Ki Ageng Ranggasasana, atau lebih dikenal sebagai Rangga Sasana atau Lord Rangga, adalah seorang tokoh beretnis Jawa yang memopulerkan organisasi Sunda Empire. Dia mulai terkenal setelah menjadi narasumber di acara Indonesia Lawyers Club sebagai petinggi Sunda Empire dengan jabatan sebagai Sekretaris

Jauh sebelum ketenarannya setelah bergabung dalam Sunda Empire, Rangga pernah menjadi Ketua Dewan Bawang Merah Republik Indonesia periode 2011-2016 Ia sempat tampil dalam program Soegeng Sarjadi Forum yang tayang di TVRI pada tahun 2011 dengan jabatannya tersebut

Sunda Empire seketika langsung jadi perbincangan publik ketika terkuak pada 2020 silam. Sementara Sunda Empire diketahui berdiri sejak 2017 yang dipimpin oleh Kaisar bernama Ratu Agung Ratnaningrum sementara Lord Rangga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

Bahkan anggota gerakan ini mencapai 1000 orang. Namun, gerakan Sunda Empire dikabarkan telah dibubarkan polisi lantaran mengandung unsur gerakan sesat di mana adanya hasutan terkait dunia baru.

Rangga sendiri ditahan oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat saat berkunjung ke rumah saudaranya di Tambun, Bekasi pada 28 Januari 2020 Karena Rangga berkelakuan baik, ia mendapat revisi dan asimilasi berkaitan dengan pandemi COVID-19 sehingga akhirnya pada tahun 2021 ia bebas dari Lembaga Pemasyarakatan Banceuy, Bandung.

Setelah bebas, dia viral kembali setelah diwawancarai oleh Karni Ilyas melalui kanal YouTube Karni Ilyas Club. Setelah itu, ia juga diwawancarai dalam siniar yang tayang di kanal YouTube Deddy Corbuzier bersama komika Coki Pardede dan Tretan Muslim.

Rangga kemudian semakin terkenal dan diundang ke berbagai acara di televisi swasta nasional serta kanal YouTube para selebriti sebagai bintang tamu dan mulai mengembangkan kanal YouTube pribadinya, di mana ia kerap mengeluarkan beragam 'teori konspirasi' yang sukses mengundang gelak tawa masyarakat.

1. Sunda Empire Sistem Tata Negara Dunia

Melansir tayangan YouTube Indonesia Lawyer Club, Rangga Sasana menyebut Sunda Empire merupakan sebuah sistem tata negara dunia

“Ini merupakan sistem tata negara dunia,” ujarnya penuh keyakinan.

Lebih lanjut, Rangga Sasana mengungkapkan bahwa awal lahirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berasal dari Bandung.

“PBB lahir di Bandung, Pentagon lahir di Bandung, perlu tahu sejarah Indonesia nanti,” ujarnya.

2. Amerika Merdeka karena Banten

Di podcast bersama Deddy Corbuzier itu, Lord Rangga juga mengatakan bahwa Amerika dimerdekakan oleh Banten, tepatnya oleh sosok Sultan Abdul Mufakir.

“Amerika mandatnya dari mana? Dari Sultan Abdul Mufakir, paman dari Sultan Agung Tirtayasa yang kemudian meneruskan ke Sultan Abdul Mufakir untuk memerdekakan Amerika. Makanya Banten punya seri (plat nomor) A, yaitu Amerika,” jelasnya.

3. Rusia dan Korea Utara Termasuk Sunda Empire

Sosok ikonik ini juga pernah menyebut bahwa Sunda Empire terbagi jadi enam wilayah, salah satunya adalah wilayah Sunda Nusantara di mana Rusia dan Korea Utara termasuk di dalamnya.

“Kurang lebih Sunda Nusantara meliputi 54 negara di dunia. Benua China seluruhnya, kemudian Rusia di dalamnya sampai ke Korea Utara,” ujar Lord Rangga dikutip dari Youtube Alliance Press Internasional.

4. Masyarakat aman dari Titan

Salah satu teori Lord Rangga yang mencuri perhatian yakni ia meyakinkan Deddy Corbuzier, Coki, serta Tretan Muslim bahwa masyarakat aman dari serangan makhluk Titan (makhluk raksasa). Hal ini dikarenakan adanya Defense Council di United Nations (UN) atau Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

“Defense council punya tugas di sana. Kita percayakan kepada UN (United Nations), sudah ada triliyunan dollar untuk gaji mereka, masa masih gak bisa ngatasi,” ujar Rangga Sasana dengan raut wajah penuh percaya diri.

5. Corona berasal dari matahari

Setelah membahas Titan, Deddy Corbuzier dan Lord Rangga pun membahas virus Corona Covid-19 yang kini merebak menjadi pandemi di masyarakat dunia. Kemudian, Lord Rangga pun menyebut bahwa Corona sebenarnya berasal dari matahari.

“Ingat Corona asalnya itu apa? Matahari yang ditutupi oleh Bumi maka terjadi sinar yang berbentuk cincin. Corona diambilnya itu dari matahari. Corona itu sinar yang menjadi cincin, bukan gerhana. Makanya ada hubungannya dengan Sun of Empire,” ungkap Lord Rangga.

Ia pun menyebut bahwa Sun of Empire dapat memberikan solusi untuk kondisi saat ini. Dengan dibukanya matahari dan dijadikan sebagai sumber energi.

“Matahari itu sebagai satu Sunda, Sun. Darul akherat, cahaya akhir zaman dan matahari yang dimaksud Sunda itu adalah api yang abadi. Bahkan saat kiamat saja kita masih tetap ada matahari.” jelas Lord Rangga.

Lord Rangga lahir di Brebes, Jawa Tengah pada 12 September 1967. Ia berasal dari Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kabarnya, Rangga memiliki nama asli Edi Raharjo. Di sekitar lingkungannya, ia disebut memiliki gelar profesor.

Soal pendidikan, Rangga Sasana adalah lulusan Sekolah Pertanian Menengah (SPM) di Baros pada tahun 1980-an. Namanya makin populer.

Tapi ada kabar duka Lord Rangga meninggal dunia pada hari kamis (7/12/2022) jam 05.30