Bisnis jual beli secara online memang sangat digemari belakangan ini oleh pelaku usaha. Budget yang minim, ruang usaha yang tak harus luas, efektif dan efisien dalam mengelola produk, kontrol penuh pada media sosial maupun website, dan keamanan menjadi sebuah pertimbangan tersendiri bagi para pelaku usaha.

Di kutip dari salah satu media online Indonesia, mengatakan bahwa tahun 2017 merupakan tahun yang matang bagi usaha jual beli online. Artinya, sudah semakin banyak pelaku usaha online yang di dukung oleh berbagai macam situs dan aplikasi e-commerce. Tahun 2017 juga merupakan tahun dimana para pemain lama di tuntut untuk berinovasi dan pemain baru berusaha untuk menghadirkan sebuah niche yang bisa dikatakan “kekinian”.

Kehadiran bisnis jual beli online tak lepas hubungannya dengan perusahaan jasa pengiriman dan logistik sebagai pendukungnya. Bisnis jual beli online merupakan sebuah bisnis yang menjanjikan bagi  perusahaan jasa pengiriman dan logistik, karena tanpa adanya perusahaan jasa pengiriman, barang tidak akan sampai ke tangan konsumen di seluruh pelosok Indonesia. Perusahaan jasa ini pun sangat beragam dan saling membuat inovasi antara perusahaan satu dan perusahaan jasa pengiriman lainnya.

Lalu Apa Hubungan Kertas dan Perusahaan Jasa Pengiriman?

Sebagai salah satu perusahaan yang bertujuan untuk mendukung ekonomi berkelanjutan, perusahaan jasa pengiriman ini juga masih menggunakan kertas sebagai salah satu media untuk mencetak resi sebagai bukti pengiriman barang. Resi tersebut, biasanya terdiri dari dua rangkap, 1 lembar untuk konsumen dan 1 lembar untuk perusahaan.

Di sisi lain, dengan adanya kemajuan teknologi di segala bidang industri membuat semua jenis perusahaan beralih menggunakan sistem digital sebagai basic work. Akan tetapi fakta yang terjadi di lapangan, beberapa perusahaan masih menggunakan kertas sebagai salah satu media bisnisnya seperti yang dilakukan oleh perusahaan jasa pengiriman.

Dalam hal ini, kertas masih sangat kuat kaitannya dengan perusahaan jasa pengiriman. Bukankah perusahaan jasa pengiriman sudah beralih pada sistem digital? Ternyata sistem digital yang digunakan hanya sebatas aplikasi dalam pengecekan dan pelacakan barang yang di kirim. Alangkah lebih baiknya jika semua proses transaksi yang digunakan beralih menggunakan sistem digital demi terwujudnya paperless system.

Beberapa isu terkait penggunaaan kertas dalam jangka panjang adalah global warming, deforestasi, dan penebangan pohon. Walau bagaimanapun keadaan era digital ini, kertas tetap tidak bisa hilang dan dilupakan penggunaannya dalam beberapa industri ekonomi berkelanjutan.

Fakta Lain Tentang Kertas

Ada sebuah fakta yang mengejutkan mengenai kertas, jadi setiap 15 rim kertas dengan ukuran A4 akan membutuhkan 1 pohon, dan setiap 7000 eksemplar koran akan membutuhkan 10-17 pohon hutan. Dengan adanya fakta tersebut, lalu muncul pertanyaan ada berapa lembar kertas yang digunakan dalam satu hari? Itu artinya terkait dengan jumlah pohon yang di tebang sebagai bahan dasar dari kertas.

Indonesia merupakan sepuluh terbesar dalam produksi kertas dan bubur kertas. Cara untuk meningkatkan jumlah produksi kertas dan pelestarian lingkungan terjadi secara bersamaan, sehingga pemerintah memiliki tugas yang cukup sulit untuk menangani hal tersebut.

