Setiap perdebatan pasti ada akhirnya, tapi kalimat tersebut tidak berlaku bagi para fans dunia sepak bola. Bagaimana tidak, mereka selalu memperdebatkan siapa yang terbaik antara dua pemain sepak bola yang berasal dari Timnas Portugal dan Argentina ini.

Dua orang pemain yang disebutkan di atas bukan lain ialah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Mereka berdua juga memiliki julukan di dunia sepak bola.

La Pulga adalah julukan untuk Lionel Messi dan El comanDante adalah nama panggilan favorit CR7. Namun, nama itu tidak diberikan kepadanya secara positif.

Sudah tidak perlu ditanyakan lagi kenapa nama mereka berdua selalu diperdebatkan di dunia sepak bola. Bahkan bagi pengamat sepak bola pun tidak dapat menyimpulkan siapa yang terbaik antara mereka berdua, hal ini dikarenakan mereka selalu tampil konsisten di setiap musim.

Mereka selalu di perbandingkan oleh fans dunia sepak bola karena memiliki kelebihan yang berada di atas pemain-pemain sepak bola yang lain.

Kelebihan tersebut tidak lahir dengan sendirinya, melainkan terlahir dari hasil kerja keras mereka selama bertahun tahun.

Tapi banyak juga dari kalangan fans dan juga pengamat sepak bola yang membandingkan cara kerja keras mereka untuk mencapai titik tertinggi penghargaan pemain sepak bola terbaik dunia atau disebut juga dengan istilah Ballon D'or.

Cristiano Ronaldo telah memenangkan 5 kali penghargaan Ballon D'or yaitu pada tahun  2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017.

Sedangkan Lionel Messi telah memenangkannya sebanyak 7 kali yaitu pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021.

Ada hal yang menjadi perdebatan kenapa Messi bisa memenangkan Ballon D'or yang ketujuh kalinya, banyak yang beranggapan bahwa seharusnya penghargaan Ballon D'or  pada tahun 2021 tersebut diraih oleh pemain yang berasal dari Polandia yaitu Robert Lewandowski.

Bukan hanya itu, pada tahun 2010 juga terjadi kontroversi karena banyak orang yang beranggapan bahwa seharusnya Wesley Sneijder lah kandidat yang lebih layak untuk mendapatkan penghargaan Ballon D'or pada tahun tersebut.

Tapi terlepas dari itu semua, Lionel Messi juga tampil apik pada tahun 2010 dan 2021. Dia sukses membuat pecinta sepak bola kagum atas apa yang telah dilakukannya pada musim tersebut.

Kembali lagi dari cara kerja keras Cristiano Ronaldo dalam menjalani sebuah latihan adalah dengan cara disiplin ketat dan juga menjadi seorang vegetarian. Berbeda dengan Lionel Messi yang memang terlahir dengan bakat, hal tersebut bukan berarti Messi tidak melakukan hal yang sama dengan Ronaldo.

Mereka berdua sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contohnya Cristiano Ronaldo unggul dalam hal sundulan karena telah tercatat jumlah gol yang berasal dari sundulan yaitu sebanyak kurang lebih 140 gol, begitupun sebaliknya, Lionel Messi unggul dalam hal menggiring bola. Pecinta sepak bola pasti sudah tau bagaimana cara Messi menggiring bola, dan itulah salah satu kelebihan Lionel Messi yaitu terletak pada cara dia menggiring bola yang sangat mematikan.

Di Timnas, Lionel Messi telah berhasil membawa Argentina menjadi juara di ajang Copa America 2021 dan sekaligus menjadi pemain terbaik, top skor sekaligus top assist di ajang tersebut.

Begitupun dengan Cristiano Ronaldo, dia berhasil membawa Timnas Portugal menjuarai Euro pada tahun 2016 dan UEFA Nations League 2018 - 2019.

Di ajang UEFA Champions League, Cristiano Ronaldo sudah meraih trofi UCL sebanyak 5 kali sekaligus menjadi pemain terbanyak yang memiliki trofi UCL tersebut dan menjadi top skor terbanyak sepanjang sejarah UCL sampai saat ini. Sedangkan Lionel Messi sudah meraih 4 trofi UCL.

Perbedaan yang lainnya lagi ialah, Cristiano Ronaldo sudah bermain di 3 liga top eropa yaitu Manchester United, Real Madrid dan Juventus , serta berhasil meraih semua gelar di sana, sedangkan Lionel Messi hanya bermain di liga spanyol yaitu Barcelona dan meraih semua gelar di sana dan baru-baru ini Lionel Messi akhirnya pindah ke liga prancis yaitu PSG.

Namun, satu-satunya kekurangan mereka adalah trofi piala dunia. Messi mencapai final dengan Argentina pada tahun 2014 sebelum dikalahkan melalui perpanjangan waktu oleh Jerman. Sementara itu, Ronaldo yang paling dekat datang adalah pada tahun 2006 ketika Portugal tersingkir di semifinal oleh Prancis.

Bukankah membandingkan mereka berdua adalah hal yang sama sekali tidak ada akhirnya. Ibaratkan membandingkan berlian dengan berlian.

Mereka sama-sama yang terbaik di dunia sepak bola.

Messi mengejutkan kita, Cristiano menginspirasi kita.

Messi ajaib, Cristiano adalah mesin.

Salah satunya bakat yang terlahir, yang lainnya menunjukkan kepada kita bahwa tidak ada batasan untuk  atas apa yang bisa kita capai.

Jadi selagi mereka masih bermain alangkah baiknya kita sebagai fans sepak bola menikmati permainan mereka berdua. sebelum mereka pensiun dari dunia sepak bola atau istilah gantung sepatu dinyatakan oleh mereka berdua.