Hai Sobat Milenial, gimana nih kabar kalian hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat ya. Dan jangan lupa bahagia, hehe.

By the way, siapa nih di antara kalian yang suka rebahan? Sepertinya banyak nih, hehe. Saya juga suka rebahan kok Sobat Milenial. Kalian pasti juga sudah tidak asing dengan istilah kaum rebahan dong ya. Kaum rebahan biasanya ditujukan untuk orang-orang yang banyak menghabiskan waktu di kamar, entah itu nyemil sambil nonton TV, nonton film, atau hanya terbaring asyik bersama smartphone kesayangannya.

Dan tidak jarang nih, kaum rebahan dinilai buruk oleh sebagian orang. Karena ya memang mereka itu lekat dengan istilah mager atau malas gerak. Dan jika dilihat, kaum rebahan memang banyak menghabiskan waktunya untuk terbaring di kasur dan enggan keluar kamar. Padahal, tidak selamanya kaum rebahan seburuk itu lho. Kaum rebahan juga bisa produktif kok.

Mungkin yang terlihat memang hanya duduk atau terbaring di kasur dan bermain smartphone atau laptop saja. Tapi siapa sangka jika di balik itu semua, kaum rebahan bisa saja sedang belajar atau melakukan suatu hal yang bisa menambah skills? Atau mungkin malah ada yang sampai bisa hasilkan cuan, wiihh.

Karena saya sendiri pun mengalaminya. Saya lebih suka rebahan dan menghabiskan banyak waktu di kamar daripada di luar rumah. Meskipun begitu, tidak berarti saya anti sosial ya. Karena saya tetap berinteraksi kok dengan keluarga, teman-teman, tetangga, dan juga saya mengikuti aktivitas kepemudaan di lingkungan saya.

Apalagi di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kan kita jadi tidak bisa leluasa beraktivitas di luar rumah. Hal ini tentu memperbesar potensi kaum rebahan untuk rebahan di rumah dong. Tidur yang cukup memang penting untuk menjaga kesehatan. Jadi tidak selamanya rebahan ini buruk, asalkan tidak terlalu sering saja sih.

Oke, lanjut ke pembahasan selanjutnya ya. Kalian sudah tahu belum, tentang hal-hal apa saja yang bisa dilakukan kaum rebahan supaya bisa dibilang produktif? Kalau belum, mari simak penjelasan saya berikut terkait hal-hal produktif yang bisa dilakukan kaum rebahan ini ya Sobat Milenial.

Berjualan online

Meskipun kaum rebahan, kita bisa lho hasilkan cuan yang banyak. Bagaimana caranya? Salah satunya ya dengan berjualan online. Ketika kita tidak mempunyai produk sendiri, kita bisa lho menjadi reseller. Dan mempromosikan produk lewat sosial media, yang tentunya hobi kaum rebahan juga kan yang suka scroll dan aktif di sosial media.

Menabung pahala

Bagi yang beragama Islam, sambil rebahan kita bisa tuh dengerin sholawat nabi ataupun murotal Al-Qur’an. Ini sih hal yang positif ya. Karena dengan sering dengerin sholawat dan murotal, selain dapat pahala juga bisa banget membantu kita dalam menghafal Al-Qur’an. Jadi, rebahan kita tidak akan sia-sia.

Memperluas pengetahuan

Sambil duduk atau rebahan di kamar, kita bisa tuh memperluas wawasan kita. Misalnya dengan membaca berbagai artikel dari smartphone kita, menonton video-video youtube yang tentunya bermanfaat, atau bisa juga mencari materi yang bisa menunjang aktivitas perkuliahan kita. Itu semua bisa dilakukan dengan rebahan kan Sobat Milenial.

Menulis

Karena banyak menghabiskan waktu di kamar, kaum rebahan bisa memanfaatkan hal ini untuk memikirkan suatu ide dan menuangkannya ke dalam sebuah tulisan seperti artikel, puisi, cerpen, atau yang lainnya. Dengan begitu, rebahan kita bisa lebih bermanfaat dan mengasah skill menulis juga.

Mengambil hikmah dari nonton drakor

Nonton drakor tidak selamanya berdampak negatif lho, ada juga beberapa drakor yang menurut saya justru menginspirasi, memotivasi, dan menggairahkan semangat para penontonnya. Seperti drakor dengan judul “Itaewon Class” yang menggambarkan tentang perjuangan tokohnya dalam merintis usaha dari nol hingga sukses, yang tentunya terdapat banyak lika-liku yang harus dihadapi.

Menyambung tali silaturahmi

Saat rebahan, kita bisa tuh menghubungi teman-teman lama kita. Bisa melalui chat WhatsApp ataupun video call. Meskipun hanya untuk sekadar menanyakan kabar, ini sudah bermanfaat ya Sobat Milenial. Karena bisa menyambung tali silaturahmi juga. Selain itu, kita juga bisa menghubungi teman kuliah ataupun teman kerja kita untuk sekadar saling mengobrol.

Jadi, untuk sesekali sih kita boleh memanjakan diri dengan rebahan di kasur setelah lelah menjalani aktivitas pekerjaan atau perkuliahan. Kita boleh-boleh saja rebahan, boleh saja mager, asalkan dalam porsi yang tidak berlebihan ya. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Perlu diingat juga, sebagai kaum rebahan harus tetap produktif dan tidak boleh hanya berdiam diri serta tidak melakukan apapun. Karena kita tentunya juga harus mengejar impian kan meskipun saat ini hobinya rebahan. Yang terpenting sih kita harus bisa mengatur rasa mager ini dengan baik. Jangan sampai rasa mager menghancurkan masa depan kita. Semangat yuk Sobat Milenial.