Toleransi Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesiaadalah bersifat atau bersikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan dan sebagainya) yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri. Dalam sendiri toleransi mempunyai arti ikhtimal dan tasamuh yaitu sikap membiarkan, lapang dada (samuha-yasmuhu-samhan, wasimaahan, wasamaahatan, artinya: murah hati, suka berdema) jadi toleransi (tasamuh) beragama adalah menghargai dengan sabar , menghormati keyakinan atau kepercayaan seseorang atau kelompok lain.

Indonesia dengan kultur yang beragam mempunyai banyak agama, suku, dan budaya. Perbedaan itulah yang menjadi nilai tersendiri bagi Indonesia. Indonesia sangat beruntung, dengan beragam perbedaanpun semangat persatuan berhasil mengusir penjajah, Namun kenyataanya pada akhir akhir ini rasa persatuan itu mulai goyah dengan sebab berkurangnya rasa toleransi umat beragama, Dimulai dari perang Sampit  hingga kasus penodaan agama yang dilakukan ahok hingga. Ini sangat mencemaskan bagi persatuan dan kesatuan bangsa, Generasi yang lupa akan sejarah, tak mengerti jika berdirinya Indonesia ini di atas perbedaan, Kebutaan mereka tentang sejarah membuat kacau tatanan negara yang telah diperjuangkan dengan menghabiskan darah dan nyawa. Pancasila sebagai dasar negarapun tak lebih seperti boneka belaka yang tak bernyawa.

Dalam kutipan Ahmad Wahib ia mengemukakan,"Kita kaum intelektual harus senantiasa berhati-hati dalam menjaga sikap dasar kita yaitu: posteriori dan single standard”(Pergolakan Pemikiran Islam, I:27). Selain hal diatas, beliau juga mengemukakan, “Ketajaman kritik kita terhadap umat berhubung dengan general attitude-nya, jangan sampai menjerumuskan kita pada sikap apriori salah dalam menghadapi suatu masalah, sebagaimana kita juga menjauhkan diri dari sikap apriori membenarkan mereka. Kita juga harus benar-benar bisa menjauhkan diri dari nilai ganda (double standard), nilai ganda yang memihak umat Islam ataupun nilai ganda yang memihak bukan Islam.

Toleransi sangatlah berarti bagi Indonesia yang beragam agama, suku dan budaya. Dengan adanya toleransi rasa aman nyaman pun dapat tercapai dalam kehidupan bermasyarakat saling menghargai dan menghormati perbedaan dan tetap mengeratkan tali silaturahmi. Dengan Memahami arti dan makna toleransi, maka kehidupan masyarakat dalam perbedaan dapat dicapai dengan baik.

Dengan bertoleransi kita akan mendapatkan banyak manfaat seperti menjaga persatuan, menghindari perpecahan dan meningkatkan persaudaraan, Toleransi pun juga sesuai pancasila sebagai dasar negara Indonesia, sehingga toleransi wajib adanya untuk dijalankan. Toleransi di nusantara sendiri berawal dari kesadaran pemuda, waktu itu pemuda yang belum mengenal arti kata negara Indonesia berkumpul untuk mempersatukan keberagaman dengan melakukan ikraryang dilaksanakan pada tanggal 28 Ocktober1928 di Jakarta.

Toleransi di Indonesia yang sudah mulai pudar seeloknya dapat mencontoh dari kota Salatiga atau Lamongan yang mempunyai keberagaman dan hidup berdampingan secara aman dan damai. generasi muda yang mudah terdoktrin atau generasi muda yang mudah terprovokasi oleh berita berita hoax yang terpampang di media sosial, Semua itu menjadi sebuah permasalahan tersendiri bagi kehidupan umat beragama dan bernegara. Memperbaiki generasi muda agar kritis, tanggap dan mengerti arti dan makna toleransi. Pemuda sebagai penerus masa depan bangsa adalah peluru atau ujung tombak untuk menciptakan rasa damai  pada persatuan didalam keberagaman.