Masyarakat endonesia adalah masyarakat yang suka basa-basi. Budaya ini ahirnya merambah ke berbagai bidang, salah satunya gombalan.

Lelaki yang baik pasti tetap ingin menggoda wanita idamannya dengan berbagai cara, salah satunya adalah gombalan. Hal ini dilakukan dengan tujuan membuat si doi ketawa atau sekadar senyum tipis yang manisnya gak habis-habis.

Kebanyakan cowok akan tersanjung saat diberi julukan fakboi (dulu namanya playboy). Fakboi adalah julukan bagi seseorang yang memiliki kemampuan menggombal di atas rata-rata sehingga memiliki banyak gandengan (baca: gebetan).

Namun tidak sedikit cowok yang, alih-alih mendapat julukan fakboi, justru menjadi sadboy atau dalam bahasa Didi Kempot adalah kaum ambyar. Dalam penelitian ala kadarnya yang saya lakukan, salah satu faktor yang membuat hal tersebut terjadi adalah lemahnya skill basa-basi mereka.

Basa-basi memang hal yang sepele, namun tak bisa diabaikan begitu saja. Basa-basi adalah pembuka percakapan. Tanpanya, percakapan tak akan pernah terjadi. Dan jika percakapan tidak terjadi, maka proses untuk mendekati si doi tak akan pernah berhasil.

Karena itu, di sini, akan saya bagikan hasil penelitian ala kadarnya tentang panduan basa-basi dengan cara yang berkualitas.

Sudah makan, belum?

Sapaan seperti itu adalah basa-basi yang sering digunakan oleh beberapa orang yang sudah berumur (baca: tuwek) dan anak kecil yang sok-sokan mengenal cinta. Bagi mereka, basa-basi seperti ini akan sangat efektif dan efisien. Namun untuk kaum milenial, basa-basi seperti ini tidak akan efektif jika diterapkan.

Baca Juga: Basa-basi Cinta

Menjadi perhatian memang sebuah persyaratan dalam hubungan yang harmonis. Namun sok-sokan perhatian tidak termasuk di dalamnya. Ya gimana, kalimat tersebut terkesan sudah digunakan oleh semua orang, jadi ndak spesial lagi bagi kaum milenial.

Salah satu anak milenial yang saya wawancarai mengatakan, memangnya di belahan dunia mana yang ada kasus orang meninggal karena tidak diingatkan untuk makan? Bahkan di Planet Namec, desa Konoha atau Bikini Bottom pun saya kira tidak ada (ha lucu).

Ia melanjutkan, selain terkesan kurang intelektual, gombalan ini juga memiliki banyak celah. Pertama, kenapa cuma diingetin makan saja; kalau dia haus gimana?Kedua, tidak ada orang yang merasa dip erhatikan hanya karena diingetin makan. Huft….

Jadi jika kalian menghadapi kaum milenial, saya sarankan menggantinya dengan pertanyaan yang lebih berbobot. Misalnya, “Coba sebutkan visi misi posyandu”, atau “bagaimana cara mendamaikan konflik di timur tengah”.

Lewat perantara temen dekat si doi

Bukan rahasia umum lagi jika cewek akan lebih terpengaruh oleh kata-kata yang diucapkan “di belakang”. Faktanya, cewek akan lebih sakit hati jika ada omongan di belakang daripada omongan di depan secara langsung.

Nah, berdasarkan fakta ini, kalian bisa menggunakan kesempatan tersebut dengan beberapa pertanyaan, seperti “temenmu cantik ya, masih jomblo gak, dia itu orangnya gimana, salamin dong”. Cara ini akan lebih efisien jika kalian memang kenal dekat dengan temen si doi.

Aku chatan sama kamu gak ada yang marah, kan?

Memang terkesan jadul. Namun memastikan bahwa si doi tidak memiliki pasangan adalah hal yang penting. Jadi basa-basi seperti ini masih sangat relate ya, mylov.

Tapi akan lebih baik lagi jika redaksinya diubah. Contohnya gini, “status kamu kok galau terus, lagi ada masalah sama pasangan ya?", atau "lagi bermasalah nyari pasangan?”. Bisa juga kayak gini, “Kapan terakhir kali kamu malam mingguan? Sudah lama, atau sudah lupa?”.

