2 bulan lalu · 425 view · 3 menit baca · Sosok 66758_98591.jpg
https://www.google.com/search?q=hantu+di+minangkabau&safe=strict&client=ms-android-sonymobile&prmd=inv&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwicsp7h5dLhAhXCXisKHUa9DPAQ_AUoAXoECAwQAQ&biw=360&bih=512#imgrc=e-LcHYvm6iTHPM

Ngeri, Beberapa Hantu yang Melegenda di Minangkabau Ini, Konon Masih Bergentayangan Sampai Sekarang

Percaya atau tidak itu hak Anda.

Pernah melihat hantu? Tentu tidak semua orang pernah dong ya! Hantu sejatinya ialah makhluk yang tak kasat mata, sehingga tidak semua orang bisa melihatnya. 

Melihat sosok hantu dianggap sebuah kesialan oleh kebanyakan orang. 

Ingatan ketika sudah pernah melihat hantu membuat seseorang trauma, sehingga tingkat ilusi seseorang yang sudah pernah melihat hantu lebih tinggi dari pada orang-orang yang belum pernah melihat hantu.

Pada dasarnya hantu terdiri dari berbagai macam jenis, ada jenis hantu yang melegenda dan ada juga jenis hantu yang diingat sambil lalu saja. 

Demikian juga di Minangkabau. Ada beberapa jenis-jenis hantu yang sudah melegenda, diyakini ada, dan mampu memberikan efek kepada orang-orang yang bertemu dengan makhluk astral tersebut. 

1. Antu aru aru

Percaya atau tidak, kabarnya antu aru aru ini yang menyebabkan orang-orang tersesat di hutan. Korban antu aru aru ini tak pandang usia. 

Biasanya antu aru aru ini membawa korbannya keatas pohon Aru/Waru yang penuh duri.

Namun yang mengherankan korban antu aru aru ini mampu berada diatas pohon Aru/Waru yang penuh duri tanpa terluka sedikitpun.

Justru waktu penyelamatan korbanlah yang sering terjadi masalah, lantaran harus berhati-hati dari tusukan duri ketika hendak menurunkan korban dari pohon.

Dari keterangan masyarakat Minangkabau yang mengaku pernah melihat antu aru aru, mengatakan kebanyakan dari antu aru aru itu berwujud perempuan.

Supaya terhindar dari gangguan antu aru aru ini, masyarakat Minang memakai baju dengan terbalik ketika berada ditempat yang sepi.

Terlepas benar atau tidak, jika kamu mau selamat dari gangguan antu aru aru ketika berada ditempat sepi, tolong pakai baju dengan terbalik ya guys!

2. Orang bunian

Orang bunian merupakan mahkluk gaib yang keberadaannya dipercaya oleh masyarakat Minangkabau. 

Masyarakat Minang menggambarkan sosok orang bunian mirip dengan manusia, hanya saja orang bunian lebih kecil dari pada manusia biasanya.

Menurut cerita masyarakat Minang, orang bunian tinggal di perbukitan, tempat-tempat sepi, di rumah-rumah kosong yang telah lama ditinggal oleh pengguhuninya.

Masyarakat Minang sendiri meyakini jika ada peristiwa orang hilang di daerah perhutanan maka itu sebabkan ulah orang Bunian.

Konon, orang bunian cuman mau memperlihatkan dirinya kepada orang-orang yang  mereka inginkan saja. 

Bisa jadi orang bunian tersebut akan menculik orang-orang atau sekelompok orang yang mereka inginkan untuk dibawa ke desa gaib orang bunian.

Hati-hati ya guys jika mau menjelajahi keindahan alam di Minangkabau.

3. Palasik kuduang

Menurut kebanyakan masyarakat Minangkabau, hantu palasik kuduang merupakan makhluk gaib yang sering mencari anak-anak kecil untuk dijadikan tumbal. 


Biasanya palasik kuduang ini lebih suka ke anak-anak yang masih balita.

Palasik kuduang dipercaya sering menghisab darah balita melalui ubun-ubun balita tersebut. Sehingga, badan balita yang semula tampak gemuk menjadi kurus. 

Konon untuk mengembalikan badan balita yang semula gemuk, masyarakat minang harus menemui palasik kuduang tersebut untuk dibuatkan gelang besi penangkar palasik kuduang tersebut.

Dia yang menyebabkan penyakit dia pula yang  menyembuhkan, bingungkan jadinya? Tapi begitulah ceritanya dikampungku.

Bila diartikan dalam bahasa Minang palasik adalah orang-orang yang mempelajari dan yang telah memiliki ilmu gaib tingkat tinggi. 

Sedangkan kuduang bila diartikan adalah buntung atau terpotong. 

Palasik kuduang yang dimaksud di sini, bukan berarti badannya terpotong-potong ya guys, melainkan kepala dan organ-organ dalam tubuhnya terpisah dari badan aslinya.

Hantu Palasik Kuduang sendiri memiliki ciri khas yaitu tidak memiliki cekungan di antara hidung dan bibir atau yang sering disebut orang Minang dengan bandar bibir.

4. Sibigau

Sibigau merupakan makhluk astral yang dipercayai masyarakat Minangkabau memiliki kecepatan berlari.

Katanya sibigau ini berwujud seperti monyet (berbulu), namun raut wajah lebih mirip kepada manusia. 


Selain itu, sibigau memiliki kaki dengan tumis terbalik dan memiliki postur badan  lebih pendek dibanding manusia pada umumnya.

Didalam masyarakat Minang, sibigau dikenal sebagai mahkluk halus pemelihara babi. Makanya yang sering melihat sibagau itu orang-orang yang suka berburu babi.

Biasanya sebelum berburu babi, para pemburu babi harus meminta izin dahulu kepada sibigau. 

Meminta izin kepada sibigau merupakan bentuk rasa menghargai kepada sibigau.

Baca Juga: Hantu

5. Hantu pamburu

Dari keterangan teman saya yang kebetulan orang Minangkabau, wujud hantu pamburu  gabungan antara manusia dan anjing, kepada anjing badan manusia.

Hantu pamburu memiliki tiga kepala yang masing-masing kepada mengeluarkan suara yang berbeda-beda.

Adapun, suara yang dikeluarkannya seperti suara anjing menggonggong, suara anjing melulung layaknya suara srigala dan salakan anjing satu kali satu kali.

Hantu pamburu ini sering menganggu waktu istirahat masyarakat Minang pada malam hari. 

Bagaimana tidak, selain mengeluarkan suara anjing, hantu pamburu ini juga mengeluarkan suara seperti gesekan rantai.

Artikel Terkait