img_0740.jpg
Foto: floresnusabungatour.blogspot.com
Wisata · 4 menit baca

Nusa Bunga dan Kemolekan Alam Kelas Dunia

Konon dalam cerita-cerita lepas, nama pulau Flores berasal dari kata Flowers yang artinya bunga. Namun dalam perjalanan waktu ada kemungkinan karena lidah orang Flores tidak dapat menyebut Flowers dengan baik maka terpleset menjadi Flores hingga detik ini. Sumber lain menyebutkan kata Flores berasal dari bahasa Portugis yang artinya Bunga.

Pulau Flores juga disebut Nusa Nipa, Nusa artinya pulau dan Nipa artinya Ular. Jadi Nusa Nipa berarti Pulau Ular. Nusa Nipa disematkan sebagai nama lain dari Pulau Flores karena bentuknya yang menyerupai ular. Namun sebutan Nusa Nipa kurang populer dan kurang akrab di telinga masyarakat.

Nusa Bunga (Flores) menyimpan kemolekan alam berkelas dunia. Banyak tempat-tempat indah di Nusa Bungan (Flores) yang bisa anda kunjungi saat mengisi waktu kosong atau liburan bersama keluarga. Tempat-tempat wisata di Nusa Bungan (Flores) masih alami, belum banyak yang tahu karena letaknya berada di ujung Tenggara Indonesia.

Di pulau kecil seluas 14.300 km² dan pulau-pulau kecil sekitarnya terdapat seribu satu destinasi wisata alam, budaya  dan religi berkelas dunia. Destinasi wisata alam di Nusa Bunga (Flores) adalah surga bagi para wisatawan.

Setiap tahun jumlah wisatawan yang berdatangan dari berbagai belahan dunia mencapai 82.000 orang dengan sasaran utama adalah Labuan Bajo dan tempat-tempat lainnya di daratan Flores. Target pemerintah di tahun 2019 akan mencapai 500 ribu wisman yang akan berkunjung ke Nusa Bunga (Flores).

Destinasi wisata alam Nusa Bunga (Flores) menyajikan pemandangan yang memukau, menampilkan keunikan yang mencengankan dan misteri alam yang membuat para wisatawan cungkir balik memikirkan rahasia Sang Pencipta terhadap keindahan alam Nusa Bunga (Flores).

Keindahan alam Nusa Bunga (Flores) tidak ada yang diragukan baik dari sisi kualitas, keunikan dan kehebatannya.

Untuk menikmati kemolekan Nusa Bunga (Flores), para wisatawan mancanegara maupun lokal bisa menentukan arah dan jadwalnya sendiri-sendiri, karena setiap lintasan yang akan dilalui oleh para wisatawan selalu ada objek-objek wisata menarik baik dari sisi keindahan alam, keunikan budaya, religi dan lezatnya kuliner-kuliner khas Flores yang pastinya berbeda-beda di setiap wilayah.

Jika kita ingin mengisi waktu luang bersama keluarga dengan menyambangi dan menikmati kemolekan Pulau Bunga(Flores) dari arah Barat, yang pertama-tama anda akan disambut satwa langka atau binatang purba yang dikenal dengan sebutan Komodo. Kita bisa bercengkrama dengan satwa langka yang hampir puna  dengan sepuas hati.

Saat menyaksikan dan bercengkrama dengan komodo, anda tak perlu kwatir karena akan ditemani pawang komodo yang tentunya sangat profesional. Selain Komodo, masih ada pulau-pulau kecil yang mengapiti pulau Komodo antara lain Pulau Rinca dan Padar yang masuk dalam pulau utama habitat asli komodo.

Ada juga tempat wisata di Nusa Bunga (Flores) yang sudah dikenal banyak wisatawan yaitu Labuan Bajo. Labuan Bajo merupakan pintu masuk menuju Taman Nasional Komodo. Pemandangan di Labuan Bajo menakjubkan, kita bisa menikmati sun set dan kemolekan pulau-pulau kecil di sekitar Labuan Bajo yang sedang bermandikan cahaya senja.

Setelah puas menikmati objek-objek wisata yang berada di Pulau Komodo dan Labuan Bajo, anda akan diarahkan ke Ruteng (Manggarai Tengah) di sana ada Pesona Pulau Mules/putri tidur, Keindahan Pantai Wae Maras, crop Cirkel di Cancar, Liang Bua, gua Manusia Purba Homo Floresnsis dan sejumlah objek wisata alam lainnya.

