Eden Hazard telah resmi bergabung bersama klub raksasa Spanyol, yakni Real Madrid. 

Isu kepindahan Hazard ke Real Madrid memang santer diberitakan dalam bursa transfer pemain. Pemain Belgia tersebut akhirnya resmi bergabung ke Real Madrid. 

Berita tersebut diungkap dalam situs resmi akun Instagram dan Twitter dari Real Madrid. Dikutip dari Goal.com, pemain asal Belgia tersebut didatangkan dari Chelsea dengan biaya transfer 100 juta poundsterling atau sekitar 1,61 triliun rupiah. 

Pemain berusia 28 tahun itu dikontrak El-Real selama lima musim, yakni hingga Juni 2024. Eden Hazard secara resmi akan diperkenalkan sebagai pemain baru Real Madrid pada Kamis, 13 Juni 2019, di Stadion Santiago Bernabeu .

Chelsea FC juga telah mengucapkan terima kasih atas perjalanan selama tujuh tahun Eden Hazard selama berseragam The Blues. Dilansir Wikipedia.org, Chelsea FC mendatangkan Hazard pada tangal 4 Juni 2012 dari klub asal Prancis Lille dengan biaya 32 juta poundsterling. Ditambah lagi, pada tahun 2012, Chelsea FC berhasil meraih trofi si kuping besar atau UEFA Champions League. 

Eden Hazard menjadi wajah baru di Chelsea FC dikarenakan seusai Chelsea FC menjuarai Liga Champions tahun 2012, pemain-pemain yang memperkuat skuat utama Chelsea  FC kala itu dapat dikatakan usianya telah memasuki 30. Seperti Nicholas Anelka, Salomon Kalou, Florent Malaouda, Didier Drogba, Jose Bosingwa, Paulo Ferreira, Michael Essien, Obi Mikel, Raul Meireles, John Terry, dan Frank Lampard. 

Artinya, Chelsea FC wajib membeli pemain baru jika ingin meneruskan prestasinya untuk meraih trofi lain dan skuad Chelsea FC tidak termakan usia. Pemain yang dibeli Chelsea FC seusai menjuarai Liga Champions tahun 2012, yaitu Oscar Emboaba, Azpilicuetta, Moses, Kevin De Bruyne, Demba Ba, dan termasuk Eden Hazard.

Eden Hazard telah menjadi wajah bagi Chelsea FC era Roman Abramovich usai menjuarai UEFA Champions League 2012. Melalui official akun Twitter Chelsea FC, klub asal London tersebut mengetweet dengan tagar #ThankYouEden sebagai salam perpisahan dan bentuk perpisahan antara Eden Hazard dengan Chelsea FC. 

Selama tujuh tahun berseragam Chelsea FC, Hazard sukses mempersembahkan enam trofi. Dua trofi UEFA Europa 2013 & 2019, dua trofi Liga Ingrris 2015 & 2017, satu trofi FA Cup 2018, dan satu trofi Piala Liga Inggris 2015.

Dilansir laman resmi Chelsea FC www.chelseafc.com, Eden Hazard tampil sebanyak 352 penampilan bersama klub asal London Utara tersebut dengan mencatat 110 gol selama berseragam The Blues. Dengan catatan 110 gol tersebut menjadikan Eden Hazard masuk ke dalam 10 Top Scorer Chelsea FC sepanjang masa. Ini membuat Hazard menjadi legenda bagi Chelsea FC di bawah Frank Lampard, Didier Drogba, John Terry karena raihan prestasi dan jumlah gol yang dicetak. 

Selain itu, Eden Hazard juga meraih penghargaan individu selama berseragam The Blues, yaitu penghargaan pemain Chelsea FC (tahun 2014, 2015, 2017, dan 2019), pemain terbaik Liga Inggris tahun 2015, dan penghargaan FWA tahun 2015.

Kini, Eden Hazard telah pergi dari Chelsea FC dan memutuskan berpindah ke Real Madrid. Otomatis wajah Chelsea FC yang bergantung pada kesinaran Hazard telah hilang. 

Chelsea FC harus merelakan kepergian Hazard dan para penggemar juga wajib mengikhaskan sang pemain bernomor punggung 10 tersebut melanjutkan pengalamannya bersama klub baru Real Madrid. Chelsea FC harus menerima sang pemain bintang yang sudah berseragam The Blues tujuh tahun itu pergi melanjutkan kariernya bersama Real Madrid. 

Chelsea FC tengah kesulitan mencari pengganti Eden Hazard dikarenakan sanksi larangan transfer pemain yang dijatuhkan oleh FIFA. Namun nama-nama berikut cocok menggantikan posisi Eden Hazard di Chelsea FC sekaligus bisa menjadi wajah baru di Chelsea FC:

1. Philippe Coutinho

Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia

Pemain Brazil, Coutinho, sejatinya milik klub raksasa Spanyol FC Barcelona. Namun tidak dimungkiri, situasi Coutinho kini menjadi sorotan di Barcelona. 

