Dunia Milenial sedang mengagung-agungkan perkembangan zaman. Perkembangan zaman saat ini yang paling menonjol adalah perkembangan teknologi. 

Teknologi selalu dikembangkan manusia guna mempermudah aktivitas manusia. Karena akitivitas manusia yang begitu kompleks, maka teknologi pun berusaha menaggapi permasalahan manusia yang amat kompleks pula.

Salah satu perkembangan teknologi terlihat dari kemajuan smartphone. Mulai awal tahun 2000, muncul teknologi komunikasi yang memudahkan manusia untuk berhubungan jarak jauh dan tanpa kabel. 

Layarnya pun masih berwarna hitam dan putih. Kemudian berkembang, ada warna-warnanya, ada kamera, dan berkembang hingga seperti saat ini.

Sekarang, perkembangan komunikasi lewat smartphone sudah amat canggih. Kita dapat melakukan banyak hal di dalam satu barang tersebut. Malahan, semua kebutuhan kita dapat terpenuhi lewat satu barang tersebut. 

Mengapa demikian? Karena dalam smartphone tersebut terdapat banyak aplikasi yang memudahkan hidup manusia, sebagai contoh Go-Jek dan toko online.

Melalui aplikasi-aplikasi ini, semua kebutuhan kita terjamin. Dalam aplikasi Go-jek, terdapat banyak varian pilihan dan semua itu dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan kita. 

Misalnya, kita sedang lapar, maka dengan menggunakan aplikasi Go-food, kita dapat melihat menu makanan yang tersedia. Kita tidak perlu repot-repot keluar rumah mencari makanan. 

Dengan aplikasi ini, kita hanya duduk manis dan menunggu pesanan kita. Dalam jangka waktu tertentu, makanan itu akan tiba di rumah dan dapat menikmati makanan tersebut.

Tak hanya itu saja, perkembangan teknologi saat ini juga menghadirkan aplikasi baru, yakni E-money, OVO, dan lain sebainya. Melalui perkembangan ini, kehidupan kita malah semakin dimanja. 

Kita tidak perlu repot-repot mengeluarkan dompet di tas untuk membayar sesuatu. Kita tidak perlu repot-repot datang ke bank untuk mentransfer uang pembelian barang. Namun dengan E-Money atau OVO, kita semua dapat membayar segala transsaksi pembayaran secara online.

Perkembangan zaman saat ini memang sangat menjawab kebutuhan manusia yang memiliki banyak sekali keinginan dan memiliki banyak kebutuhan. Teknologi mampu mengatasi permasalahan manusia yang cukup kompleks. 

Akan tetapi, apakah semua kebutuhan selalu memiliki sisi positif atau apakah perkembangan zaman ini memiliki dampak negatif?

Pernahkah Anda membayangkan jika Anda menjadi seorang driver ojek online? Apakah Anda pernah membanyangkan berapa banyak modal yang harus Anda keluarkan untuk menjadi seorang driver ojek online

Berapa banyak pengorbanan yang akan kita lakukan apabila kita menjadi seorang driver ojek online dan membayangkan risiko-risiko ketika ada sedang di jalan? Apabila kita mengkritisi perkembangan zaman sekarang, ada model penindasan masyarakat dengan wajah yang baru.

Penindasan di era milenial tidak sama dengan model penindasan dua atau tiga puluh tahun yang lalu. Model penindasan di zaman ini memiliki wajah yang baru pula. 

Dunia saja berkembang dengan teknologi yang amat canggih, begitu pula dengan model penindasan akan menjadi lebih canhgih dan membuat kita tidak mengetahui apakah hal yang kita lakukan ini menindas orang lain atau menguntungkan orang lain.

Apabila kita berpikir dan mengkritisi lagi tentang perkembangan zaman yang dapat menjawab permasalahan manusia yang amat kompleks ini, sebenarnya sistem aplikasi ini merupakan model penindasan bentuk baru bagi para pekerja, contohnya drive ojek online

Sebelum menjadi seorang driver ojek online, ia harus memenuhi beberapa syarat dan kriteria kendaraan yang nyaman bagi para penumpang. Untuk memenuhi syarat ini, diperlukan modal yang cukup banyak.

Ketika kita menjadi seorang driver ojek online, kita juga harus memenuhi target-terget yang sudah ditentukan oleh sistem tersebut. Sistem ini pun dapat merugikan driver ojek online, karena mereka dituntut untuk memenuhi target tersebut. Apabila tidak memenuhi target tertentu, mereka akan menerima gaji yang tidak banyak.

Selain itu, apabila kita membayar jasa driver ojek online ini dengan menggunakan aplikasi E-money atau OVO, sebenarnya kita sedang merugikan driver tersebut. Mengapa demikian? 

Pernahkah Anda berpikir apabila terjadi sesuatu di jalan, ia harus membeli uang bensin, servis sepeda montor apabila bannya bocor maupun kempes? Dengan apakah mereka harus membayar semuanya itu? 

Apabila kita membayar online, modal mereka akan cepat habis karena harus memperbaiki kendaraan mereka ketika mereka mengantar pesanan kita.

Tahukah anda apabila Anda membayar secara online uang tersebut tidak dapat langsung diambil oleh si drivernya? Mereka dapat mengambil uang tersebut dalam jangka waktu tertentu. Lantas apabila terjadi sesuatu di jalan, dengan uang apakah mereka akan memenuhi kebutuhan mereka?

Maka kita perlu tahu bahwa perkembangan zaman ini memang memiliki dampak positif di kehidupan kita. Namun tidak semua perkembangan zaman ini menguntungkan diri kita. 

Maka hendaklah kita mengunakan semua teknologi dengan pandai dan baik agar kita dapat mencapai kebaikan bersama yang kita cita-citakan.