Pandemi COVID-19 berlangsung lama di Indonesia sudah melebih dari satu tahun. Pemerintah sudah mengupayakan berbagai protokol kesehatan yang bertujuan untuk memutus rantai penularan COVID-19. Sesuai aturan pemerintah setiap orang wajib melakukan 3M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan). Pandemi COVID-19 tidak hanya dialami di Indonesia saja, tetapi di seluruh dunia juga mengalami pandemi COVID-19. 

Di tengah pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, dunia pendidikan harus tetap mendapatkan perhatian khusus agar tidak terkena dampak buruk dari pandemi. Karena, dunia pendidikan akan menjadi generasi penerus yang menentukan masa depan bangsa.

Dengan perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi sektor pendidikan yang menjadi faktor penting dalam menyelesaikan masalah pendidikan saat pandemi ini. Teknologi yang semakin modern dalam dunia pendidikan yang dapat memberikan kemudahan informasi serta penyampaian materi sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak menjadi kendala khususnya, pada saat pembelajaran yang dilakukan dengan jarak jauh.

Semakin berkembangnya teknologi di dalam dunia pendidikan, akan memberikan pengaruh atau dampak pada pendidikan. Berbagai macam pengaruh baik dari sisi positif ataupun negatif sudah dapat dirasakan oleh peserta didik maupun pendidik. Dampak yang dirasakan akibat pandemi ini juga membuat pendidikan di Indonesia mulai bereksperimen dengan menciptakan beberapa teknologi pendidikan yang menunjang pembelajaran serta turut aktif mengikuti revolusi industri 4.0.

Metode Electronic Learning (E-Learning)

Menurut Ardiansyah, 2013 E-learning adalah suatu sistem pembelajaran yang digunakan ialah sebagai sarana ialah sebagai proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka dengan secara langsung antara pendidik dengan siswa/i .

Metode E-Learning merupakan suatu cara dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik, dan menggunakan internet sebagai perantara dalam proses pembelajaran. Sedangkan Blended Learning adalah suatu cara dalam proses belajar mengajar yang menggabungkan, mengkombinasikan, dan memadukan sistem pendidikan konvensional dengan sistem yang serba digital.

Diterapkannya metode elektronic learning (e-learning) menjadi suatu pilihan terbaik bagi dunia pendidikan. Berbagai institusi pendidikan saat ini mulai memanfaatkan teknologi, dan menerapkan sistem pembelajaran online untuk menunjang aktivitas pembelajaran. Penyajian sistem pembelajaran elektronic (e-learning) berbasis web ini lebih interaktif, dan bersifat borderless, inilah yang memungkinkan aktivitas pembelajaran bisa dilakukan secara efektif, dan efisien. Sistem E-Learning dilakukan guna untuk memutus rantai penularan COVID-19.

Di mana sistem pembelajaran bisa dilakukan di mana saja tanpa harus tatap muka. Sistem pembelajaran ini salah satu menggunakan media jaringan komputer. Dengan dikembangkannya jaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis web, sehingga kemudian dikembangkan ke jaringan komputer yang lebih luas yaitu internet. Penyajian E-learning ini membuat siswa lebih bisa untuk berlajar mandiri, dan lebih fleksibel.

Efektivitas E-Learning

Metode E-learning ini sangat efektif untuk memberikan penugasan karena dengan menggunakan metode E-learning, siswa dapat dengan mudah untuk mengumpulkan tugas. Namun, dalam penyampaian materi, metode pembelajaran E-learning ini tidak seefektif dengan metode pembelajaran tatap muka secara langsung. Hal ini karena, ada beberapa materi yang harus disampaikan secara langsung.

Selain itu, materi yang disampaikan dalam E-learning ini belum tentu dapat dipahami langsung oleh siswa. Maka dari itu, untuk mengefektifkan pembelajaran E-learning dalam hal penyampaian materi maka guru harus mampu membuat model, dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswanya. Misalnya melakukan perencanaan pembelajaran E-learning dengan sarana pendukung seperti jaringan (network), modul pelatihan E-learning, dan lainnya

Meningkatkan Inovasi Dan Kreativitas

Sistem pembelajaran di sekolah yang dilakukan oleh pendidik dapat memunculkan, dan mengembangkan kreativitas sehingga dapat lebih mudah diterima oleh peserta didik. Dengan berbagai inovasi pembelajaran yang diterapkan akan membuat peserta didik lebih semangat, dan tertarik mempelajari berbagai mata pelajaran yang diajarkan.

Disamping itu, pendidik juga dapat memanfaatkan membuat inovasi pembelajaran yang beragam  karena terdapat banyak dari berbagai media internet sehingga inovasi pembelajaran yang sudah diciptakan berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam belajarnya.

Dalam hal ini inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dapat meningkatkan produktivitas sekolah dalam menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Karena dengan adanya bermacam inovasi pembelajaran melalui media online yang dapat menarik peserta didik untuk belajar lebih aktif serta dapat mengembangkan ide pemikirannya.

Dalam meningkatkan minat siswa untuk belajar, maka haruslah seorang guru mampu memberikan metode pembelajaran yang asik supaya siswanya tidak merasa bosan. Misalnya dengan menggunakan metode hibur, seperti siswanya diminta untuk menonton atau membaca novel sebagai cara untuk mendapatkan informasi pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diujikan.

Selain itu dapat pula menggunakan aplikasi game pembelajaran seperti aplikasi kuis. Di mana guru akan meminta siswanya untuk mengerjakan kuis yang sesuai dengan materi pembelajaran kemudian akan dijanjikan sebuah hadiah jika siswanya menjawab semua dengan benar. Hal ini akan muncul inovasi siswa untuk belajar dengan keinginan memenangkan kuis tersebut.

Kolaborasi Antara Dosen, Dan Mahasiswa

Penggunaan teknologi komunikasi yang semakin canggih dalam pendidikan membantu  antara dosen menjangkau mahasiswa dengan mudah, dan juga membantu sesama mahasiswa secara setiap saat. Fleksibilitas dalam interaksi, dan komunikasi antara mahasiswa dengan dosen ini akan membantu mempermudah dalam menyelesaikan tugas.

Untuk meningkatkan kolaborasi antara mahasiswa, dengan dosen, maka dapat dilakukan dengan metode kolaborasi sederhana yang dilakukan dengan percakapan membahas materi pembelajaran dengan menggunakan video call atau melalui chat pribadi.

Melalui kolaborasi antara dosen, dan mahasiswa dapat memberikan keuntungan bagi mahasiswa, yaitu : mahasiswa mendapatkan pengalaman bekerja sama bukan hanya dengan teman sekelasnya melainkan juga bersama dosennya, kolaborasi antara dosen, dan mahasiswanya ini biasanya mendorong motivasi, dan semangat kompetitif, mahasiswa juga mendapatkan banyak materi pembelajaran dari dosen.

Kolaborasi antara mahasiswa, dan dosen diharapkan mempermudah mahasiswa dalam menyelesaikan tugasnya ataupun penelitian yang dilakukan. Dengan adanya kolaborasi dalam hal penelitian akan sangat membantu, dan keuntungan bagi mahasiswa, diantaranya : membantu mempercepat proses penelitian ilmiah yang dilakukan, meningkatkan kapasitas penelitian ilmiah, terbuka  kesempatan berbagi dalam fasilitas, meningkatkan kualitas dari hasil penelitian.