Dikutip dari situs Goal.com, Presiden Barcelona Josep Bartomeu mengonfirmasikan bahwa akan melepas sejumlah pemain di tengah gelombang pemain masuk pada bursa transfer musim panas. Winger Barcelona Coutinho tersebut dikabarkan masuk daftar jual pemain Barcelona. 

Hal ini dikarenakan Barcelona hanya meraih satu trofi di musim 2018/2019, yakni hanya trofi La Liga Spanyol. Walaupun FC Barcelona sempat mendapat peluang meraih trofi lain, yaitu Copa Del Rey, namun kalah 1-2 oleh Valencia di Final.

Situasi dari Philippe Coutinho tersebut bisa menjadi peluang bagi Chelsea FC untuk memboyong dirinya ke Stamford Bridge. Namun, usaha Chelsea untuk dapat memboyong Coutinho mendapatkan halangan, yakni sanksi larangan transfer pemain dari FIFA.

Jika Chelsea FC berhasil memboyong Coutinho ke Stamford Bridge, hal ini bisa menjadikan pemain 27 tahun tersebut bisa menjadi senjata baru untuk skuat Chelsea FC, bahkan bisa menjadi wajah baru di Chelsea FC era Roman Emperior

Dilihat dari segi permainan, posisi dari Coutinho sama persis dengan posisi yang ditempati oleh Eden Hazard sebelumnya, yakni winger/sayap kiri. Ditambah pergerakan Coutinho dapat portable, yakni dapat menguasai bola dengan baik, skill yang mumpuni, tembakan/shooting bola dengan akurasi yang tepat, dan bisa memperagakan kerja sama tiki-taka ketika berilmu di Barcelona. 

Khususnya lagi, Coutinho juga tidak asing lagi bagi Liga Inggris. Sebab, winger Brazil itu pernah membela Liverpool tahun 2013 hingga 2018. Dilansir Wikipedia.org, Coutinho tampil sebanyak 138 dengan mencetak 34 gol saat berseragam The Reds selama enam tahun.

2. Wilfried Zaha

Foto: squawka.com

Melihat permainan Winger asal Pantai Gading bersama klub Inggris Crystal Palace sangat menakjubkan dan permainan yang menunjukkan pergerakan yang fantastis. Skill luar biasa ditambah postur tubuh yang pas dengan tinggi 1,8 meter dengan berat 66 kg. 

Wilfried Zaha tidak asing kedengarannya di Liga Inggris. Pernah bergabung bersama Manchester United tahun 2013-2015. 

Dilansir Wikipedia org, Zaha hanya tampil sebanyak dua penampilan bersama Manchester United dan Zaha dicap gagal bersinar di bawah asuhan Sir Alex ferguson dan David Moyes. Padahal Zaha digadang-gadang akan menjadi pemain bintang sekelas Cristiano Ronaldo.

Wilfried Zaha berkembang pesat selama kembali memperkuat Crystal Palace. Pola permainan Zaha yang bisa di posisi sayap kiri maupun sayap kanan dapat menjadi sorotan bagi Chelsea FC. Zaha juga bertugas sebagai ujung tombak ataupun pencetak gol bagi Crystal Palace. 

Dikutip dari Goal.com, total Zaha tampil sebanyak 34 laga di Liga Inggris dengan mencatat sepuluh gol dan sepuluh assist selama berseragam The Eagles musim 2018/2019. Zaha bisa menjadi warna baru di Chelsea FC dan menjadi nyawa permainan bagi Chelsea FC bila berlabuh di Stamford Bridge. Zaha juga mengungkapkan keinginan untuk bermain di kasta tertinggi di benua Eropa, yaitu Liga Champions Eropa.

3.  Neymar Junior

Foto: skysports.com

Pemain superstar asal Brazil Neymar Junior dikatakan sebagai pemain dengan skill dan level permainan berkelas yang disetarakan dengan Lionel Messi dan Cistiano Ronaldo. Neymar yang kini berseragam Paris Saint Germain (PSG) dikenal karena akselerasinya, keterampilan dribbling, finishing, dan kemampuan dengan kedua kaki. 

Gaya permainannya telah mendapat pujian kritis oleh penggemar, media, dan mantan pemain yang menggambarkan dan membandingkan dengan mantan striker Brasil Pelé, yang telah memanggil Neymar sebagai "pemain yang sangat baik", sementara Ronaldinho telah menyatakan "ia akan menjadi yang terbaik di dunia".

Neymar Jr dapat menjadi opsi untuk menjadi wajah baru bagi skuad Chelsea FC. Namun, sulit rasanya memboyong Neymar ke Stamford Bridge dikarenakan sang pemain ingin kembali memperkuat klub lamanya, yaitu FC Barcelona. 