Sedangkan di wilayah Manggarai timur anda akan menyaksikan Gua Alam Cing Coleng, Gunung Poco Ndeki, Danau Rana Tonjong, Danau Rana Mese, Danau Rana Kulan, Air Terjun Cunca Rende dan Cunca Ncuar serta Air Terjun Ntangis dan Air Terjun Wek.

Tak ketinggalan Kabupaten Ngada juga menyimpan sejumlah pesona wisata alam yang selalu siap menanti para wisatawan yang datang dari berbagai daerah dan negara di dunia. Di sana ada Gunung Inerie, bagi wisatawan yang ingin memacu andrenalin dan punya minat menjajal tingginya Inerie anda akan dipandu menuju puncak impian anda.

Selain puncak Inerie di wilayah ini juga terdapat air panas di Soa dan keindahan alam bawah laut (taman laut 17 pulau) Riung. Bukan Cuma itu, Pulau Kelelawar dan Mbou (biawak) tiga warna juga bisa dijadikan sajian menarik yang memanjakan mata para wisatawan.

Jangan berhenti di sini, jika anda hendak ke wilayah Timur anda akan mendengar seramnya kisah tentang danau tiga warna atau dalam bahasa lokal dikenal dengan sebutan Kelimutu. Keli artinya danau dan mutu artinya warna. Kelimutu merupakah salah satu objek wisata andalan yang sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Keunikan dan seramnya danau Kelimutu yang akhir-akhir ini sering mengalami perubahan warna airnya  selalu menimbulkan tanya dan debat kusir yang berkepanjangan. Sampai detik ini belum ada ilmuwan yang berhasil membongkar atau mengungkap rahasia di balik keunikan danau tiga warna yang menggegerkan dunia.

Mungkin bagi sebagian wisatawan tidak terlalu penting mengungkap rahasia dibalik danau Kelimutu yang paling penting adalah menyaksikan keajaiban alam di Nusa Bunga (Floras) untuk membuktikan bahwa danau Kelimutu adalah salah satu keajaiban alam didunia dan benar adanya.

Bagi anda yang ingin melengkapi perjalanan anda setelah menyaksikan sejumlah keindahan alam di Pulau Bunga dan hendak memuaskan dahaga rohani, juga bisa menikmati keindahan wisata alam, budaya dan wisata rohani di Sikka dan Flores Timur.

Bila anda sudah menjajakan kaki di bumi Tsunami (Maumere-Sikka) anda boleh menimaki deburan ombak di pantai Koka dan hamparan pasir putih yang membentang sepanjang pantai, Keindahan Taman Laut Teluk Maumere, Puncak gunung Egon dan Pantai Neran Watotena, Pantai Labawain, Pantai watohari di Flores Timur.

Jika anda ingin melanjutkan perjalanan ke Pulau Adonara, anda akan menimkati keindahan pantai Adonara dan ingin menyebrang ka Lembata di sana ada tradisi berburu ikan paus, dengan raja laut sebagai objek tontonan.

Selama berada di Nusa Bunga (Flores) dan pulau-pulau di sekitarnya dengan leluasa anda dapat melakukan kegiatan berenang dan menyelam, bermain-main pasir putih menyaksikan indahnya mata hari terbit dan mata hari terbenam.

Anda dapat menyaksikan sejumlah objek wisata andalan berkelas dunia di Nusa Bunga (Flores) sepuas hati. Selain wisata alam yang berhasil menyedot perhatian dunia, di Nus Bunga (Flores) juga masih menyimpan sejumlah keunikan alam, budaya, religi dan kuliner-kuliner khas yang belum disentuh, belum dipromosika dan belum dijadikan objek wisata andalan seperti yang sudah disebutkan dalam tulisan ini.

Nusa Bunga (Flores) menyimpan 1001 keindahan yang membuat dunia penasaran dan ingin menelusuri Nusa Bungan (Flores) dari ujung Timur hingga Ujung Barat. Manfaatkan waktu luang anda bersama keluarga dan nikmatilah kemolekan Nusa Bunga (Flores) sepuas hati. Jangan sia-siakan kesempatan, Ayo! datang dan Nikmati!.