Negara Tiongkok atau China adalah salah satu negara yang memiliki perekonomian maju bahkan bisa dikatakan saat ini merupakan salah satu pesaing terbesar dari Amerika Serikat dalam bidang ekonomi. 

Begitu banyak teknologi dan inovasi produk yang telah dikembangkan oleh mereka, terbukti dengan maraknya produk dari China yang kita temui di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan yang lainnya bersumber dari China.

Dengan banyaknya produk dari China  dengan harga yang murah dan kualitas produk produk yang berkualitas hingga menjamur di marketplace, maka itu merupakan peluang bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari menjual produk - produk tersebut yang dibutuhkan oleh konsumen di Indonesia.

Anda bisa mengamati trend sebuah produk atau menganalisa perkiraan jenis produk apa yang akan laku dan diminati oleh masyarakat Indonesia. Jika sudah menemukan, Anda bisa menyiapkan budget yang cukup untuk berbelanja di salah satu marketplace China. Berikut beberapa tips untuk Anda yang akan mencoba mengimpor produk dari China ke Indonesia, yuk disimak!

1. Cari Produk Yang Diinginkan

Jangan sampai salah dalam memilih produk import supaya tidak merugikan waktu dan uang Anda. Jika memang ingin mencoba import produk, maka sebaiknya Anda memilih dengan cermat produk apa yang akan laku terjual di Indonesia. Beberapa produk yang bisa Anda coba adalah souvenir atau merchandise, case smartphone, baju, sepatu olahraga, charger, dan masih banyak produk lainnya.

2. Jangan Import produk Ilegal

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis produk bisa Anda import dari negara lain khususnya China ke Indonesia karena ada aturan yang berlaku mengenai jenis apa saja yang boleh dan tidak boleh di import ke Indonesia. Taati peraturan tersebut agar Anda tidak terkena masalah hukum.

3. Temukan Jasa Import Terpercaya

Ada baiknya bila Anda pemula dalam hal ini bisa mencari jasa import yang terpercaya bisa melakukan import secara door to door dari China ke rumah Anda di Indonesia. Beberapa jasa import memberikan jaminan produk akan tiba tepat waktu serta asuransi jika ada masalah dengan produk Anda. 

Mereka juga bisa membantu Anda menemukan supplier terpercaya di beberapa marketplace China seperti Alibaba, Taobao, Aliexpress, 1688 dan masih banyak yang lainnya. Dengan menggunakan jasa ini, Anda juga tidak perlu menghitung biaya pajak impor karena mereka dapat membantu Anda secara keseluruhan.

Keuntungan Impor produk Dari China

Jika kita telah mengetahui secara singkat tips mengimport produk dari China, maka berikut ini adalah beberapa keuntungan jika Anda menjadi importir produk dari China.

1. Pilihan Produk Beragam Dengan Harga Murah

Seperti yang Anda ketahui, masyarakat Indonesia umumnya masuk dalam kategori ekonomi menengah ke bawah. Dengan kondisi ekonomi tersebut, mereka akan terfokus mencari harga yang murah dibandingkan kualitas produk tersebut. 

Selain itu, masyarakat kita juga memiliki sifat konsumtif yang ingin membeli produk baru dalam waktu yang singkat. Hal ini jelas menguntungkan bagi importir, apalagi kita ketahui pangsa pasar di Indonesia sangat luas dari Sabang sampai Merauke.

2. Tersedia Marketplace Skala Global

Negara China memiliki beberapa marketplace seperti Alibaba, Aliexpress, Taobao, 1688 dan masih banyak yang lainnya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing platform marketplace tersebut. Anda mempunyai pilihan sehingga bila produk yang Anda cari tidak ditemukan di Alibaba, mungkin Anda bisa mencari di Taobao ataupun 1688. 

Dengan banyak pilihan juga menguntungkan Anda karena terdapat persaingan di marketplace itu sendiri, para supplier akan berlomba memberikan pelayanan berkualitas, garansi produk hingga harga yang murah.

3. Supplier Untuk Perusahaan

Produk yang Anda import dari China ke Indonesia tidak hanya bisa dijual langsung kepada masyarakat saja, namun Anda bisa menjual kembali produk tersebut ke perusahaan yang ada di Indonesia dengan layanan jasa import door to door.

4. Supplier Logistik Untuk Pemerintah Daerah

Importir produk China ke Indonesia dapat menyuplai logistic untuk pemerintah daerah. Dengan cara tersebut, Anda akan mendapatkan keuntungan yang konsisten karena kebutuhan logistik bersifat kontinu.

5. Berbagi Ilmu Melalui Seminar

Jika Anda sudah cukup mahir dalam hal import produk dari China ke Indonesia, ilmu tersebut bisa Anda bagikan melalui pelatihan seminar. Dalam seminar tersebut, Anda dapat membagi pengalaman seputar teknik import hingga keuntungan yang didapatkan dalam hal import produk dari China dan menjualnya di Indonesia. 

Saat ini banyak anak muda yang ingin belajar berbisnis namun tidak tahu arah dan tujuan, dengan mengadakan seminar tersebut mungkin Anda dapat membantu mereka dalam menjalankan bisnis.

Itulah beberapa penjelasan mengenai peluang berbisnis import produk dari China ke Indonesia. Setiap tahun produk China membanjiri pasar Indonesia dengan kualitas yang semakin baik dan harga terjangkau, maka sebaiknya Anda segera mengambil kesempatan tersebut karena kesempatan terbuka luas dan menguntungkan bagi Anda.