Meskipun berukuran kecil nyatanya kehadiran nyamuk bisa menganggu kenyamanan dan menimbulkan banyak masalah bagi manusia. Oleh sebab itu, untuk menghindari kondisi buruk semacam itu, banyak obat yang dibuat manusia guna mengusir atau pun membasmi keberadaan nyamuk. Mulai dari obat anti nyamuk bakar, obat anti nyamuk semprot sampai obat anti nyamuk elektrik.

Namun, menggunakan ketiga jenis obat anti nyamuk ini tentu meninggalkan kesan berbeda bagi para penggunanya, termasuk bagi saya sendiri. Dari pengalaman menggunakan ketiga jenis obat anti nyamuk ini, saya akan membandingkan antara obat anti nyamuk bakar, semprot dan elektrik mana yang lebih nyaman saat digunakan.

Obat anti nyamuk bakar

Obat anti nyamuk jenis ini sangat mudah kita temui di warung kelontong terdekat. Harganya pun cukup terjangkau, hanya dengan Rp1.000 rupiah, Anda sudah bisa membawa pulang satu keping obat nyamuk bakar yang berbentuk spiral itu dengan pilihan berbagai aroma mulai dari, natural, lavender sampai fresh scent. Tentu sangat solutif bagi mereka yang punya kantong kempes.

Soal penggunaanya, obat anti nyamuk jenis ini cukup sederhana, hanya dengan membakar ujung obat nyamuk, yang nantinya akan menghasilkan asap. Bahan yang terkandung dalam asap ini lah yang dipercaya mampu mengusir dan membunuh nyamuk.

Meskipun obat nyamuk ini tergolong murah dan efektif mengusir nyamuk. Namun, asap yang ditimbulkan oleh obat anti nyamuk bakar ini sangat mengganggu. Apalagi jika digunakan di dalam ruang tertutup secara terus-menerus, asap yang dihasilkan bisa menimbulkan efek samping seperti batuk, alergi, asma serta gangguan pernafasan lainnya.

Karena bahan-bahan yang dikandung dalam obat nyamuk bakar ini sangat berbahaya, maka disarankan tak boleh digunakan sesering mungkin. Selain membuka jendela atau pintu kamar saat menggunakan obat nyamuk ini, sebaiknya Anda menggunakan beberapa potong bagian obat nyamuk bakar, jika harus berada dalam kondisi ruangan tertutup. Agar asapnya nggak terlalu kebanyakan.

Obat anti nyamuk semprot

Obat anti nyamuk semprot pada umumnya dikemas dalam botol aluminium aerosol. Penggunaannya dengan cara menyemprotkan ke udara di dalam ruangan di mana tempat nyamuk berada. Perihal harga, obat anti nyamuk ini berada di kisaran Rp15.000 hingga Rp65.000 tergantung ukuran botolnya. Dengan berbagai varian aroma seperti: sweet flower, orange, lily blossom dan green forest.

Soal efektivitas nggak bisa diragukan. Setelah menyemprotkan obat anti nyamuk ini, nggak butuh waktu lama, Anda akan menyaksikan secara langsung nyamuk-nyamuk yang beterbangan akan secara perlahan jatuh dan berserakan. Obat nyamuk ini benar-benar solutif buat yang sudah dibikin naik darah sama ulah si nyamuk.

Meskipun sangat ekfektif membasmi nyamuk, sayangnya bau yang dihasilkan obat semprot ini benar-benar sangat menyengat. Bahkan lebih menyengat jika dibandingkan dengan obat nyamuk bakar.

Saran saya, setelah obat nyamuk ini disemprotkan. Usahakan Anda segera meninggalkan ruangan dalam waktu cukup lama, dan tunggu hingga baunya benar-benar hilang. Hal itu disebabkan karena obat anti nyamuk jenis ini pun punya kandungan berbahaya yang bisa memberi efek buruk bagi tubuh Anda. 

Obat anti nyamuk elektrik

Obat nyamuk elektrik umumnya tersedia dalam bentuk kepingan dan cairan yang diuapkan dengan bantuan listrik. Uap yang mengeluarkan aroma khas inilah yang dapat mengusir dan membunuh nyamuk.

Soal harga, alat ini berada di kisaran Rp10.000 hingga Rp30.000 sedangkan untuk refillnya berada di kisaran harga Rp5.000 hingga Rp25.000, dengan varian aroma mulai dari yang classic, floral hingga yang fresh. Saya sendiri lebih nyaman menggunaka yang varian classic ini karena aromanya lembut.

Perihal bau, obat anti nyamuk jenis ini lebih ramah di hidung. Yah, meskipun nggak bisa dimungkiri obat anti nyamuk jenis ini pun juga punya kandungan berbahaya yang bisa menimbulkan dampak buruk bagi tubuh.

Sayangnya, karena mengandalkan tenaga listrik, penggunaan obat jenis ini tentu terbatas. Sehingga saat sedang dalam kondisi mati lampu atau tak ada sumber arus listrik, alat ini nggak akan bisa difungsikan.

Yah, meskipun soal harga, obat nyamuk elektrik masih kalah dengan obat nyamuk bakar yang lebih terjangkau, pun soal efektivitas masih kalah dengan obat nyamuk semprot yang bisa bikin nyamuk mampus seketika. Namun, dari ketiga jenis obat anti nyamuk ini, yang terbaik menurut saya dalam urusan kenyamanan adalah obat anti nyamuk jenis elektrik. Sebab bau yang ditinggalkan nggak terlalu membuat hidung menjerit.

Meski demikian ada satu hal yang patut Anda perhatikan. Walaupun obat anti nyamuk yang satu lebih nyaman digunakan ketimbang yang lainnya. Ketiganya tetap punya kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Sebab itu ada baiknya, saat Anda pengin menggunakan salah satu dari ketiga jenis obat nyamuk ini. Anda harus memperhatikan beberapa hal:

Pertama, jangan gunakan obat nyamuk semalaman. Kedua, gunakan obat nyamuk beberapa menit sebelum Anda memasuki ruangan. Ketiga, buka jendela dan pintu ruangan saat menggunakan obat nyamuk, lalu tutup jika Anda benar-benar sudah yakin tak ada lagi nyamuk yang tersisa.