Pernah tidak kalian merasa kesepian padahal sedang berada di tempat yang ramai? Ternyata hal tersebut juga dialami cukup banyak orang. Semakin bertambahnya usia, saya merasa rasa kesepian malah semakin sering datang. Padahal orang lain melihat kita seperti baik-baik saja dan senang-senang saja tetapi rasa sepi ini terus menggiring ke arah perasaan sedih yang berlarut-larut. 

Suatu ketika saya ingin tidur, sempat terlintas di pikiran kok saya merasa sepi ya? Malam itu saya merasa sepi, sunyi, tidak nyaman, dan hampa. Padahal seharian itu saya melakukan banyak aktivitas dan berinteraksi dengan banyak orang di tempat yang bisa dibilang ramai. Rasanya kesepian itu bukan sekedar fisik karena jika dibilang kesepian seharian itu saya bertemu banyak orang, mengobrol dan  bercanda dengan teman serta aktif sosial media seperti hari-hari biasanya.

Kesepian itu kondisi mental, bukan fisik. Walaupun kita bertemu dengan banyak orang tetapi mental kita merasa kesepian atau being alone itu patut disadari, kenapa? Karena ketika kita over connected atau terlalu banyak terkoneksi dengan lingkungan luar itu yang dapat  membuat kita merasa kesepian. Pada saat itu saya terkoneksi dengan banyak informasi yang berlebihan. Ingat bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Terdapat ayat yang menunjukkan bahwa berlebih-lebihan dan melampaui batas adalah perilaku yang di benci oleh Allah SWT.

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Q.S. al-A'raf : 31).

Ketika saya terkoneksi dengan banyak orang, sahabat, anggota keluarga, dan media sosial itu semua membuat saya over dan merasa bahwa kapasitas saya tidak muat menampung semua itu. Sampai akhirnya over connected itu membuat saya being alone atau kesepian. Pada saat itu saya merasa harus istirahat. Mungkin situasi burnout yang membuat saya harus break atau istirahat dari kegiatan dan terkoneksi kembali dengan informasi yang tidak terlalu berlebihan sehingga ada prioritas seperti dengan anggota keluarga dan teman. Kemudian, saya merasa harus istirahat.

Kesepian ini ternyata bisa dirasakan oleh siapa saja, mau kita ada teman, tidak punya banyak teman, semua itu bisa merasakan kesepian. Terkadang kesepian ini hadir ketika kita tidak sedang sendirian. Pernah saya temui seorang teman yang merasa kesepian ketika dia sedang berada di lingkup keluarganya. Panggil saja dia Gita. Dia adalah anak yang cukup pandai dan memiliki rasa empati yang besar.

Saat berada di acara keluarganya, Gita merasa hampa, sunyi, dan kesepian. Dia merasa tidak nyaman, tidak bisa menyatu dengan anggota keluarganya, dan berpikir ngapain ya aku kesini? Selama acara keluarganya berlangsung Gita hanya bisa diam. Dia merasa raganya ada di sana namun pikirannya entah kemana. Sampai akhirnya dia berpikir untuk menyendiri saja di pojokan.

Nah itu beberapa peristiwa yang disebut dengan loneliness atau kesepian. Ketika merasa sendirian dan terdisconnect atau tidak bisa nyambung dengan orang lain. Loneliness atau kesepian dapat membuat seseorang merasa hampa, sendiri, bahkan sampai merasa bahwa dirinya tidak diinginkan. Sebenarnya orang yang kesepian cenderung ingin bergabung atau kontak dengan oranglain, namun ada beberapa yang membentuk pikiran bahwa melakukan kontak dengan orang lain itu sulit.

Sesuai dengan pernyataan banyak ahli, merasa kesepian itu belum tentu karena orang ditinggal sendirian. Rasa kesepian berperan dalam diri seseorang ketika orang tersebut merasa sendirian padahal sedang tidak sendiri. Hal tersebut bisa terjadi karena kita sedang over. Kesepian dan kesendirian adalah dua hal yang berbeda. Ada beberapa orang yang nyaman dengan kesendirian, seperti seseorang yang senang bekerja sendiri, jalan ke suatu tempat sendiri, makan di luar sendiri, dan sebagainya.

Kesepian juga dapat terjadi karena masalah mindset atau pola pikir. Seseorang berpikir bahwa dia sendirian dan tidak ada yang menemani atau yang membuat seseorang susah untuk konek dengan orang lain. Perasaan kesepian ini sifatnya personal, sehingga pengalaman kesepian setiap orang akan berbeda.

Ketika seseorang merasa kesepian padahal tidak sedang sendirian artinya dia terdiskonek dengan orang di sekitarnya, kondisi ini bisa berdampak buruk pada diri seseorang. Kesepian ini bisa mengakibatkan stress dan depresi. Selain itu, kesepian juga dapat memperparah situasi yang buruk karena membuat seseorang  menarik diri dari orang lain, yang selanjutnya membuat kesepian itu semakin parah.

Supaya hal buruk tersebut tidak terjadi, kita harus mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi kesepian. Yang pertama, kita harus memilah informasi yang masuk pada diri kita. Ada baiknya apabila kita beristirahat sejenak, istirahat dari sosial media, dan me time atau memberi waktu kepada diri kita untuk merefleksikan kira-kira apa yang dapat membuat kita bahagia.

Kedua, kita harus bersyukur. Kita tidak boleh berlarut dalam kesepian terlalu lama. Dengan rasa bersyukur itu bisa membentengi diri kita. Percaya bahwa akan ada hal yang indah pada waktunya. Ketika kita sedang kesepian haruslah kita segera mengingat Allah SWT karena dengan mengingatnya kita bisa menjadi tenang. Seperti yang terdapat di dalam Qs. Ar-Ra’d ayat 28 yang artinya “Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

Ketiga, mencari hal baru dan mencoba lebih produktif dengan melakukan kegiatan positif, seperti komunitas, webinar, volunteer ataupun kegiatan yang dapat membuat diri kita bisa bahagia. Dengan menyibukkan diri dengan kegiatan yang kita sukai ini dapat menghilangkan rasa kesepian yang sedang dialami. Namun, ingatlah jika badan sudah merasa lelah kita harus beristirahat.

Keempat, belajar untuk self love atau mencintai diri sendiri. Self love membuat kita tidak akan merasa kesepian saat sedang sendiri maupun sedang bersama teman. Dengan hal tersebut kita akan lebih fokus pada diri kita, hal yang membuat kita senang dan menghindari hal yang tidak kita sukai. Jangan selalu jadi yang mengalah demi orang lain, selagi yang kita lakukan tidak merugikan orang lain.

Jadi mulai sekarang mari kita selalu bersyukur dan berpikir positif. Jangan takut ketika kamu merasa kesepian. Kamu dapat bercerita kepada sahabat atau pun orang yang dapat kamu percaya. Selalu ingat kepada Allah dan lebih taat beribadah kepada-Nya. Allah telah menciptakan proses yang berbeda pada setiap manusia. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha. Cintai diri kalian karena kalian itu amat sangat berharga.