Artikel ini membahas mengenai bagaimana caranya agar menjadi perempuan berkelas dengan good attitude atau etika yang baik. Membahas mengenai etika, terutama bagi perempuan ini sangatlah penting. Etika adalah sikap atau perilaku kita yang dapat dilihat oleh orang lain, bahkan menjadi kesan pertama sebelum kita mulai berbicara. Selanjutnya,  jika etika kita baik, tentunya orang lain akan merasa nyaman dan relasi atau hubungan yang terjalin kemungkinan bisa bertahan lama.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar menjadi perempuan yang beretika baik.

1. Selalu tegakkan punggung pada saat duduk ataupun berdiri

Selain menjaga kesehatan tulang, menjaga postur tubuh yang baik, hal ini juga dapat menambah rasa kepercayaan diri dalam sikap atau etika yang kita lakukan.

2. Bersikap tenang di segala situasi

Tidak perlu panik dan khawatir berlebihan jika mengalami suatu masalah. Situasi apa pun dapat kita kuasai jika kita bersikap tenang. Jika merasa panik dan khawatir, bisa mencoba untuk memejamkan mata, atur napas agar menjadi stabil, bayangkan hal yang membuat kita merasa santai dan nyaman, kemudian hembuskan napas dan tersenyum. Katakan pada diri sendiri jika semua akan baik-baik saja. Everything’s gonna be okay.

3. Selalu berbicara dengan jelas dan menggunakan bahasa yang sopan

Ketika berbicara, gunakan artikulasi yang jelas, pelan-pelan saja agar yang berbicara dengan kita paham apa yang kita bicarakan. Jangan lupakan 3 kata ajaib. Yang pertama, ucapkan tolong jika akan meminta orang lain melakukan sesuatu untuk kita. 

Kedua, ucapkan maaf jika kita melakukan kesalahan, setelah itu kita harus berkomitmen pada diri sendiri agar tidak melakukan kesalahan yang serupa. Kata ajaib yang terakhir adalah ucapkan terima kasih ketika seseorang melakukan sesuatu untuk kita. 

Jangan lupa selalu menjaga kesopanan dengan tidak menyela ketika orang lain sedang berbicara. Allah memberi kita dua telinga dan satu mulut. Karena apa? Agar kita lebih banyak mendengar daripada berbicara. Bukankankah mendengar lebih baik daripada berbicara?

4. Murah senyum pada orang lain menjadikan kita pribadi yang ramah

Jangan diteruskan jika kamu berpikiran “Maaf senyumku mahal.” Karena dengan tersenyum kita dapat memberikan energi positif bagi diri sendiri dan orang lain. Senyum juga akan membuat kita terlihat lebih cantik dan awet muda. Selain itu, senyum dapat mendatangkan pahala karena dengan tersenyum dapat membuat orang lain merasa senang. Dan menyenangkan orang lain, tentu saja kita akan mendapat pahala.

5. Jangan berteriak saat memanggil orang lain ataupun ketika sedang berbicara

Selain mengganggu ketenangan, berteriak juga dinilai kurang sopan. Pastinya akan jauh lebih sopan jika kita berbicara dengan frekuensi suara yang sepantasnya.

6. Jangan mengumpat orang lain, atau membicarakan keburukan orang lain di belakangnya

Membicarakan orang lain di belakang atau yang biasa dikenal dengan sebutan ghibah ini jelas bukan merupakan ciri-ciri perempuan yang berkelas dan beretika baik. Mengenai keburukan orang lain, pastinya setiap orang memiliki kekurangannya masing-masing. Bismillah, mari berhenti ghibahnya. Jika berkumpul bersama teman, lebih baik membahas sesuatu yang bermanfaat, misalnya membahas skin care, update berita, dan sharing pengalaman.

7. Jika ada orang yang marah-marah kepada kita, diamkan saja, dan cukup balas dengan senyuman

Akan sia-sia jika membalas atau menasihati orang yang sedang marah. Dan akan menjadi berbahaya jika kita terpancing kemarahannya. Terlebih lagi, jika kemarahan tersebut terjadi di depan umum. Ingat, jangan mempermalukan diri sendiri dengan bertengkar di depan umum. Jadi, lebih baik diamkan saja. Jika orang tersebut sudah selesai marah, cukup balas dengan senyuman yang ikhlas, kemudian kita tinggal pergi.

8.Selalu hargai pelayan, tetangga, ataupun  orang asing

Sesama manusia tentunya harus saling menghormati dan menghargai. Jangan pernah menyepelekan orang lain karena dari orang lain, pasti ada sesuatu yang dapat kita pelajari.

9. Jangan segan untuk membantu orang lain

Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial, pasti kita akan membutuhkan bantuan dari orang lain. Oleh karena itu, jika melihat ada orang yang membutuhkan bantuan jangan segan untuk membantu. Jika kita selalu melakukan hal baik, maka atas izin Allah hal baik juga akan selalu bersama kita.

10. Berpakaian sederhana, rapi, dan bersih

Penampilan memanglah penting. Namun, tidak perlu menggunakan pakaian yang mahal hanya untuk membuat orang lain terkesan. Etika jauh lebih penting dari sekedar model berpakaian. Yang terpenting, gunakan pakaian yang sederhana, rapi, dan bersih. Jadikan etika berpakaian kita sebagai cerminan bagaimana cara kita menghargai raga atau tubuh kita.

Sedikit kesimpulan dari tulisan di atas, jangan lupa untuk selalu bersikap tenang, sopan, santun, dan  ramah. Selalu terapkan etika berbicara dan berpakaian yang baik. Semangat untuk berusaha menjadi perempuan yang lebih baik. Niat yang baik pasti akan dimudahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Insya Allah. Sekian artikel dari saya, mohon maaf apabila ada kekurangannya dan terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.