Awal mula terjadinya kegiatan pertanian di Indonesia yaitu pada masa manusia purba di tahun 590.000 Sebelum Masehi tepatnya pada zaman neolitikum (zaman batu muda). Manusia purba waktu itu pertama kali melakukan proses bercocok tanam untuk menyambung hidup mereka dengan segala keterbatasan.

Pertanian merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar dalam pembangunan sosial ekonomi di suatu negara. Apalagi di negara agraris seperti di Indonesia. Peran petani beserta sektor pertanian yang ada di dalamnya akan sangat berkontribusi besar guna kemajuan dan pembangunan ekonomi negara.

Kontribusi sektor pertanian dalam pembangunan ekonomi diantaranya, yaitu pertanian berfungsi sebagai produsen bahan pangan, sebagai produsen bahan baku industri, sebagai penyerap tenaga kerja, sebagai sumber perolehan devisa, serta pertanian juga berfungsi dalam mengurangi tingkat kemiskinan.

Perkembangan teknologi di Indonesia juga mampu mempengaruhi laju perkembangan di sektor pertanian, khususnya pada alat-alat yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan pertanian. Salah satu alat yang begitu menunjang pertanian di Indonesia pada saat ini salah satunya adalah mesin oven gabah (benih padi).

Mesin oven gabah (benih padi) adalah sebuah alat teknologi yang dapat digunakan untuk proses pengeringan gabah (benih padi). Maksud dari pengeringan disini yaitu mensirkulasikan atau mengalirkan bahan yang dikeringkan melalui zone pengeringan secara efektif sampai diperoleh kadar air yang diinginkan.

Menurut pendapat saya alat ini sangat membantu sistem pertanian di Indonesia, apalagi didukung dengan pembagian musim di Indonesia. Mengingat juga Indonesia terletak tepat di garis khatulistiwa yang dimana Indonesia sendiri memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Dengan meningkatnya pemanasan global musim di Indonesia semakin sukar untuk diprediksi. Oleh karena itu, dengan alat oven gabah (benih padi) ini dapat mempermudah petani di Indonesia untuk proses pengeringan gabah (benih padi) dan mempercepat proses penggunaan gabah (benih padi).

Apabila proses pengeringan gabah (benih padi) semakin cepat pasti juga akan mempengaruhi proses pendistribusian dari produsen kepada konsumen. Proses pendistribusian inilah yang nantinya akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi adalah salah satu indikator yang sangat penting dalam melakukan analisis tentang pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi menunjukkan sejauh mana aktivitas perekonomian yang dapat memberikan tambahan pendapatan masyarakat pada periode tertentu.

Perkembangan ekonomi fisik yang terjadi di suatu negara adalah bertambahnya produksi barang dan jasa dan perkembangan infrastruktur. Hal tersebut dapat diukur dari perkembangan pendapatan nasional riil yang dicapai suatu negara dalam periode tertentu.

Indonesia merupakan negara berkembang. Dengan kekayaan sumber daya alam dan keunggulan sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia mampu menjadi negara maju, meskipun harus butuh konsistensi dan waktu yang cukup signifikan.

Dengan ketekunan dan pengasahan daya berpikir kritis dari sumber daya manusianya pasti akan membuahkan hasil. Dapat dilihat dari pendapatan nasional bahkan sampai perkapita negara Indonesia saja masih harus ditingkatkan lagi agar Indonesia bisa dikategorikan sebagai negara maju.

Dengan berkembangnya teknologi di Indonesia, yaitu salah satunya mesin oven gabah (benih padi), perkembangan teknologi ini juga dapat meningkatkan pertanian berkelanjutan di Indonesia yang memiliki cukup banyak manfaat bagi negara Indonesia sendiri.

Pertanian berkelanjutan dapat diartikan sebagai implementasi konsep pertanian untuk pembangunan pertanian di masa kini dan masa yang akan datang. Pertanian berkelanjutan adalah pengelolaan sumber daya yang akan membantu manusia sekaligus untuk meningkatkan kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya pada bidang pertanian dan pangan.

Lalu agar pertanian berkelanjutan  di Indonesia dapat berjalan dan terus membantu meningkatkan perkembangan sektor pertanian di Indonesia. Pertanian berkelanjutan ini memiliki beberapa prinsip pertanian berkelanjutan diantaranya, yaitu untuk berkelanjutan usaha ekonomi, untuk berkelanjutan kehidupan sosial manusia, dan untuk berkelanjutan ekologi alam. 

Prinsip pertanian berkelanjutan adalah faktor utama untuk melalukan atau merencanakan suatu hal, namun dengan penjabaran prinsip tersebut ada yang tidak kalah penting, yaitu manfaat. Dengan prinsip yang matang tentunya akan menghasilkan manfaat yang bak juga, entah untuk lingkup pertanian maupun lingkup lingkungan manusia.

Beberapa manfaat pertanian berkelanjutan antara lain, yaitu produksi hasil pertanian yang stabil sepanjang tahun, dapat mencegah terjadinya kerusakan lingkungan, keuntungan ekonomi yang berupa penghematan biaya, hasil produk pertanian lebih sehat, dan kelestarian ekologi lebih terjaga.

Di sini ada beberapa contoh dari pertanian berkelanjutan, yaitu pengendalian hama penyakit hayati, pemanfaatan agen hayati, pertanian organik, bioteknologi, pertanian terintegrasi

Berikut macam-macam contoh pertanian berkelanjutan, perlu kita sadari pertanian berkelanjutan sangatlah bermanfaat dan banyak menambah nila keuntungan bagi lingkungan, sektor ekonomi, sektor pertanian dan untuk kehidupan manusia serta umat banyak. 

Dapat disimpulkan juga bahwa mesin oven gabah (benih padi) di sini sangat memiliki nilai guna yang sangat tinggi sehingga dapat mempengaruhi tingkat perekonomian bahkan sampai pada meningkatkan pertanian berkelanjutan.

Terimakasih. Semoga bermanfaat teman-teman :)