Perkembangan teknologi yang pesat membawa suatu perubahan disetiap aspek kehidupan manusia salah satunya penggunaan teknologi internet . Media internet berfungsi sebagai salah satu cara menjangkau relasi tanpa dibatasi ruang dan waktu yang menjadi populer didunia komunikasi bisnis saat ini. 

Adanya perubahan teknologi dan pembangunan ekonomi menjadikan faktor informasi menjadi lebih penting daripada faktor produksi. Banyak perusahaan dan organisasi mengalihkan proses bisnis mereka ke situs web dan menyadari pentingnya hubungan pelanggan dengan bantuan sarana elektronik informasi dan komunikasi yang mengarah ke bentuk bisnis elektronik. 

Bisnis elektronik dengan konsep shopping online marak dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan berkembangnya teknologi komuniksi melalui internet.

Belanjan online (online shopping) merupakan sarana belanja atau toko yang menawarkan barang dan jasa lewat internet sehingga pengunjung online dapat melihat barang-barng di toko online. Cara belanja online dengan menggunakan internet baik melalui komputer maupun seluler smartphone . 

Hal ini makin popular bahkan biasa dikatakan sudah menjadi trend masa kini. Pada masa kini berbagai kemudahan berbelanja menjadi hal utama yang ditawarkan melalui online shopping.

Tak perlu keluar ongkos transportasi atau berdesak-desakan ditoko, cukup dengan gadget siapapun sudah dapat berbelanja. Belanja sebagai sebuah fenomena serta aktivitas yang penting dalam kehidupan setiap orang saat ini. 

Perkembangan internet, menjadikan aktivitas belanja menjadi jauh lebih nyaman, karena belanja online telah memudahkan bagi beberapa penggunanya dalam beberapa tahun terakhir.

Ini adalah  fakta umum bahwa disatu sisi, belanja saat ini merupakan kebutuhan yang sangat mendasar di setiap kalangan, tetapi juga merupakan kegiatan yang sangat rumit, karena semua orang ingin memiliki produk terbaik yang ingin mereka beli, atau barang yang berkualitas dengan harga terendah. 

Disamping itu aktivitas belanja online memungkinkan pengalaman mengunjungi toko-toko yang berbeda untuk menemukan barang terbaik. 

Keuntungan paling produktif dari belanja online adalah hal yang memungkinkan seseorang untuk mengakses banyak item dari merek yang berbeda, sehingga keputusan dapat diambil. 

Di Indonesia belanja online semakin hari semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan, tidak hanya dimonopoli oleh belanja barang yang makin hari mengalami perkembangan yang cukup pesat seperti yang tampak mulai dari situs yang menjual handphone, butik, toko buku, makanan hingga ke alat elektronik pun mulai tersedia oleh layanan belanja online.

Keberadaan shopping online melalui pemasaran langsung semakin dirasakan pertumbuhannya dan cenderung dirasakan manfaatnya oleh konsumen yang berpedoman pada kepraktisan, karena memungkinkan melakukan transaksi belanja melalui online. Beberapa manfaat langsung yang bisa dirasakan pembeli yaitu seperti mengurangi waktu untuk berbelanja baik belanja kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan pribadi, mengurangi pengeluaran biaya transportasi.

Disamping itu manfaat belanja online yaitu bebeas dari kemacetan lalulintas, kesulitan parkir, adanya service pelayan toko yang seringkali kurang memuaskan serta antrian pembayaran di kasir yang cukup panjang menjadikan alasan-alasan tersendiri berbelanja online dari rumah makin disukai. Belanja online dapat dilakukan melalui berbagai media seperti blog, shoppe, lazada dan jejaring sosial lainnya. Sedangkan cara belanjanya dapat dilakukan dengan cara melakukan window shopping online pada web yang dituju.

Kemudian pembeli dapat memilih barang yang diinginkan. Setelah itu pembeli kemudian dibawa kepada jendela yang menapilkan tatacara pembayaran yang disepakati dan setelah nominal uang sudah ditransfer maka penjual akan mengirim barang baik melalui kurir (jika wilayah pengiriman masih cukup dekat dengan penjual) ataupun melalui jasa pos. Tatacara belanja online saat ini pada prinsipnya semakin memberi kemudahan bagi para pembeli untuk dapat melakukan transaksi sesuai keinginan mereka.

Pembayaran dapat dilakukan baik menggunakan kartu debit, kartu kredit maupun COD (Cash On Delivery) yaitu pembayaran yang dilakukan ketika barang telah dikirim oleh penjual. Banyak keuntungan yang didapat dengan berbelanja online ini, sehingga masyarakat Indonesia pun sudah mulai percaya dan berani melakukan transaksi online. Namun dalam belanja online ada pula kelemahannya yaitu mengenai situs web yang dikunjungi.

Kita harus benar-benar berhati-hati dalam memilih situs yang ingin kita kunjungi untuk membeli barang yang kita inginkan karena bisa jadi itu adalah sebuah penipuan. Beberapa situs web hanya ingin uang dan tidak akan memberikan apa-apa. Masalah lain dari online shop adalah kualitas barang yang dudapatkan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Namun dalam hal tersebut masih saja banyak kalangan yang berbelanja secara online, salah satu dari study kasus yang saya temui adalah dari kalangan santri.

Para santri seringkali berbelanja secara online yaitu melalui shope, kebanyakan dari mereka sering belanja online membeli kebutuhan pribadi seperti baju, jam tangan, sepatu,jilbab dan lain-lain. Alasan mengapa mereka sering berbelanja secara online, karena menurut mereka belanja online adalah belanjanya yang praktis, dan harga yang ditawarkan cukup murah selain itu, barang yang dipesan diantar oleh kurir sampai kepada  pembelinya. Itulah mengapa dimasa kini lebih banyak kalangan yang berbelanja secara online dibandingkan berbelanja secara langsung.

Online shop memang saat ini telah menjadi gaya baru dalam pemenuhan kebutuhan maupun hasrat belanja seseorang. Sistem digital telah disuguhkan sebagai sebuah kemajuan zaman, dimana segala aktivitas dapat dilakukan dalam dunia baru yaitu cyberspace, melalui belanja online mereka dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga. Sistem yag brjalan dalam transaksi pembelian online sangat memudahkan mereka untuk mendapatkan barang yang dibutuhkanya.

Singkatnya hanya dengan membuka website online shop yang dituju, pilih barang yang diinginkan, lalu melakukan transfer melalui e-banking, proses transaksi mereka pun sudah selesai tanpa harus keluar rumah dan berkunjung ke toko konversional yang bersangkutan.