Fakultas teknik adalah fakultas yang berorientasi pada penciptaan peralatan atau pemikiran yang dapat mempercepat dan memudahkan pekerjaan manusia. Pada fakultas teknik, ilmu yang dipelajari biasa disebut dengan ilmu teknik, ilmu teknik ini umumnya berhubungan dengan ilmu science, yang dasarnya dari ilmu matematika dan fisika. Pada intinya, ilmu teknik adalah ilmu yang mempelajari tentang rancangan dan pembuatan atau pembangunan benda-benda yang dapat membantu dan mempermudah kehidupan manusia pada kehidupan sehari-hari.

Hal ini mencakup dalam pembuatan peralatan modern, transportasi, teknologi, fasilitas umum, hingga sumber daya bisa ditelusuri lebih baik sesuai pada program studi masing-masing yang memiliki penjurusan dalam mempelajarinya. Di sini kita akan belajar bagaimana cara bersikap teliti, tekun, rajin, dan terorganisasi dengan baik. Tidak hanya itu, jurusan pada fakultas teknik adalah jurusan kuliah di Indonesia yang memiliki masa depan cerah dan prospek kerja yang tinggi jika didalami dengan baik dan tekun.

Motivasi saya memilih fakultas teknik dikarenakan fakultas ini merupakan fakultas yang sangat terkenal dan dikenal dengan prospek kerja yang meyakinkan. Saya masuk di fakultas teknik juga adalah cita cita saya sejak SMA, juga dari teman yang selalu memberi kesan baik mengenai fakultas ini, membuat saya tertarik untuk memasuki fakultas ini. Fakultas teknik, sebuah fakultas yang dikenal sangat solid, dan mempunyai kerja sama yang tinggi, serta penuh semangat. Lalu, bagaimana dengan seorang introvert? Apakah mereka juga dapat ambil bagian atau tidak cocok dengan fakultas ini?

Sebelumnya, saat ini saya menulis artikel ini sebagai diri saya sendiri selaku seorang introvert, yang dikenal sebagai sosok yang pendiam dan anti sosial, berbeda dengan sosok anak teknik yang telah saya sebutkan di atas. Saya memiliki alasan tersendiri mengapa saya memilih fakultas teknik ini, tetapi sebelum itu, saya ingin meluruskan terlebih dahulu tentang pemahaman orang lain mengenai seorang introvert secara singkat, karena pemahaman sebelumnya adalah kesalahan umum orang lain mengenal sosok introvert.

Jadi, pembagian kepribadian introvert dan extrovert bukan berdasar dari seberapa pendiam dan anti sosialnya orang, melainkan berdasarkan pada bagaimana kita mengisi ulang energi kita. Jadi, introvert adalah seseorang yang bisa menyerap energi ketika sedang sendiri, memilih ketenangan untuk refleksi. Mereka tidak menolak menghabiskan waktu bersama satu atau dua orang terdekatnya. Sedangkan extrovert, mereka lebih responsive terhadap stimulasi dari luar, karena otak mereka saat di keramaian mengeluarkan lebih banyak dopamine, yang dapat menyebabkan rasa senang dan puas.

Jadi, di sini saya akan menjabarkan kenapa seorang introvert seperti saya tetap bisa menjadi anak teknik, untuk memotivasi kepada pembaca terutama untuk para introvert yang kurang percaya diri untuk masuk fakultas teknik. Jadi, seorang introvert juga sangat cocok untuk masuk fakultas teknik, karena mereka juga memiliki keunikan tersendiri dalam menjalani kehidupan sebagai anak teknik.

Saya sendiri berani masuk ke fakultas teknik dikarenakan saya yakin bahwa saya akan dapat menjalani kehidupan sebagai anak teknik, dengan dukungan dari teman teman dan sekitar. Tentunya saya juga memiliki rencana dan target pribadi untuk menjalani kehidupan perkuliahan sekaligus sebagai motivasi agar saya selalu semangat dan optimis dapat melalui perkuliahan ini dengan baik dan lancar.

Lagilupa, secara umum, introvert mempunyai kelebihan yang dapat mendukung untuk berada di fakultas teknik, seperti mampu berpikir kreatif dan imajinatif, hal ini akan berefek ketika kita dituntut untuk memecahkan suatu masalah, atau mengembangkan hal baru. Selanjutnya ada ide yang out of the box, kita dapat ikut andil dalam menyumbangkan ide-ide inovatif dan brilian. Lalu juga seorang introvert akan lebih hati-hati dan cenderung tidak gegabah dalam berperilaku, hal ini akan berefek pada kita kedepannya, tidak banyak risiko yang kita terima, dan peluang untuk sesuai tujuan awal menjadi lebih besar.

Tak hanya itu, seorang introvert juga umumnya mandiri dan dapat memotovasi diri sendiri, hal ini akan sangat terasa ketika kita sedang down atau berada dalam tekanan, karena pada saat itu, kita cukup dari dalam diri sendiri sudah dapat memotivasi diri dan lebih mudah mengembalikan semangat kembali, sehingga tidak berlama-lama dalam kondisi down atau stress, hal ini adalah keuntungan besar bagi kita, karena tidak semua orang dapat memotivasi diri sendiri dengan baik.

Oleh karena itu, harapan saya sebagai seorang introvert untuk masuk fakultas teknik adalah agar kita dapat menjadikan fakultas teknik menjadi lebih baik lagi dan selalu menghasilkan karya karya positif dan inovatif yang dapat memotivasi banyak orang.

Harapan saya untuk teman teman introvert lain yang berniat masuk fakultas teknik adalah untuk lebih percaya diri lagi dengan didukung oleh kelebihan kelebihan kita yang telah saya paparkan di atas. Percayalah, kita dapat memberikan perubahan baik untuk fakultas teknik dengan cara kita sendiri.