Dilansir Mirror, Selasa (11/06/2019), Neymar ngotot ingin kembali ke Barcelona dan menolak kembali ke Paris. Dia dikabarkan frustrasi karena PSG lagi-lagi gagal di Liga Champions dan menyesal telah meninggalkan Barcelona.

Selain itu, Chelsea FC juga bisa memanfaatkan situasi Neymar yang kini sedang dalam permasalahan atas dugaan pemerkosaan yang membuat harga pasar dirinya makin merosot. Otomatis citra dari Neymar tercoreng dikarenakan sifat dan kelakuannya di luar lapangan. 

Bukan hanya itu, Neymar juga mengalami cedera pergelangan kaki kanan saat Brazil menjamu Qatar di laga persahabatan. Cedera tersebut membuat Neymar Junior absen di ajang Copa America 2019. Hal ini membuat diri Neymar belakangan sering mengalami cedera sehingga pamor dan citranya sebagai pemain superstar mulai pudar akibat cedera dan sifatnya di luar lapangan.

Alasan lain mengapa Neymar cocok menjadi wajah baru Chelsea FC dikarenakan pemain superstar tersebut bisa kembali menjadikan Neymar pemain terbaik dunia di antara Messi dan Ronaldo bahkan rekan satu timnya, yakni Mbappe, yang juga masuk dalam daftar pemain terbaik dunia. 

Selain itu, Neymar bisa mengembalikan permainan terbaiknya dengan skill dan dribbling kala berseragam Santos dan Barcelona. Neymar sendiri pernah hampir bergabung ke Chelsea FC kala sang pemain masih berumur 19 tahun dengan berseragam Santos. Tetapi, sang pemain lebih memilih pindah ke FC Barcelona dikarenakan tawaran tinggi yang menggiurkan. 

Jadi, Neymar bisa saja bergabung bersama Chelsea FC  dengan ketentuan sebagai wajah baru The Blues sekaligus ingin memperbaiki permainannya dan kembali menjadi pemain terbaik dunia.

4. Callum Hudson-Odoi

Foto: telegraph.co.uk

Hudson-Odoi sudah tidak asing lagi kedengarannya bagi publik Stamford Bridge. Dia merupakan pemain asli binaan akademi Chelsea FC. 

Dilansir laman situs resmi www.chelseafc.com, Hudson-Odoi bergabung dengan klub di kelompok usia Under-8 dan terus mencetak gol dan mengkreasikan gol selama berstatus sebagai pelajar. Dia sangat berbakat, punya kemampuan individu yang sangat bagus, dan bisa bermain di berbagai posisi di lini serang. 

Pada Januari 2018, dia melakukan debutnya di tim senior Chelsea ketika turun di ajang FA Cup dan menang atas Newcastle United. Setelah itu, dia bermain tiga kali lagi sebagai pengganti, salah satunya di laga pertamanya di Premier League kala menjamu Bournemouth. Dia juga membantu skuad binaan melangkah ke semifinal Checkatrade Trophy dan tim Under-18 ke FA Youth Cup dan dia mengemas dua gol di final.

Setelah tampil impresif sepanjang pramusim, pelatih Chelsea FC Maurizio Sarri mengonfirmasi bahwa pemuda ini akan jadi bagian dari skuadnya pada musim 2018/2019. Callum Hudson-Odoi menjelma menjadi pemain muda atau wonderkid-nya dari Chelsea FC. 

Hal itu dibuktikan pemain berkostum tim nasional Inggris dalam melakukan debut starternya pertama kali saat berjumpa Brighton Hove Albion dalam lanjutan Liiga Inggris di Stamford Bridge. Hudson-Odoi berhasil membawa Chelsea FC menang telak 3-0 dan menyumbangkan satu assist kepada Olivier Giroud. 

Pelatih Chelsea FC Maurizio Sarri mengatakan sangat senang dengan debutnya Hudson-Odoi bersama Chelsea FC dan dia menganggap pemain muda tersebut berbakat dan menyebut pemain terbaik di Eropa.

Hudson-Odoi bisa dijadikan project jangka panjang Chelsea FC karena umur yang masih sangat muda, yakni 18 tahun. Hudson-Odoi masih bisa jauh lebih baik lagi dan jauh lebih berkembang selama berilmu dan mengasah kemampuannya di Chelsea FC. 

Dikutip dari Goal.com, David Luiz mengatakan Hudson-Odoi bisa menjadi suksesor Eden Hazard di Chelsea FC. Pemain muda asal Inggris tersebut pernah dikaitkan dengan raksasa Jerman, Bayern Munich. Namun, Chelsea FC menolak tawaran tersebut dan lebih memilih mempertahankan Odoi dan memasukkan Odoi ke skuad The Blues. 

Dilansir laman situs resmi www.chelseafc.com, statistik dari Hudson-Odoi berhasil mengemas empat gol selama sembilan penampilannya di Liga Eropa 2019 dan membawa Chelsea menjadi juara dalam kompetisi kasta kedua di benua Eropa tersebut.