Pemuda adalah suatu generasi penerus bangsa yang menjadi harapan bagi kemajuan bangsa. Peran pemuda sangat penting karena produktivitas pemuda dalam membawa perubahan yang sangat signifikan dan bagi bangsa Indonesia, generasi muda juga menjadi tonggak bagi kemajuan dan pembangunan bangsa Indonesia serta berhasil dalam mengusir para penjajah.

Hal ini sudah terjadi dari masa perjuangan sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia, bagaimana para pemuda negeri ini memberikan kontribusinya dalam meningkatkan semangat perjuangan untuk mengusir penjajah dan mampu mencapai cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia. Maka dari itu dalam kesempatan kali ini akan membahas peran pemuda dalam membangun negeri dan sebagai penerus generasi bangsa.

Sejarah masa lampau menjadi bukti bahwa kegigihan para pemuda dari masa ke masa sangat berperan aktif dalam memperjuangkan dan membangun negeri ini, kegigihannya untuk memperjuangkan kemerdekaan sampai titik darah penghabisan. Oleh sebab itu, mengingat kembali apa saja peranan pemuda dimasa sejarah tersebut sangat penting sebelum mengetahui atau memahami peran pemuda sebagai generasi bangsa saat ini.

Peran pemuda dalam sejarah yang pertama adanya pergerakan Budi Utomo pada tahun 1908. Setelah itu diperkuat dengan adanya peristiwa sumpah pemuda yang terjadi pada tahun 1928 dan menghasilkan sebuah ikrar sumpah pemuda yang menjadi tonggak utama pergerakan pemuda seluruh Indonesia. Terlebih lagi banyak bermunculan pergerakan pemuda, pelajar, dan juga mahasiswa yang berhasil meruntuhkan kekuasaan orde baru pada tahun 1998 yang mampu mengantarkan bangsa ini pada era reformasi.

Di dalam sejarah membuktikan bahwasannya pemikiran pemuda sangat penting dalam mengantarkan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan. Namun pada era Globalisasi sekarang ini pemuda tidak lagi dihadapkan dalam problematika melawan penjajah namun peran pemuda sekarang bagaimana caranya dalam menghadapi kemajuan teknologi pada saat ini jika pemuda tidak mampu mengikuti kemajuan jaman maka akan tertinggal dan sulit untuk memberikan perubahan terhadap bangsa ini.

Selain itu pemuda juga harus mampu memfilter dirinya dalam menggunakan media dan teknologi yang ada jika tidak maka bangsa ini akan mengalami dan merasakan penjajahan yang kedua kalinya karena bangsa barat sekarang bukan lagi membombardir dalam menjajah namun mereka menjajah dengan cara yang halus dengan kemajuan teknologi. Namun selain itu peran utama pemuda saat ini di antaranya yaitu:

1. Agent of Change

Peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa Indonesia adalah Agent of Change atau agen perubahan. Yaitu pemuda Indonesia harus mampu mengadakan perubahan-perubahan yang nyata dan menuju ke arah yang lebih baik dalam lingkungan masyarakat, baik didaerah maupun secara nasional.

2. Agent of Development

Peran pemuda selain menjadi agen perubahan, pemuda juga harus Agent of Development yang artinya mengedepankan pembangunan baik didaerah maupun nasional. Harapannya dengan adanya pembangunan di berbagai bidang Indonesia mampu dikenal dalam dunia internasional karena pembangunan yang merata dan bagus untuk mobilitas bangsa Indonesia.

3. Agent of Modernizations

Peran pemuda yang selanjutnya adalah menjadi Agent of Modernizations atau agen pembaharuan, yaitu pemuda Indonesia harus mampu membaca perubahan zaman yang semakin canggih dan akan berpengaruh besar dampak nya bagi bangsa Indonesia contoh perubahan teknologi yang semakin hari semakin pesat kemajuannya.

4. Membangun Bidang Pendidikan

Peran pendidikan sangatlah penting demi mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang tertuang di dalam isi Undang-Undang Dasar 1945. Yang mana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa maka pemuda sudah seharusnya dan berkewajiban untuk meningkatkan daya belajarnya sehingga ilmu yang mampu membawa perubahan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju.

5. Memiliki Rasa Nasionalisme dan Semangat Juang yang Tinggi

Sudah semestinya pemuda menanamkan rasa nasionalisme dan semangat juang yang tinggi dengan melakukan hal-hal yang berprestasi dan tentu membanggakan nama Indonesia di kancah internasional. Pemuda juga dituntut agar selalu memiliki tujuan dan sikap optimis dan terhindar dari rasa pesimis karena ditangan pemuda yang akan menentukan suatu Negara akan maju atau mundur.

Dari beberapa peran pemuda di atas kita sebagai pemuda harapan bangsa harus mampu memahaminya dan juga diupayakan untuk dilakukan dengan langkah nyata demi kemajuan bangsa baik dimasa lampau maupun dimasa depan. Dari beberapa peranan di atas juga bahwa memang benar seorang pemuda adalah tonggak utama dan berperan aktif dalam upaya pembangunan dan perubahan Indonesia menuju yang lebih baik lagi.

Maka oleh sebab itulah pemuda dianggap sebagai bagian yang penting dalam meneruskan cita-cita bangsa ini, karena dengan adanya pemuda peran-peran penting seperti, pemuda berperan di dalam mengisi kemerdekaan dan menjadi suatu langkah nyata pemuda dalam menyelamatkan bangsa Indonesia dari para penjajah yang menyengsarakan rakyat Indonesia namun sekarang sudah tidak seperti dulu lagi.

Harapannya para pemuda Indonesia mampu terus kompak dalam membangun negeri dan mampu menuangkan pemikiran-pemikiran dan ide-ide inovatif yang mampu membawa perubahan bagi bangsa Indonesia. Sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju sehingga dunia pun tidak akan menganggap sebelah mata bangsa ini.