Setelah melewati proses seleksi dan penjurian yang cukup ketat, panitia lomba esai ”Cerita tentang Kertas" akhirnya mendapatkan nama-nama pemenang. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan latar belakang dan profesi yang beragam, seperti mahasiswa, dosen, karyawan, peneliti, dan pelajar.

Lomba esai ini merupakan kerja sama antara Qureta dan APP Sinar Mas. Lomba ini merupakan bagian dari agenda tahunan dalam rangka merefleksikan kebutuhan manusia akan kertas.

Sejak dibuka pada 15 November 2017 dan ditutup 10 Januari 2018, panitia lomba menerima lebih dari 700 naskah. Naskah-naskah tersebut kemudian dikurasi tim editor hingga terpilih 630 naskah yang diterbitkan.

Dari naskah-naskah itu, panitia kemudian melakukan seleksi awal dengan membuat daftar pendek (short list). Daftar inilah yang menjadi acuan tim juri dalam menentukan nama-nama pemenang yang akan dinobatkan sebagai juara 1, 2, dan 3, serta 8 juara harapan.

Penilaian lomba didasarkan pada beberapa kriteria yang sudah ditentukan, seperti relevansi tema, orisinalitas gagasan, kualitas dan gaya penulisan, serta kreativitas dalam penyajian isi.

Berikut nama-nama finalis (beserta judul naskah) yang disusun berdasarkan abjad:

  1. A.S. Rosyid - Ganja, Kertas dan Ketakutan-Ketakutan Kita
  2. Faustinus Handi - Benarkah "Paperless" Lebih Hijau?
  3. Juliardi Ahmad - Riwayat Kematian Buku dan Tangisan Pohon
  4. Keszya Graciella - Gara-Gara Paperless Society, Industri Kertas Meredup
  5. Lelly Andriasanti - Hilangkan Kecanduan Gadget pada Balita dengan Kertas
  6. M Musa Al Hasyim - Dunia Imajinasi Itu Bernama “Kertas”
  7. M Yusuf - Pulp dan Kertas, Produksi yang tak Pernah Usai
  8. Miftah Risal - Argumen Memasabodohkan Paperless Society
  9. Ongky Arista UA - Paperless Society, Dunia yang Kelebihan Maaf
  10. Riandy Aryani - Ganja, Penebus Dosa Mahasiswa terhadap Kerusakan Hutan
  11. Zanial Fahmi Firdaus - Hidup tanpa Kertas, Bijakkah?

Pengumuman ini sekaligus undangan bagi para peserta lomba dan pembaca untuk menghadiri acara penganugerahan. Acara akan diadakan pada Senin, 29 Januari 2018, pukul 12.00-15.00 WIB di Gedung Sinar Mas, Thamrin, Jakarta.

Para finalis wajib mengirimkan CV lengkap ke email [email protected] dan melakukan konfirmasi kehadiran pada acara pengumuman pemenang ke nomor: 0813-8977-2847 (Evi). Konfirmasi paling lambat Sabtu, 27 Januari 2018, pukul 08.00 WIB.

Untuk para finalis, selamat dan terus berkarya.


Konfirmasi kehadiran: 0812-933-996-33 (Bintang)