Perlukah kita merayakan hari ulang tahun atau peringatan hari jadi? Apa pentingnya kita dalam memperingati hari ulang tahun? Lantas bagaimana bisa kita melupakan sebuah hari-hari penting dalam merayakan suatu perayaan hari nasional? bahkan hari ulang tahun teman, saudara, bahkan keluarga kita? 

Hari ulang tahun adalah suatu momen berharga yang harusnya kita rayakan baik dengan konsep agama, adat, maupun kebiasaan keseharian. Dimana momen tersebut bisa dijadikan ajang silaturahmi bagi keluarga maupun sahabat kita dengan tujuan untuk menciptakan suasana yang romantis, harmoni, dan tenteram. 

Bahkan dengan merayakan hari ulang tahun, kita dapat mendekatkan teman kita yang jauh dari diri kita dengan maksud dan tujuan sebagai simbol bahwa kita tidak melupakan hari pentingnya, bahkan acara kecil itu juga memiliki arti yang begitu dalam bila kita rayakan dengan teman kita atau saudara kita.

Dan juga dengan memperingati sebuah peringatan hari ulang tahun itupun juga memiliki arti bahwa kita menghormati dan bersyukur dengan keberadaannya. Dengan peringatan ulang tahun tersebut kita juga dapat menghapus aura-aura negatif dari rasa iri, dengki, kesedihan, kebencian, maupun kesendirian. 

Terkadang apabila kita tidak mengucapkan selamat kepada teman kita yang berulang tahun, bisa jadi mereka (teman-temannya atau saudaranya) itu lupa, bahkan adapun yang mengabaikan dan dianggap tidak penting dengan ucapan tersebut, atau bisa saja dianggap kurang bersyukur mempunyai teman sepertinya.

Dengan artian “buat apa ucapkan ulang tahun ke dia? toh tidak ada gunanya, tidak penting juga keberadaannya terhadap diriku, lantas dia juga bukan siapa-siapa aku, cuma teman biasa dan bukan sahabat, lantas juga dulu aku pernah tidak senang dengan sikapnya yang kurang mengenakkan terhadap saya.”

Selain itu, kita pastinya pada tahu 17 Agustus 1945 itu adalah hari apa, tidak mungkin kita lupa tanggal yang amat istimewa dan amat penting itu. 17 Agustus 1945 adalah hari bangsa Indonesia itu merdeka, bahkan di setiap tahunnya yang bertepatan tanggal 17 Agustus atau 17-an ini kita memperingati.

Dengan peringatan ini bisa dijadikan simbol bahwa kita tidak melupakan jasa para pahlawan kita yang telah gugur demi memerdekakan rakyat Indonesia, dan dengan merayakan kemerdekaan ini bisa dijadikan wujud syukur kita terhadap pahlawan kita yang telah membebaskan kita dari penjajahan di Indonesia. 

Pada rangkaian ulang tahun kemerdekaan Indonesia ini biasanya terdapat suatu pesta yang bisa berupa syukuran atau tirakatan, pesta kembang api, konser musik, bahkan pertunjukan seni daerah masing-masing wilayah. Pada ulang tahun ini menjadi momen warga Indonesia untuk memeriahkan acara kemerdekaan.

Akan tetapi banyak warga kurang tahu cara mengisi kemerdekaan, ada yang sekedar pesta demi kebahagiaan sendiri tanpa memaknai dan mengisi sebuah kemerdekaan dan ada juga yang hanya sekedar memanfaatkan momen demi kebahagiaan dirinya sendiri sebagai contoh minum minuman keras di saat konser musik.

Tidak hanya ulang tahun sahabat, keluarga, dan hari ulang tahun republik Indonesia saja, masih ada hari pahlawan, hari jadi wilayah kota kita masing-masing bahkan peringatan hari jadi yang lainnya yang harus kita peringati. Hal itu dikarenakan setiap hari jadi itu memiliki berbagai makna tertentu.

Contoh hari pahlawan 10 November 1945, hari di mana adanya suatu pertempuran di Surabaya yang merupakan satu peristiwa penting dalam sejarah republik Indonesia di mana hari tersebut diperingati untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan untuk mengusir para penjajah dari Indonesia. 

Dan ada juga hari sumpah pemuda 28 Oktober 1928, sumpah pemuda yang merupakan hari bersejarah ketika pemuda-pemudi Indonesia mengucapkan ikrar untuk bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Peristiwa tersebut bertujuan untuk mempersatukan pemuda dan rakyat nusantara untuk mengusir penjajah. Dengan peringatan hari sumpah pemuda kita belajar memaknai untuk saling toleransi baik antar umat beragama, adat, ras, maupun golongan agar tercipta keharmonisan terhadap warga Negara Indonesia.

Dengan rasa bangga kita, terhadap jasa para pahlawan kita yang telah gugur di medan peperangan, kita bisa mencontoh perilakunya yang berjuang pantang menyerah tak kenal lelah demi negaranya tercinta dan demi masyarakatnya yang harus merdeka demi kelangsungan hidup masyarakat Indonesia.

Kita dapat menyimpulkan bahwa sekecil apapun sebuah hari peringatan baik itu hari ulang tahun teman, keluarga, hari jadi wilayah, bahkan yang lainnya apabila kita memaknainya dengan sikap yang baik dan dengan tulus hati, maka kita juga akan bisa memetik sebuah pelajaran yang dapat kita ambil.

Jika kita sendiri yang sedang berulang tahun tetapi tidak ada ucapan atau perayaan oleh teman-teman kita, sahabat kita, bahkan keluarga kita sendiri hal tersebut bisa dikatakan kurangnya keharmonisan, dan kurangnya kepedulian kita akan keberadaannya.

Dan apabila kita yang berulang tahun terus sahabat kita mengucapkan hingga merayakan tentunya kita sangat senang dan pastinya mereka menganggap keberadaan kita, walaupun sekecil apa perayaan tersebut hal itu merupakan sebuah momen terbaik kita di umur yang semakin lama bertambah ini.

Setiap orang pastinya mempunyai momen terbaik seperti pada hari lahirnya, hari wisuda, bahkan prestasi dalam suatu ajang. Dengan perayaan tersebut kita dapat belajar untuk memulai kepedulian terhadap sahabat atau-pun keluarga agar terjalin hubungan yang harmonis, supaya tidak terjadi permusuhan.