Perspektif saya tentang pertambangan ialah melukai lingkungan. Penambangan hanya mengeruk keuntungan tanpa memperhatikan alam yang ada di lingkungan masyarakat.

Masyarakat tak akan mendapat manfaat dari pertambangan, kecuali adanya serapan tenaga kerja. Yang ada malah dampak buruk yang diberikan seperti pencemaran lingkungan. Padahal yang melakukan merupakan perusahaan penambangan yang tak bertanggung jawab, yaitu penambangan ilegal.

Pertambangan ilegal merupakan penambangan yang dilakukan oleh masyarakat atau perusahaan dengan mengabaikan izin, senyap dalam melakukan penambangan, serta enggan menggunakan prinsip penambangan yang baik dan sesuai regulasi pemerintah.

Risiko tambang seperti ini jelas akan menimbulkan kerusakan lingkungan yang parah, risiko kecelakaan pekerja yang begitu tinggi, pemasukan bagi pemerintah tak ada, dan memberdayakan masyarakat pun juga tidak. 

Sementara PT Bumi Suksesindo (BSI) dapat menjadi contoh perusahaan penambangan yang bukan pertambangan ilegal. PT BSI merupakan perusahaan pertambangan yang para pekerjanya banyak diisi oleh orang Indonesia, termasuk warga lokal.

Telah memiliki Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP OP) yang merupakan izin untuk melakukan penambangan. Sebab banyak penambangan tak memperoleh izin dari pemerintah.

BSI mempunyai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang merupakan tanggung jawab sosial, baik pada lingkungan maupun pengembangan masyarakat. Seperti adanya bus sekolah dan perpustakaan keliling.

Kemudian ada UMKM Center, beasiswa pendidikan, dan juga berbagai kegiatan lain yang bisa memberdayakan masyarakat, baik dari segi pengetahuan maupun dari sisi ekonomi. Lebih dari 52.000 warga yang terakomodasi oleh CSR ini.

Kalau ada pertambangan yang membuang limbah sembarang, tanpa prosedural yang benar, maka lingkungan akan menjadi hancur. Setelah memanfaatkan lahan yang penuh manfaat, mereka kemudian melarikan diri tak bertanggung jawab. Selain meresahkan, hal ini menjadikan masyarakat terancam. Sebab alam dan kesehatan mereka menjadi pertaruhan.

BSI ingin mengubah perspektif tersebut. Hal ini dilakukan dengan cara mengadakan Mine Tour atau wisata tambang, yang mengajak masyarakat untuk melihat bahwa apa yang dilakukan BSI berbeda.

Saya datang ke tempatnya langsung, di Banyuwangi, Jawa Timur. Dan melihat apakah penambangan di sana merupakan penambangan yang baik. Yang saya lihat bahwa BSI melakukan berbagai CSR. Serta berusaha memperbaiki lingkungan yang telah mereka lakukan penambangan.

Total 2.500 orang yang sudah mengunjungi tambang seperti saya. Mereka tentu datang karena keingintahuan terhadap tambang. Sebab yang ada dipikiran ialah pertambangan kurang baik dari sisi lingkungan dan sosial. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, hingga ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) datang untuk melihat aktivitas penambangan dan mendapatkan keilmuan penambangan.

Prosedur penambangan yang begitu ketat dan disiplin. Bagaimana konsep penambangan yang harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yang berusaha juga untuk ramah dengan lingkungan.

Green Living Concept yang diterapkan ialah konsep health, safety, dan environment. BSI mengutamakan keselamatan para pekerja. Caranya dengan menerapkan peraturan yang harus dipenuhi, agar risiko kecelakan dapat diminimalisasi.

Safety Performance disisipkan dalam benak karyawan. Bahwa keselamatan merupakan hal terpenting. Oleh karena itu, penambangan yang ada dilakukan dengan cermat dan berusaha melakukan yang terbaik.

Penambangan Tanpa Limbah?

Pengelolaan terhadap risiko kerusakan lingkungan diterapkan BSI. Contohnya yaitu tidak adanya limbah. Ada satu danau yang airnya digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti untuk mandi, menyiram tanaman, dan sebagainya. Bagaimana bisa seperti itu?

Mas Alif selaku warga lokal, dan seseorang yang bekerja di BSI, merasa tenang ketika tahu wilayah bekas penambangan akan segera diperbaiki. Karena penambangan tersebut akan menggali lubang di bukit. Lalu bukit akan ditanami kembali dengan bibit-bibit tanaman lokal daerah sekitar.

BSI berusaha mendekati keadaan semula. Dengan menggunakan tanah dari bukit lainnya untuk menutupi lubang bekas penggalian tambang. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian alam, baik tumbuhan maupun hewan.

Adanya tempat nursery (persemaian), yaitu tempat mengelola bibit-bibit. Bibit yang ada akan dirawat untuk nantinya akan ditanam. Dalam mengelola bibit, ada tim khusus untuk pelestarian lingkungan. Hal ini membuktikan bahwa BSI concern pada lingkungan.

Membuka lahan dan mengembalikannya seperti semula berjalan bersamaan, tidak menunggu pertambangan tutup. Jadi kemudian tidak hanya menunggu tambang yang sudah selesai lalu kemudian dilakukan reklamasi.

Sebelum tambang selesai pun sudah ada usaha untuk pengelolaan lingkungan. Kemudian BSI tidak “asal tambang” yang hanya menguntungkan perusahaan, tetapi memperhitungkan hal yang akan terjadi pada lingkungan ke depannya.

Tidak langsung menanam bibit pohon, tetapi menanam rumput terlebih dahulu, agar tanah tak tergerus, dan bertahan dari erosi. “Menanam pohon, kalau masih panas, kita hold dulu, nanti kalau sudah hujan kita tanam. Tanaman jenis-jenis lokal kita selamatkan,” begitulah yang disampaikan oleh bagian environment department.

“Bibitnya yang diambil dan ditanamkan di bukit itu supaya tidak punah, menjaga ekosistem. Bibit yang sudah agak besar nantinya akan ditanam,” lanjutnya.

Ada sekitar 15.000 bibit yang dikelola dalam upaya memelihara kesehatan lingkungan. Sehingga masyarakat bisa berpikir positif. Bahwa penambangan ternyata memiliki banyak manfaat. Kritik diperlukan, tapi kritik yang membangun untuk menjaga lingkungan bersama.

***

BSI menerapkan disiplin ketat dalam melaksanakan peraturan. Hal ini diperlukan untuk menjaga keselamatan para pekerja, dan juga mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Penambangan yang aman, kemudian berusaha menjaga kesehatan lingkungan, adalah hal yang harus tetap dipegang oleh BSI sebagai kepatuhan dalam melaksanakan kepercayaan masyarakat dan pemerintah. Serta membangun perusahaan yang baik bagi masyarakat dan pemerintah, khususnya daerah Banyuwangi.

Saya belajar bagaimana konsep penambangan yang baik dan melakukan pelestarian lingkungan. Penambangan menjadi penting, sebab material dari benda yang kita gunakan kebanyakan berasal dari bawah tanah yang memiliki banyak misteri.