Perkembangan teknologi dan informasi di era sekarang adalah masa di mana teknologi dan informasi mempunyai perkembangan yang sangat pesat di seluruh dunia.

Tentu itu semua dapat memberi dampak baik bagi kita yang sekarang sedang ada di masa pandemi covid yang mengharuskan kita menggunakan media teknologi tersebut.

Tetapi kita juga tidak bisa melupakan dampak buruk yang berkembang dengan cepat seperti bom yang dapat menimbulkan hal-hal yang buruk bagi kita dengan seiring berjalannya waktu.

Maka dari itu, nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan di perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia untuk dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila agar teknologi masih tetap selaras dengan norma-norma yang ada di Indonesia.

Pendidikan merupakan salah satu sarana yang termasuk memiliki pengaruh besar atas perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang pesat.

Dan salah satu Pendidikan yang memegang besar perkembangan itu adalah Teknik Informatika.

Selain teknologi yang semakin tumbuh pesat di Indonesia, generasi-generasi baru dari Pendidikan informatika juga harus bisa mengikuti perkembangan tersebut.

Dan programmer anak bangsa juga harus dapat membuat sebuah teknologi atau aplikasi yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila agar masyarakat tidak melupakan Pancasila itu sendiri.

Semakin berkembangnya teknologi di Indonesia, masyarakat era sekarang bisa dikatakan terlalu adiktif terhadap gadget atau sosial media.

Media sosial bisa menjadi tempat mengobrol dan membahas sesuatu secara virtual, tetapi terkadang hal itu bisa menyebabkan perselisihan ataupun terjadi cyber bullying yang sering terjadi di sosial media. Bagaimana kita bisa merubah hal tersebut jika oknum yang melakukan hal buruk itu selalu bermunculan di sosial media?

Konsep Pancasila sebagai nilai pengembangan teknologi. Penerapan dan pengembangan teknologi di Indonesia dapat berkembang pesat. Namun, kemajuan tersebut tidak dapat diawasi sepenuhnya oleh pemerintah sehingga banyak dampak negatif yang bermunculan di masyarakat.

Dengan hal yang terjadi di atas, Perkembangan teknologi harus mengamalkan nilai Pancasila.

Dan pemahaman tentang Pancasila sebagai pengembangan teknologi dapat dibagi menjadi 3 pemahaman yaitu,

•Setiap pengembangan teknologi yang dikembangkan oleh programmer Indonesia tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

•Teknologi yang dikembangkan di Indonesia harus menyertakan atau mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal pengembangan teknologi dan informasi itu sendiri.

• Nilai-nilai Pancasila yang terkandung pada pengembangan teknologi menjadi rambu normatif bagi pengembangan teknologi dan informasi di Indonesia.

Pentingnya Pancasila sebagai pedoman dasar di perkembangan teknologi

Di era di mana kita harus menggunakan teknologi untuk kehidupan kita sehari hari untuk memenuhi kebutuhannya.

kemajuan teknologi dan informasi yang begitu cepat di Indonesia ini tidak dapat kita hindari, karena perkembangan teknologi selaras atau bersamaan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia diharapkan programmer anak bangsa dapat mengamalkan nilai-nilai dasar Pancasila pada teknologi dan informasi agar memberikan dampak positif pada kehidupan bangsa Indonesia.

Teknologi dan informasi boleh berkembang dengan cepat, asalkan masyarakat dapat menggunakan teknologi itu dengan benar dan tidak membuat kericuhan di media sosial yang dapat memecah persatuan antar umat atau warga di seluruh nusantara.

Nilai-nilai Pancasila yang berkaitan dengan teknologi dan informasi

Bidang Teknik Informatika memegang pengaruh sangat besar di perkembangan teknologi Indonesia.

Programmer anak bangsa juga harus dapat mengikuti perkembangan teknologi yang bisa dibilang sangat cepat.

Selain berkembang mengikuti teknologi yang ada, Programmer anak bangsa juga harus bisa membuat aplikasi atau teknologi yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila di dalamnya.

Dalam perkembangan teknologi ini sebenarnya dapat berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila. Diantara-Nya:

1. Sila pertama

Di negara kita, Agama tidak hanya satu jadi jangan menyinggung satu pihak yang dapat memecah tali persaudaraan di Indonesia.

2. Sila kedua

Di zaman sekarang kita selalu hidup dengan sosial media dan teknologi, jadi masyarakat diharuskan memiliki adab yang baik dalam menggunakan teknologi dan sosial media agar tidak terjadi perselisihan.

3. Sila ketiga

Menciptakan rasa aman dan nyaman pada kehidupan bersosial media jangan sampai kita menyalahgunakan media sosial.

4. Sila keempat

Tidak ada larangan dalam menggunakan media sosial akan tetapi kita harus bisa memanfaatkan media sosial tersebut.

5. Sila kelima

Kita sebagai manusia yang mengikuti perkembangan zaman, harus bijak dalam menggunakan media sosial. Karena hal yang kita lakukan di media sosial dapat menyinggung lebih dari satu pihak dan menyebabkan permasalahan yang serius.

Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dan teknologi di masa depan

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sangat mendominasi dalam kehidupan di masyarakat Indonesia maupun dunia.

Perkembangan iptek mengubah kehidupan manusia semakin mudah dengan bantuan teknologi-teknologi yang sudah diciptakan untuk membantu aktivitas manusia.

Namun perkembangan iptek yang begitu cepat di Indonesia tidak luput dengan dampak negatif yang diciptakan oleh teknologi itu sendiri.

Pancasila sebagai pedoman masyarakat Indonesia dapat menjadi salah satu sumber anak-anak bangsa untuk membuat teknologi atau aplikasi yang mengamalkan nilai-nilai

Pancasila agar masyarakat tetap ingat tentang Pancasila untuk masa sekarang maupun untuk masa-masa yang mendatang karena perkembangan teknologi di dunia ini akan tetap berjalan terus tanpa henti dan berkembang dengan cepat.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa, Perkembangan teknologi yang semakin cepat ini. Begitu banyak hal-hal positif yang dapat kita rasakan.

Sebagai contoh, kita di era sekarang sangat mudah mencari informasi tentang hal apa pun dan kita juga dapat dengan mudah memberi pendapat mengenai hal dan lain sebagainya.

Namun di balik hal positif yang kita rasakan setiap hari. Adapun hal-hal negatif yang timbul karena disebabkan oleh perkembangan teknologi tersebut.

Contohnya saja, kita lupa dengan produk dalam negeri kita yang diakibatkan produk luar negeri lebih banyak tersebar di online shop dan lebih banyak masyarakat yang menyukai produk tersebut ketimbang produk dalam negeri.

Dan generasi-generasi Informatika dan programmer anak bangsa juga harus terus mengikuti perkembangan teknologi yang cepat itu dengan tetap mengamalkannya.

Pancasila terhadap teknologi atau aplikasi yang diciptakan agar masyarakat tetap ingat tentang Pancasila di dunia teknologi.