Seperti yang kita lihat angka pengangguran di Indonesia semakin meningkat. Pengangguran sering kali menjadi masalah dalam perekonomian, karena dengan adanya pengangguran. 

Produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.

Pengangguran merupakan masalah yang pokok dalam suatu masyarakat modern, dan pada umumnya pengangguran disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada.

Jika tingkat pengangguran tinggi, maka sumber daya menjadi terbuang percuma dan tingkat pendidikan masyarakat merosot. 

Situasi ini menimbulkan kelesuan ekonomi yang berpengaruh pada emosi masyarakat dan kehidupan keluarga sehari-hari.

Maka dengan adanya permasalahan tersebut, Pendidikan Luar Sekolah memiliki kedudukan yang sangat penting di dalamnya untuk mengatasi pengangguran yang berlebihan. 

Cara mereka menyelesaikan permasalahan tersebut ialah dengan membuka berbagai program–program pelatihan atau yang lainnya yang akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Pengangguran adalah kelompok angkatan kerja yang ingin bekerja, tetapi belum beruntung mendapat kesempatan untuk bekerja ( belum mendapat kesempatan bekerja ). 

Ada beberapa masalah yang dianggap sebagai penyebab timbulnya pengangguran. Dampak Dari Timbulnya Pengangguran. Membuat Jumlah pengangguran yang terus meningkat setiap tahun ke tahun. 

meningkatnya pengangguran ini secara umum disebabkan oleh adanya pertumbuhan jumlah kesempatan kerja yang tersedia tidak bisa mengimbangi pertumbuhan jumlah angkatan kerja yang terus semakin meningkat.

Ketidakseimbangan antara aspek penawaran dan permintaan baik dari segi jumlah dan kualitas dapat menimbulkan akibat pengangguran yang serius. 

Pengangguran yang sudah sangat kronis dan bersifat struktural pada umumnya akan membawa dampak negatif terhadap pembangunan lingkungan, sosial, ekonomi dan politik pada suatu negara. 

Pengangguran yang sudah bersifat struktural ini sangat berpengaruh terhadap pencapaian kesejahteraan masyarakat.

Apabila dilihat dari perkembangan perekonomian, dampak pengangguran terbagi menjadi dua aspek, yakni dampak pengangguran terhadap suatu perekonomian negara dan dampak pengangguran terhadap perekonomian individu itu sendiri.

Dampak pengangguran terhadap perekonomian individu dan masyarakat yang mengalaminya adalah pengangguran menghilangkan mata pencaharian dan pendapatannya individu maupun masyarakat. 

Jika seseorang itu menganggur, jelas tidak memiliki mata pencaharian. Tanpa mata pencaharian, ia akan kehilangan sumber pendapatan. 

Hilangnya mata pencaharian dan pendapatan akan menimbulkan kerawanan sosial karena setiap individu senantiasa dituntut memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri dan keluarganya.

Pengangguran juga dapat menghilangkan keterampilan. Misalnya, Anda adalah seorang karyawan suatu perusahaan. 

Keterampilan yang Anda miliki akan terus meningkat apabila terus digunakan. Jika tidak digunakan, keterampilan yang Anda miliki lambat laun akan menghilang dengan sendirinya apabila Anda tidak bekerja atau menganggur.

Pengangguran akan menimbulkan ketidakstabilan sosial dan politik. Tingkat pengangguran yang tinggi menggambarkan banyak masyarakat yang kehilangan pendapatan. 

Namun, mereka tetap dituntut memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri dan keluarganya. Untuk itu, mereka akan melakukan segala cara demi terpenuhi kebutuhannya. 

Hal inilah yang akan menyebabkan kerawanan sosial, seperti pencopetan, perampokan, dan tindakan kriminal lainnya. 

Pengangguran yang tinggi akan menyebabkan ketidakpuasan masyarakat sehingga dapat menimbulkan unjuk rasa, demonstrasi, bahkan hura-hura sehingga keadaan politik menjadi tidak stabil.

Seperti yang kita lihat pada zaman sekarang, banyak orang atau masyarakat yang berlomba-lomba untuk bersekolah, demi mendapatkan suatu pekerjaan yang layak untuk suatu saat nanti. 

Jika Lapangan pekerjaannya yang sempit tentu percuma saja. Bisa kita ambil contoh di tempat tinggal saya, misalnya di Tapan, Pesisir Selatan. 

Di Tapan bisa dikatakan sebagian  orang-orang atau masyarakat di sini yang bersekolah tinggi, demi mendapatkan pekerjaan yang bagus. 

Padahal di Tapan lowongan pekerjaan sangat sempit bahkan bisa dikatakan sangat kekurangan lowongan pekerjaan.

Di Tapan banyak sekali orang-orang yang sudah bersekolah tinggi menjadi pengangguran karena di Tapan masih berkurangnya lapangan pekerjaan. 

Hanya orang-orang tentu yang bisa mendapatkan pekerjaan tersebut, misalnya orang tersebut mempunyai kemampuan dalam bidang tersebut dan juga bisa karena bantuan orang dalam.

Sehingga orang-orang di Tapan sekarang memilih untuk tidak bersekolah tinggi, menurut mereka percuma sekolah tinggi-tinggi ujung-ujungnya masih menjadi pengangguran.

Di Tapan kebanyakan mata pencarian atau sumber kehidupan masyarakatnya adalah pertanian dan perkebunan. Seperti sekarang ini di Tapan sedang mengalami musim penghujan, membuat masyarakat mengalami krisis keuangan.

Jika terus begini maka membuat masyarakat tersebut susah untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari, apalagi bagi masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah.

Dalam mengatasi pengangguran dalam mengatasi masalah pengangguran yang semakin meningkat, pendidikan luar sekolah memiliki peran yang sangat besar untuk mengatasi masalah tersebut.

Dalam mengatasi masalah pengangguran tersebut pendidikan luar sekolah dapat digunakan dengan lebih efisien dan efektif untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. 

Baik segi ekonomi, segi sosial dan segi pendidikan, sehingga itu juga dapat untuk memecahkan masalah yang mendesak.

Dalam memecahkan suatu permasalahan pendidikan luar sekolah mencoba melihat berdasarkan kasus dan kebutuhan yang dialami sesuai dengan karakteristik pada masyarakat.

Pendidikan luar sekolah membuat sebuah program belajar yang dikembangkan untuk mengembangkan sumber daya manusia. 

Dimana pengembangan sumber daya manusia tersebut merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan luar sekolah guna memberikan pendidikan, keterampilan dan pelatihan pada masyarakat.

Sehingga dengan adanya keterampilan dan pelatihan tersebut dapat berguna bagi masyarakat untuk mencari nafkah agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari.