Di era digital saat ini perkembangan akses teknologi memberikan manfaat untuk keberlangsungan karir dan pekerjaan, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi dan juga komunikasi digital dalam membangun dan mempromosikan diri (personal branding) di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, TikTok dll. 

Apa itu Personal Branding ? Personal Branding adalah tindakan dalam kehidupan seseorang yang berperan aktif dengan cara menunjukkan dan mempromosikan citra diri, dengan memperlihatkan perpaduan antara keahlian dan pengalaman sebagai tolak ukur penilaian seseorang terhadap citra kamu sendiri.

Dapat dikatakan pula, personal branding merupakan praktik memasarkan diri dan karir sebagai merek dengan berfokus pada peningkatan diri yang mendefinisikan kesuksesan sebagai bentuk pengemasan diri. 

Selain itu, personal branding dapat mengatur kehidupan diri sendiri tanpa harus bergantung dengan orang lain serta hal ini menjadi sangat penting untuk membantu seseorang dalam proses perjalanan karirnya seperti menemukan pekerjaan, client, ataupun dalam membangun sebuah bisnis. Lalu apa saja peran pentingnya personal branding di era digital saat ini, yuk disimak baik-baik ya ulasannya. 


1. Mampu Meningkatkan Kepercayaan 

Dengan menciptakan personal branding yang baik dapat meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap dirimu, seperti dengan memotivasi dan mendorong orang lain untuk sama-sama maju dengan melakukan interaksi positif di berbagai media sosial. Sehingga Sobat dapat lebih mudah mendapatkan kesempatan-kesempatan menarik dalam hal mencari pekerjaan ataupun pengembangan bisnis. 

Dilansir dari Forbes pada tahun 2017, sebanyak 40% pimpinan HR (Human Resources) akan memilih calon karyawan yang aktif menggunakan media sosial secara profesional untuk memenangkan proses rekrutmen. 

Maka dengan memiliki citra positif yang efektif dan komunikasi yang baik di media sosial akan membuat banyak orang percaya dan yakin untuk bekerjasama dengan kamu dan tentunya akan menghasilkan loyalitas dan kredibilitas yang semakin tinggi di mata orang lain. 

2. Lebih Mudah Diingat 

Dengan melakukan personal branding yang kuat, kehadiran kamu akan lebih mudah diingat orang lain lho Sobat. Terlebih apabila Sobat sudah menemukan karakter yang unik atau value yang berbeda dari orang lain serta menjadikannya sebagai ‘nilai jual’ yang akan membuatmu dapat bersaing baik dalam pengembangan bisnis kamu maupun meningkatkan jenjang karir dalam dunia kerja. 

3. Memperluas Jaringan Relasi 

Dalam memperluas jaringan relasi Sobat bisa memulai dengan bergabung dalam komunitas yang mendukung karirmu, seperti komunitas kerelawanan, kemasyarakatan ataupun komunitas dalam lingkungan sekolah dan kampus.

Di sana Sobat dapat berbagi ide, bertukar pikiran, berkolaborasi, berkreasi, serta dapat menemukan teman baru bahkan rekan bisnis. Dan tentunya akan berpengaruh positif terhadap personal branding kamu. 

Pastinya dengan memiliki pengaruh positif dari banyaknya orang yang mengenali kamu dan terkesan dengan kehadiranmu serta semakin banyak koneksi yang kamu buat, akan semakin banyak pula nilai yang akan Sobat berikan dalam interaksi yang dilakukan. Dengan begitu, Sobat bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk bertemu dengan orang-orang penting dan berpengaruh di luar sana melalui jaringan relasi yang kamu bangun dengan baik. 

4. Peluang Karir Lebih Baik 

Dengan melakukan personal branding secara efektif dapat memupuk jiwa kepemimpinan yang cukup kuat terhadap diri kamu. Melalui konsistensi personal branding pula Sobat juga berkesempatan memperoleh peluang karir yang lebih baik. Dan dengan ide-ide cemerlang yang Sobat lontarkan cenderung lebih mudah dikomunikasikan ketika orang lain sudah tertarik dengan kepribadian yang kamu miliki. 

5. Lebih Mengenal Diri Sendiri 

Dengan berupaya keras membangun personal branding di era digital, maka secara otomatis Sobat dapat memahami kelebihan dan kekurangan diri kamu sendiri. Artinya, Sobat dapat menemukan jati diri yang sebenar-benarnya. Tanpa melakukan pemahaman terhadap diri sendiri, maka Sobat akan kesulitan untuk menentukan tujuan dan potensi terbaikmu untuk ditonjolkan. 

Sobat bisa melakukan refleksi di hadapan cermin dengan kondisi pikiran yang tenang dan memanfaatkan untuk mencari tahu kepribadianmu serta potensi tersembunyi yang Sobat miliki demi menjadi pribadi yang lebih baik. Maka dengan pemahaman yang baik atas diri sendiri, kamu pun akan lebih mudah melakukan evaluasi terhadap apa yang perlu diperbaiki dan dipertahankan dari dalam diri kamu.

6. Membangun Rasa Percaya Diri dan Optimis 

Dua hal positif ini dapat menjadi modal yang kuat untuk kamu meraih segala target ataupun hal-hal yang dicita-citakan. Karakter yang kuat juga dapat membangun rasa percaya diri dan juga rasa optimis yang tinggi, dengan terus fokus meningkatkan prestasi, pencapaian dan pengalaman atas diri sendiri. Maka dengan seperti itu personal branding yang kamu bangun akan semakin baik. 

Nah, inilah beberapa poin mengenai pentingnya personal branding di era digital saat ini. Apabila Sobat belum memiliki personal branding yang bagus, maka mulailah membangun personal branding sedini mungkin dengan kemampuan dan keahlian yang kamu miliki. Semoga dengan artikel ini  personal branding kamu bisa jauh lebih baik lagi.