Unb'rocken adalah salah satu grup musik rock blues dari Bali. Dibentuk di Ubud. Mengusung tema musik rock blues, Unb'rocken bisa menjadi salah satu pilihan musik yang paling ciamik yang bisa dinikmati. Jika Anda berkunjung ke Bali dan juga mungkin Artisan. Anda bisa menikmatinya di tengah acara bazaar sambil memilih hidangan makan malam dan juga beer tentunya. Sangat menyenangkan suasananya. Dan Anda bisa menikmati mini konser di Artisan ini jika Anda merindukan musik-musik rock dan konsernya juga perayaannya di keseharian.

Bagaimana pun rock adalah genre yang berbeda. Tidak mudah membuatnya, tidak mudah menikmatinya. Tapi simply tanpa simplifikasi, di mini konser di Artisan ini bisa menjadi tempat Anda bersandar! Cie bersandar! Bergandengan tangan maksud saya, dengan "teman". Juga handai taulan. 

Musik rock biasanya digelar tak terlalu panjang, tetapi hadirnya cukup memenangkan jiwa Anda atau sebaliknya mengguncang-guncangnya. Hingga mungkin Anda sadar bahwa ada banyak hal di dunia ini yang bisa dinikmati selain pecel lele dan rawon unyil. Mungkin seperti ayam geprek dan juga dimsum is keju kekinian yang bentuknya seperti bawang. Lucu dan imut! Hahahaha.

Maksud saya adalah banyak di dunia ini tikungan-tikungan tajam yang kadang kita cukup lihai dalam memainkan apa yang kita perankan atau bermanuver ketika hendak berbelok mencari jalan terbaik seperti lagunya Mbak Yuni Shara. Kucari jalan terbaik. Ngomong-ngomong saya baru baca liriknya. Beberapa judul lagu dari Unb'rocken. Ini adalah daftarnya: Kaliyuga, Unbroken, Butterfly, Imagine (Cover). Personil dari band ini adalah; Garenk sebagai vocalist, Komang pada Rythem guitar, Dejuss pada Bass guitar. Pada kesempatan kali ini Unb'rocken meluncurkan single lagunya kembali yakni "Song for Evie" yang bisa dinikmati di kanal Youtube. 

Selain itu, perlu penulis jabarkan dalam artikel ini bahwa Artisan Market dengan program After Dark didirikan oleh Ibu Janet DeNeefe sebagai founder Yayasan Mudra Saraswati Bali. Acara ini akan terus berlangsung sebagai dorongan dan support atau empowerment bagi artis lokal dalam mengenalkan produk-produk mereka. 

Sementara itu Artisan Market juga mendorong berkembangnya entertainment yang diinisiasi anak muda di kancah internasional melalui program yang sangat bergengsi ini. Memiliki nama baik sebagai festival terbesar di Asia Tenggara dan memiliki guests dari berbagai belahan dunia seperti Australia dan Amerika juga Eropa pasti sangat menguntungkan untuk berkembangnya dunia artisan di anak muda di Bali dan tanah air juga sebaliknya, Yayasan Mudra Saraswati semakin established sebagai pembaharu zaman dalam tumbuh kembangnya ide-ide baru segar nian cemerlang di abad yang semakin modern ini. 

Ngomong-ngomong di tahun 2022 ini, pastilah banyak hal yang kita rasakan seperti kembalinya Bali dari kesepian yang teramat panjang selama dua tahun ini sebab pandemi. Alangkah baiknya jika pemulihan ekonomi dan recovery selama dua tahun ke depan dibarengi dengan menjaga keamanan dan kenyamanan bersama. 

Contohnya ketika berkendara di jalan raya. Juga dengan tidak menaikkan harga sewa sepeda motor di Ubud dan Bali menjadi 70.000 dan atau seratus ribu rupiah per 24 jam. Ehem! 

Selain itu, diskon besar-besaran untuk outlet baju dan juga berbagai jasa agaknya bisa menjadi alternatif percepatan pemulihan kondisi ekonomi pasca pandemi. Seperti yang kita tahu bahwa, pandemi begitu kompleks dalam membawa masyarakat kepada masalah yang tak ada habisnya dari hari ke hari.

Seperti kata pepatah, "Marriage is good. But if you are married with the wrong person everyday is like Covid 19". I absolutely agree with this nowadays proverb! Dan masih menjadi segar menjadi semacam pemahaman baru di kalangan anak muda zaman sekarang. Saat ini, banyak wise words di sekitar kita yang bisa memberi semacam understanding pada hal-hal yang mungkin agak absurd dipahami hari-hari ini. 

Di sekitar kita banyak usaha yang cukup dikatakan survive di masa pandemi dalam bertahan dan kembali ramai setelah pandemi. Salah satunya adalah usaha restoran muggle bistro yang dimiliki oleh Indri dan Gilang. Rasanya sangat lezat. Usaha ini adalah usaha kue kukis coklat dan original. Saya merekomendasikan kukis ini untuk disantap. Sebagai kudapan atau sekedar dinikmati di tengah menonton konser ketika Anda cukup penasaran dengan rasanya. 


Muggle Bistro cukup terkenal di artisan selain Kombucha dan Semangka belah. Dan tentu setelah mie ayam sebagai favorit. Tahun ini saya rasa mereka juaranya, juara 1. Setelah smoked beef salad menjuarai beberapa tahun di Artisan. Sementara itu Kinjin cukup esensial keberadaannya tanpa ada subtitusi. Semoga hari Anda menyenangkan ketika Anda di Artisan Market. 

Terkadang beberapa wartawan tidak terlalu pandai dalam membedakan acara artisan ketika Festival di Ubud Writers Festival dan Artisan di luar program festival. Kebanyakan wartawan menyebutnya sebagai program After Dark. Untuk semua acara selain bazar pada malam hari. Sementara itu saya lebih menyebutnya dengan Mini Concert. Cukup menyenangkan jika bisa mengikuti semua acara ini ketika guests starnya mungkin berbeda-beda. Tidak pernah bosan dan cukup menginspirasi.