dapat berjalan dengan lancar, mereka juga harus menguasai beberapa software atau aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan pembelajaran daring di Indonesia.

Sulit untuk Interaktif

(Sumber gambar: sharonpgblog.blogspot.com)

Proses pembelajaran secara daring sulit dilakukan secara interaktif, karena terkadang banyak pelajar yang kesusahan dalam bertanya karena kendala jaringan atau masih sungkan untuk beradaptasi dengan pembelajaran daring. 

Sulitnya interaksi juga dirasakan karena terkadang guru/dosen tidak mengadakan video konferensi untuk menyampaikan materi, sehingga kegiatan tidak dapat dilakukan secara interaktif, hal ini juga menyebabkan pelajar menjadi kesusahan dalam memahami materi yang disampaikan secara tertulis. Tanpa melalui video konferensi.


Permasalahan daring memanglah menjadi salah satu masalah utama yang menjadi perhatian pemerintah pada masa pandemi Covid-19. Dengan mengadakan pembelajaran daring, banyak sekali tantangan yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh para pelajar. 

Dalam mengatasi permasalahan yang dialami oleh mahasiswa dan juga para pelajar di pada pembelajaran daring di Indonesia, haruslah ada solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para pelajar di Indonesia, solusi itu bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Cari koneksi internet yang baik.

Jika di lingkungan Anda memiliki koneksi internet yang lambat, alangkah baiknya Anda pindah untuk mencari koneksi internet yang lebih baik. Hal ini dilakukan agar dalam menangkap materi yang disampaikan guru tidak terkendala sinyal.

Menggunakan media pembelajaran yang interaktif, dan menarik

Para pengajar juga harus ikut berpartisipasi agar proses pembelajaran lebih interaktif dan menarik, yaitu dengan menginovasi media yang digunakan untuk mengajar.

Memberikan materi H-1 sebelum kegiatan belajar mengajar

Materi yang akan disampaikan dalam pembelajaran sebaiknya sehari sebelumnya sudah diberikan kepada siswa untuk dibaca terlebih dahulu. Ketika guru menjelaskan materi para murid dominan bisa lebih memahami, bila masih ada kesulitan bisa ditanyakan. Tugas yang diberikan ada batas waktu untuk mengumpulkan dan dinilai.

Mengumpulkan tugas tidak terlambat.

Bila tugas sudah diterima segera dikoreksi/dinilai dan hasilnya segera diinfokan kepada para murid. Untuk murid seharusnya juga tidak menunda deadline agar proses pembelajaran dapat memenuhi target dan berjalan dengan optimal.

Menghidupkan Kamera Saat KBM

Memanfaatkan media online yang variatif dan menggunakan media yang dapat bertatap maya, dengan demikian kegiatan siswa dapat dipantau dengan baik. Cara memantaunya adalah dengan menyalakan kamera pada media online yang digunakan agar kejujuran dapat terpantau dengan baik.

Alangkah baiknya jika pembelajaran dan evaluasi dengan partisipasi orang tua/wali siswa dapat membantu mereka untuk melakukan pengawasan yang baik di rumah masing-masing.


Permasalahan yang dialami oleh pelajar di Indonesia mengenai pelaksanaan pembelajaran daring memanglah bukan masalah yang gampang, karena menyangkut dengan kelanjutan sumber daya manusia di Indonesia.

Kebijakan ini haruslah diimbangi dengan solusi-solusi yang ditawarkan untuk menunjang aktivitas online oleh para pelajar di Indonesia. Sehingga kegiatan pembelajaran daring dapat berlangsung secara optimal, dan kualitas sumber daya manusia di Indonesia akan lebih baik di masa mendatang.

Permasalahan daring di Indonesia sangat berpengaruh kepada perkembangan sumber daya manusia di Indonesia, oleh karena itu pemerintah seharusnya memberikan solusi terbaik atas permasalahan yang dialami para pelajar di Indonesia, dalam menjalankan aktivitas daring secara online mungkin banyak sekali para pelajar yang mengeluhkan kendala sinyal. 

Menurut survey sinyal internet di Indonesia memasuki urutan terburuk di dunia. Ada beberapa teman-teman mahasiswa yang bertempat tinggal di Jawa yang masih mengalami kendala sinyal, walaupun berada di pulau Jawa yang padat penduduk tetapi kendala sinyal dan jaringan menjadi permasalahan yang sering dialami oleh para mahasiswa dan pelajar di Indonesia.

Selain permasalahan sinyal yang harus ditanggulangi oleh pemerintah, sebaiknya ada kebijakan untuk menjadikan sekolah online menjadi lebih menarik, harus ada aplikasi khusus yang dibuat pemerintah untuk memantau perkembangan pelajar saat melakukan pembelajaran online. 

Dengan adanya sebuah aplikasi khusus diharapkan tidak ada pelajar yang menyia-nyiakan waktu berharganya untuk melakukan hal-hal yang kurang berguna saat kelas dimulai. Inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para guru dan dosen haruslah dikembangkan, untuk menjadikan sekolah online menjadi lebih menarik, dan inovatif.