Pasti kalian semua sudah pernah olahraga bukan? Setiap orang pasti pernah melakukan kegiatan olahraga dari yang ringan hingga yang berat. 

Apalagi di masa pandemi seperti ini sangat bagus untuk menambah imun serta dapat mencegah penularan penyakit. Dengan berolahraga dapat membuat tubuh tetap ideal dan tentunya juga sehat. 

Menurut saya, olahraga sangat penting sebagai salah satu cara agar hidup tetap sehat. Kalau menurut kalian gimana?

Olahraga dapat diartikan sebagai suatu aktivitas menggerakkan fisik hingga mengeluarkan keringat yang dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. 

Dapat dilakukan dari usia dini hingga dewasa bahkan tak jarang juga orang yang sudah lanjut usia masih mampu untuk berolahraga. Tentunya dilakukan dengan porsi dan standart yang berbeda. 

Buat kalian yang belum pernah berolahraga, apa badan kalian ngga pegal-pegal? Ya minimal seminggu sekali melakukan aktivitas olahraga agar badan tetap sehat.

Masih banyak yang beranggapan bahwa olahraga tidak penting dan selalu mengabaikan hal tersebut. Itu sebuah ungkapan dari orang yang malas dan mengabaikan kesehatan tubuh. 

Padahal dengan melakukan olahraga tubuh akan tetap terjaga kebugarannya dan dapat meminimalisir agar tidak terserang penyakit dari yang ringan maupun yang berat. 

Selain itu, dapat menghilangkan stress yang berlebihan akibat tugas atau pekerjaan yang banyak. 

Di luar sana sudah banyak orang yang stress akibat belajar atau bekerja yang tak pernah ingat waktu dan tidak ada waktu untuk olahraga. 

Padahal untuk berolahraga tidak harus membutuhkan waktu yang lama. Bisa juga dilakukan 15-30 menit, itu pun dapat dilakukan di dalam ruangan. 

Hal ini memungkinkan kita untuk dapat melakukan olahraga kapan saja dan di mana saja. 

Di tempat yang sempit pun tidak menghalangi untuk melakukan olahraga dengan gerakan yang ringan saja yang terpenting tetap menggerakkan badan.


Terdapat beberapa penyakit yang sering dialami jika tidak pernah melakukan olahraga dari yang ringan hingga yang berat,

1. Badan kaku dan mudah Lelah (stiff body and easily tired)

Kebanyakan orang yang kurang olahraga badan kaku dan mudah lelah. Tetapi, tidak sadar bahwa itu disebabkan karena kurang olahraga dan hanya disembuhkan dengan obat atau pereda nyeri. Padahal jika berolahraga badan akan terasa ringan dan tidak mudah lelah.

2. Insomnia (insomnia)

Insomnia menjadi ancaman penyakit karena penurunan metabolisme yang disebabkan kurangnya olahraga.

3. Kegemukan (obesity)

Kegemukan menjadi ancaman penyakit yang akan menyerang jika kurang melakukan olahraga. Karena banyak makanan yang dikonsumsi tetapi tidak diimbangi dengan olahraga dan pencernaan yang kurang lancar.

4. Lemak menumpuk di dalam tubuh (fat accumulates)

Kurangnya olahraga membuat kalori dalam tubuh tidak terbakar, dan akan menumpuk dalam lemak. Badan jadi tidak ideal. Jika badan sudah oversize akan sulit untuk menurunkan harus membutuhkan waktu yang cukup lama.

5. Fisik menurun (physical decline)

Fisik akan menurun jika kurang olahraga. Cepat lelah jika melakukan aktivitas yang memerlukan banyak tenaga.

6. Depresi (depression)

Olahraga dapat mencegah stress. Terlalu banyak beban dan mood yang tidak stabil akan mudah mengalami depresi. Kesehatan mental sangat penting dengan olahraga dapat membuat pikiran menjadi tenang.

7. Serangan jantung (heart attack)

Melansir Jhon Hopkins Medicine, risiko terkena serangan jantung akan menurun jika tubuh aktif bergerak. Dari sini dapat dipahami bahwa olahraga menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadi serangan jantung karena menggerakkan seluruh tubuh.

8. Stroke

Dengan melakukan olahraga tubuh akan aktif untuk bergerak. Hal ini dapat membuat cardiovascular dan sistem saraf pada tubuh dapat bekerja dengan baik. 

9. Kanker (cancer)

Melansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kurang olahraga akan memicu terkena kanker. Seperti kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker kandung kemih, dan kanker serviks.


Dari banyak penyakit yang disebabkan karena kurang olahraga. Kalian masih tetap gamau olahraga nih? Apa tidak takut terkena penyakit tersebut?

Banyak yang tidak berolahraga karena menganggap olahraga itu berat. Tidak semua olahraga itu berat. 

Lebih berat jika tidak olahraga kemudian jatuh sakit. Nah, di sini ada beberapa macam olahraga yang dapat dilakukan dari yang ringan hingga berat. Jadi tidak ada alasan lagi untuk malas berolahraga.


Berikut beberapa macam-macam olahraga yang ringan dan berat :

1. Ringan dapat dilakukan di rumah

Olahraga ringan seperti stretching, naik turun tangga, jogging, push up, sit up, berjalan santai, squat, melompat, lompat tali (skipping), plank angkat kaki bergantian dsb.

2. Sedang dan berat dapat dilakukan di tempat khusus olahraga

Olahraga berat seperti berenang, lari jarak jauh, sprint, sepak bola, bela diri, angkat besi, gym, tennis, bulu tangkis, senam, bersepeda dsb.


Gimana nih setelah mengetahui banyak macam olahraga, apakah masih malas juga? Ayo bangkit dan lakukan olahraga minimal seminggu sekali agar terhindar dari serangan penyakit dan tubuh tetap sehat. 

Berolahraga sangat penting. Agar dapat menjalani aktivitas dengan nyaman tanpa beban. Semangat untuk kalian semua, ayo lakukan olahraga.