1 bulan lalu · 120 view · 3 min baca menit baca · Media 50025_75222.jpg

Inovasi Pemasaran Digital pada Era Industri 4.0

Pemasaran Digital adalah teknologi internet untuk menghubungkan konsumen, pemasok, rekan bisnis, dan karyawan menggunakan situs website penjualan, intranets, extranets dan rantai pasokan, dan data elektronik IP. Pemasaran digital membawa perubahan dalam prinsip pemasaran tradisional. 

Dengan adanya pemasaran digital, memudahkan produsen maupun konsumen untuk memperoleh keuntungan dan kepuasan tersendiri. Adapula penerapan pemaran digital yaitu pada sektor kesehatan, infrastruktur, UMKM, penerbangan, kuliner, dan lain-lain. 

Pada artikel ini akan dibahas mengenai penerapan pemasaran digital yang diharapkan akan bertahan untuk beberapa tahun kedepan atau adanya inovasi-inovasi baru di masa depan yang dapat mengembangkan sistem pemasaran.

Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial seseorang ataupun kelompok organisasi untuk mendapatkan apa yang diinginkan dengan menciptakan ataupun bertukar nilai suatu produk. 

Pemasaran pada era zaman ialah berbeda - beda. Pada masa kini perlu adanya strategi inovatif untuk menarik konsumen dan menciptakan keuntungan dari hubungan dengan konsumen. Keinginan konsumen akan mudah berubah seiring berkembangnya zaman, sehingga pemasaran harus lebih dinamis mengikuti adanya perubahan itu. 

Internet menjadi salah satu sarana pemasaran yang paling efektif digunakan dan diminati oleh konsumen.Di era sekarang ini, internet menjadi salah satu kebutuhan utama khususnya untuk pemasaran. Penggunaan internet dalam dunia pemasaraan atau pemasaran berbasis web merupakan bagian dari e-marketing. 

E-marketing adalah elemen strategi yang bergerak dimana kegiatan pemasaran dilakukan dengan menggunakan komputer pada lingkungan yang berbasis internet. Pada masa kini ada beberapa perusahaan besar yang menggunakan internet sebagai sarana pemasaran seperti Google, Yahoo, Alibaba, Tokopedia, Amazon.

Baca Juga: Menjadi Guru 4.0

 Pemasaran sekarang tidak berpaku dengan cara tradisional namun sudah berkembang dengan cara digital. Maka tidak heran jika sekarang banyak yang melakukan usahanya atau praktik jual beli dengan menggunakan internet, yang disebut dengan e-commerce

Karena teknologi sangat berperan penting dalam dunia pemasaran masa kini dan teknologi bersifat sangat dinamis. Oleh karena itu kita kali ini akan membahas mengenai beberapa inovasi untuk strategi pemasaran di masa mendatang.

Pemasaran digital adalah istilah yang digunakan untuk kegiatan pemasaran barang dan jasa menggunakan teknologi digital untuk menginformasikan kepada konsumen. Internet digunakan sebagai media promosi utama, bersama dengan metode periklanan tradisional termasuk TV, radio dan lain-lain.

Pemasaran mencakup berbagai metode seperti situs web perusahaan, penjualan online, email ke pelanggan, dan membeli dengan ponsel. pemasaran digital adalah teknologi internet untuk menghubungkan konsumen, pemasok, rekan bisnis, dan karyawan menggunakan situs website penjualan, intranets, extranets dan rantai pasokan, dan data elektronik IP. 

Beberapa manfaat menggunakan pemasaran digital adalah biaya yang lebih efisien, menghemat waktu, dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan dapat lebih dipahami oleh masyarakat.

Digital marketing lebih prospektif untuk memungkinkan para calon pelanggan potensial dalam memperoleh informasi. Disis lain, digital marketing memudahkan pebisnis memantau ataupun menyediakan segala hal yang diinginkan dan dibutuhan oleh calon konsumen.

Namun adapula beberapa tantangan menghadapi pemasar digital,adalah sebagai berikut:

  • Proliferasi saluran digital. Konsumen menggunakan banyak saluran digital dan beragam dalam 1 perangkat.
  • Mengintensifkan kompetisi. Saluran digital relative murah dibandingkan media tradisional, membuat mereka dalam jangkauan hampir setiap bisnis dan setiap kalangan. Akibatnya menjadi jauh lebih sulit untuk menarik perhatian konsumen.
  •  Besarnya volume data. Konsumen meninggalkan berbagai jejak di saluran digitalnya. Dapat membantu konsumen dalam mengambil keputusan yang tepat.


Sebelum menerapkan pemasaran digital alangkah baiknya jika membuat perencanaanya terlebih dahulu. Rencana pemasaran internet akan membantu menentukan tujuan e-marketing yang lebih spesifik dan dapat mengembangkan strategi untuk memastikan bahwa sumberdaya yang digunakan cukup untuk mengambil keuntungan dari peluang pemasaran yang terdapat pada sistem Internet. 


Terdapat beberapa media channel pemasaran digital yaitu ada Search Engine Optimatizion (SEO), Search Engine Marketing (SEM).

Search Engine Optimization (SEO) adalah mengaktifkan situs web untuk menampilkan hasil teratas pencarian berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. SEO juga memudahkan konsumen untuk memperoleh informasi dan mendapatkan produk yang diinginkan, di sisi lain bagi pemilik usaha.

 SEO dapat dijadikan sebagai evaluasi dan menelusuri apa yang banyak dicari atau diinginkan oleh konsumen. Dan bahkan SEO masih sangat digunakan untuk 30 tahun kedepan, dan mungkin bahkan akan jauh lebih canggih lagi dibanding sekarang. SEO akan menjadi lebih canggih dengan adanya pemindaian wajah, ataupun suara untuk memudahkan konsumen mencari apa yang ingin dibeli.

Adapun dalam bidang kesehatan,pemasaran digital memiliki peran penting dalam mempromosikan berbagai fasilitas kesehatan ,contohnya di Dubai. yaitu dengan adanya aplikasi kesehatan yang berisikan informasi  profil dokter, rumah sakit beserta fasilitasnya, ketersediaan obat di apotek terdekat, dan bahkan konsultasi online dengan dokter yang terdaftar di aplikasi tersebut.

 Adapula inovasi dalam bidang kesehatan  yaitu seluruh data kesehatan setiap individu ada dalam 1 sistem data sehingga ketika seseorang periksa dari dokter satu ke dokter yang berbeda, riwayat kesehatan seseorang tersebut dapat dilihat pada sistem tersebut.

Semua itu merupakan bagian dari kemajuan dan perkembangan teknologi industri 4.0. Pada era ini industri memanfaatkan teknologi informasi untuk mempermudah dan memperluas jangkauan pasarnya, salah satunya adalah pada integrasi manajemen pemasaran rantai pasokan.



Artikel Terkait