"Kami juga Mendorong pengembangan industri pulp yang terpadu dengan Hutan Tanaman Industri (HTI), terutama di arahkan ke kawasan timur Indonesia. Di samping itu juga pemberian insentif melalui tax holiday ataupun tax allowance, pemberian harga gas tertentu, serta peningkatan pemanfaatan bahan baku non kayu dan peningkatan efisiensi produksi,” papar Dirjen Industri Agro Kemenperin Panggah Susanto

Diperkirakan pada 2020, kebutuhan kertas dunia kemungkinan mencapai 490 juta ton, atau naik sekitar 24,3%. Pada prediksi tersebut, akan menjadi sebuah peluang bagi industri lokal untuk meningkatkan volume produksi. Ketua APKI (Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia) Misbahul Huda  mengatakan bahwa, untuk memajukan industri pulp dan kertas ini, kita perlu dukungan regulasi yang positif bagi pengusaha.

Pemerintah akan memberikan dukungan penuh terhadap industri lokal khususnya industri kertas. Dalam hal ini, apakah pemerintah sudah memikirkan mengenai dampak positif dan dampak negatifnya? Tentu saja sudah.

Hal yang Dilakukan Oleh Perusahaan Jasa Pengiriman

Selama ini, beberapa hal yang dilakukan oleh perusahaan jasa pengiriman hanya sebatas untuk meningkatkan pelayanan dan mengembangkan inovasi, semata-mata dilakukan untuk kepentingan keuntungan dan kemajuan perusahaan.

Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Budi Paryanto mengatakan bahwa, “Perusahaan jasa kurir ini juga ingin mengefisiensikan biaya logistik, mereka buat divisi kurir sendiri dalam organisasi. Dengan demikian pasar kami berkurang, karena mereka bisa mengirimkan sendiri barang tanpa melalui perusahaan kami”.

Pada kuartal pertama tahun 2017, volume jasa pengiriman telah tumbuh sekitar 14,7%. Jika dibanding tahun 2016, terjadi peningkatan intensitas perdagangan 5,7 kali lipat (iDEA dan Taylor Nelson Sofres), tutur Budi.

Banyak sekali hal-hal yang dilakukan untuk mengimbangi persaingan antar perusahaan jasa pengiriman tanpa memikirkan penggunaan kertas. Sebetulnya, beberapa inovasi yang dilakukan semata-mata untuk mendukung ekonomi berkelanjutan pada bidang jasa pengiriman dan logistik.

Kertas pada Era Digital

Tidak ada salahnya apabila di era digital ini, semua perusahaan beralih menggunakan peralatan dan beberapa pendukung lainnya dengan media digital. Resi pengiriman yang digunakan oleh jasa pengiriman, kedepannya dapat ditampilkan pada mobile application pada perusahaan jasa pengiriman dan logistik tersebut. Dengan cara tersebut, penggunaan kertas menjadi sangat minim dan mengurangi biaya perusahaan jasa pengiriman dalam pembelian kertas.

Di sisi lain, apabila penggunaan kertas menjadi sangat minim, maka industri kertas akan kehilangan konsumen dan menyebabkan industri kertas tersebut lama-lama akan gulung tikar. Sedangkan industri ini juga merupakan kegiatan dalam meningkatkan pendapatan ekonomi.

Ekonomi berkelanjutan memang sangat beragam dan memiliki bidang masing-masing. Ada beberapa industri yang saling berkaitan antara industri satu dan industri lainnya seperti pada industri kertas dan perusahaan jasa pengiriman. Apakah kedua industri tersebut memiliki nilai negatif? Tentu saja tidak sepenuhnya negatif. Ada beberapa sisi lain dari kedua perusahaan tersebut yang memiliki nilai positif bagi masyarakat, lingkungan, dan para pelaku usaha.

Kedua industri tersebut merupakan industri yang mendukung ekonomi berkelanjutan di Indonesia. Keberadaan resi pengiriman pada perusahaan jasa pengiriman tidak bisa dipungkiri. Kertas memang memiliki andil yang sangat besar dalam beberapa industri lainnya di era digital ini. Peran kertas yang begitu besar belum bisa tergantikan keberadaannya dengan media lainnya.

Sebagai warga negara yang tidak memiliki otoritas dalam penanggulangan kelestarian hutan, kita harus mencoba meminimalisisr penggunaan kertas seperti menggunakan kertas dua sisi, menggunakan kertas bekas apabila akan mencetak dokumen yang tidak terlalu penting, memaksimalkan penggunaan email sebagai pengganti surat dan pengiriman laporan, menyimpan dokumen dalam bentuk digital, optimalkan kertas koran sebagai pembungkus apapun, dan menggunakan kertas dengan bahan dasar daur ulang atau kertas yang berbahan non kayu.