Dengan pertanyaan pancingan tersebut, maka seharusnya si doi akan mulai bercerita tentang status hubungannya. 

Chat di Instagram lemot nih, pindah WA yuk biar bisa bales cepet dan hemat kuota

Selain agar punya nomor WA si cewek, basa-basi ini juga bisa digunakan sebagai pijakan dalam melakukan pendekatan. Kalau misalkan si doi mau ngasih nomor WA, maka pertanda sinyal kuning dan siap-siap untuk melemparkan gombalan setiap saat.

Mengakui secara tersirat bahwa kalian ingin hemat kuota adalah cara paling elegan untuk mengungkapkan secara tidak langsung kalau kalian memang apa adanya dan tidak ada yang ditutup-tutupi.

Nih pundakku siap kok

Sebagai cowok, kita dituntut untuk selaluuuu peka. Apalagi dalam sebuah pendekatan, kita harus mencari kesempatan sebanyak-banyaknya. Salah satunya adalah ketika si doi membuat caption bertema galau. Langsung sikattt, bosss.

Kata-kata yang digunakan bisa bervariasi, namun secara umum seperti ini, “Pake ajah pundakku nih daripada berdebu dan gak digunain.” Nah, menggunakan basa-basi seperti ini, selain membuat kalian kelihatan perhatian, tersirat ungkapan bahwa status kalian adalah jomlo dan siap membuka hati.

Mengirimkan kata-kata romantis 

Pada dasarnya cowok akan memberikan sesuatu yang bisa membuat si doi cengar-cengir. Nah, salah satu yang mudah diberikan adalah kata-kata. Selain bisa diberikan kapan saja (tidak menunggu ulang tahun atau perayaan lain), kata-kata adalah kado yang paling murah.

Jika kalian tidak berbakat dalam menyusun kata-kata, kalian bisa memanfaatkan kuota internet untuk mencari di Google, kemudian edit sedikit biar agak beda dan makjlebb.

Kata-kata yang biasa jadi andalan, seperti “Hujan masih saja tentang air dan kamu masih milik orang lain”.

Jika ingin agak lebih segar, bisa menggunakan penggalan puisi para penyair, salah satunya milik Jokpin, “mataharimu terbit dari timur, matahariku terbit dari matamu”.

Uwuwuwu

Membuat penasaran

Ketika kita berhasil membuat orang penasaran, otomatis pesan kita akan langsung dibalas. Jadi ndak ada ceritanya dibales lama kalau orang tersebut penasaran. Apalagi sampai ndak dibalas.

Salah satu cara yang bisa membuat si doi penasaran adalah mengirimkan pesan kemudian hapus pesan itu. Ini adalah cara ampuh yang sudah saya terapkan. Setidaknya, dari 23 orang yang saya uji coba, semuanya membalas karena penasaran dengan isi pesan tersebut.

Nah, basa-basi seperti ini sangat berguna bagi kalian yang tidak terlalu pintar memulai percakapan. Tapi ya jangan sering-sering digunakan juga, Bambang, karena jika setiap mau memulai percakapan kalian menghapus pesan yang dikirim, alih-alih pesan kalian dibalas, kontak kalianlah yang bakal dihapus oleh doi.

Semalem aku mimpiin kamu

Ada yang mengatakan bahwa dalam PDKT banyak sekali kebohongan yang dibuat-buat. Semata untuk mendapatkan hati si doi. Dan ini adalah salah satu yang sering digunakan karena sangat efektif.

Ya gimana, ketika sampai memimpikan seseorang, maka terkesan memendam rindu yang sangat menggelora, dan kebanyakan cewek meyakini hal tersebut.

***

Nah, itulah beberapa kiat-kiat agar basa-basi terasa lebih berkualitas. Jika kalian menggunakan basa-basi sesuai dengan prosedur yang ada, saya jamin bakal jadi fakboi kelas atas, kalau dalam Mobile Legend mungkin sudah memasuki level Mythic.

Sekian dan salam pramukaa.