Secara umum kita mengenal diplomasi budaya sebagai cara negara memperkenalkan budaya nasional ke dunia. Diplomasi budaya merupakan rangkaian dari kegiatan diplomasi disuatu negara.

Pada dasarnya diplomasi budaya dapat memberikan kesempatan bagi praktisi untuk membangun dan memperkenalkan identitas nasional keluar negeri. Ryniejska (2000) menekankan bahwa diplomasi budaya secara umum diterima sebagai manajemen merek dan pembentukan identitas.

Dalam sejarahnya, lembaga yang menaungi diplomasi budaya muncul sejak awal abad ke—20, beberapa negara juga mendirikan Lembaga khusus budaya, salah satunya Inggris mendirikannya atas prakarsa diplomat Inggris Sir R. Leeper pada tahun 1934 (Erik Panjtinka, 2014).

British Council didirikan tahun 1934, keputusan pembentukan British Council dilandasi misi untuk menyebarkan dan memperkuat pengaruh Inggris melalui hubungan budaya dari waktu ke waktu, mempromosikan apresiasi terhadap budaya dan peradaban Inggris secara luas dengan mendorong pertukaran budaya, pendidikan, dan lainnya antara Inggris dengan negara lain. (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 2014).

Diplomasi budaya merupakan cara untuk dapat memperkenalkan budaya dengan menjalin hubungan dengan negara lain dan melakukan promosi budaya. Inggris telah melakukan promosi budaya melalui penyiaran BBC World Service dan mendirikan British Council di berbagai negara.

Hal tersebut disampaikan dalam sebuah Laporan yang dibuat oleh University of the West of Scotland bekerja sama dengan DHA Communications dan Institute of Cultural Diplomacy (ICD) menyebutkan bahwa Lembaga-lembaga yang ditugaskan untuk memproyeksikan nilai-nilai budaya Inggris secara internasional yaitu British Council dan BBC World Service, lembaga tersebut dirasakan semakin terlihat terlibat dalam diplomasi budaya karena ada kepentingan nasional.

BBC World Service merupakan penyiaran terbesar didunia, dengan tayangan di televisi, radio dan online lebih dari 30 bahasa dan dengan jangkauan global 269 juta orang setiap minggu, jalur penyiaran seperti ini sering disebut sebagai aset soft power yang penting. King’s College London, 2017).

Dalam situs resmi bbc.co.uk mencatat, saluran BBC World News memperoleh keuntungan signifikan hingga mencapai 112 juta - dengan pertumbuhan di Amerika sebesar 50%. Bahasa BBC World Service naik 13% menjadi 292,1 juta dengan peningkatan besar dalam keterlibatan digital di antara pemirsa berusia 15-24 tahun yang kini mencapai sepertiga dari total.

BBC News Hindi sekarang menjadi layanan terpopuler kedua dengan 25m - di belakang bahasa Arab dengan 42m (+ 67%). BBC Cina melihat peningkatan 141%, Rusia naik 32% dan BBC Mundo 40%. Kenaikan persentase besar lainnya termasuk Serbia (+ 327%), Yoruba (+ 166%) dan Afaan Oromoo (+ 143%).

Dan berikut ini adalah 10 perigkat audience dari berbagai negara tahun 2020.

Sumber : bbc.co.uk

BBC News menyumbang 438,4 juta dari total dengan peningkatan tahunan sebesar 13%. Sebanyak 151 juta pengguna kini mengakses BBC News secara digital menurut Global Audience Measure tahunan yang mengukur berapa banyak orang yang dihubungi BBC setiap minggu dengan konten berita dan hiburannya di tahun 2019/20.

Sumber : bbc.co.uk

Tony Hall, Direktur Jenderal BBC mengutarakan bahwa melalui BBC World Service adalah salah satu ekspor budaya Inggris yang palin pening dan salah satu sumber dalam pengaruh global Inggris.

Bahkan di Portland, laporan British Council mencatat bahwa BBC World Service dipilih sebagai aset yang layak dipuji sebagai aset soft power Inggris.

Media penyiaran internasional memang dianggap sebagai penyampaian informasi paling fleksibel di era saat ini. Melihat peningkatan audience pada BBC World Service, pemerintah Inggris terus mendorong penyiaran internasional untuk meningkatkan citra positif dan promosi budaya.

Sementara Indonesia baru meluncurkan penyiaran internasional pada tahun 2020 lalu yang bernama Sea Today. Dituliskan dalam kanal online CNN Indonesia, soft launching SEA Today atau Southeast Asia Today dilaksanakan oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Mentri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (periode 2019-2020).

Program ini disajikan dalam Bahasa Inggris, dan direncanakan didistribusikan ke 10 negara, beberapa diantaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan.

Disampaikan oleh Erick Thohir, kehadiran SEA Today diharapkan dapat menjadi media baru untuk menampilkan citra positif Indonesia serta membuka mata dunia terhadap potensi dan prestasi Indonesia, baik dari sisi kekayaan alam, masyarakat maupun budaya. Dan dapat berkontribusi pada pertumbuhan berbagai industri di Indonesia serta perekonomian nasional.

            Diplomasi Budaya yang dilakukan Inggris melalui penyiaran internasional telah membuktikan keberhasilan berdasarkan menciptakan citra negara yang dilakukan negara. BBC World Service telah dijangkau ratusan juta orang setiap tahunnya.

Dan Indonesia dalam hal ini merupakan pemain baru untuk memperkenalkan budaya ke dunia melalui penyiaran internasional “SEA Today”. Meskipun begitu, Indonesia tetap optimis untuk terus memperkenalkan warisan budaya ke negara lain.

Marta Ryniejska – Kiełdanowicz, Ph.D. menyimpulkan bahwa diplomasi budaya merupakan promosi suatu negara melalui budaya, ide, sejarah, seni, sistem nilai dan tradisi yang dipahami secara luas.

Banyak cara untuk dapat melakukan promosi, salah satunya dengan menggunakan media penyiaran baik online maupun offline. Baik menggunakan internet ataupun tanpa internet.

Di era globalisasi saat ini banyak kemudahan yang didapatkan dalam menyampaikan budaya kepada khalayak lebih luas, budaya yang dikemas melalui diplomasi budaya dapat disampaikan melalui penyiaran dengan menggunakan teknologi.