Kesehatan adalah bagian terpenting dalam tubuh manusia dan modal besar untuk bisa melakukan aktivitas dengan maksimal selama seharian. Jika kesehatan tidak stabil maka akan berakibat buruk bagi tubuh kita dan mengakibatkan pekerjaan sehari-hari kita berantakan bahkan tidak tuntas sesuai target. 

Banyak dari kita lalai memikirkan kesehatan, lebih mengutamakan pekerjaan dan aktivitas rutin, bahkan bermalas-malasan hanya untuk tidur saja. Hal tersebutlah yang mengundang berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan seperti stress, obesitas, dan masih banyak lagi penyakit yang dapat menyerang tubuh kita dengan risiko yang minim hingga risiko yang mengancam nyawa.

Terlebih lagi saat ini terdapat pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Pandemi Covid-19 dapat menimbulkan kematian yang tidak terduka oleh waktu. Dalam waktu ini kita sudah mewaspadainya dengan lockdown wilayah di berbagai mancanegara. Namun lockdown juga belum tentu aman terhindar dari pandemi ini. 

Pada saat terjadi lockdown atau karantina wilayah banyak orang yang menyiayiakan waktunya hanya untuk tidur, makan, dan bermain game. Bagi pekerja pun mereka berpindah di mana Work From Office diubah menjadi Work From Home. Menurut beberapa kabar mengatakan Work From Home menimbulkan berbagai penyakit seperti sakit punggung, insomnia, kecemasan, dan lain-lain.

Bukan hanya pekerja, siswa dan mahasiswa pun terkena dampak akibat pandemi yang di mana belajar di sekolah atau kampus akhirnya di ubah menjadi online class. Pergantian ini juga banyak mengakibatkan beberapa kekurangan seperti di mana para siswa dan mahasiswa pun terkena dampak terkena penyakit mata minus, insomnia dan masih banyak lagi. 

Hal itu semua terjadi disebabkan pola hidup saat lockdown atau karantina kurang baik atau bisa dikatakan buruk. Kebiasaan yang sering terjadi antara lain makan yang berlebihan dan menyantap fast food yang di mana kurang bagus untuk kondisi badan kita. Kemudian begadang yang sangat tidak diperlukan. 

Hal ini masih sangat sering dilakukan oleh siswa dan mahasiswa pada malam hari. Begadang menyebabkan mata kurang beristirahat dan mengakibatkan mata merah. 

Memposisikan badan di depan laptop atau elektronik lain yang kurang bagus. Hal tersebut dapat mengganggu punggung dan menyebabkan nyeri punggung. Banyak juga di temui para siswa dan mahasiswa kurang penerangan saat mengoperasikan elektronik menyebabkan kerusakan di mata.

Pada saat pandemi salah satu cara agar tubuh kita tetap sehat dan bugar dengan cara berolahraga dan mengatur pola hidup. Olahraga harus tetap dilakukan walaupun sedang karantina. Kesehatan tubuh apabila jarang berolahraga tidak akan sehat dengan pola hidup seperti di atas. 

Berolahraga adalah aktivitas yang dapat menyehatkan dan membuat tubuh kita bugar.  Tetapi saat ini Sebagian orang meremehkan olahraga karena malas dan tidak memiliki waktu. Padahal olahraga adalah salah satu cara agar badan sehat bugar. 

Berolahraga sangat penting bagi tubuh dan dapat melancarkan sirkulasi darah. Berolahraga pun penting bagi pelajar, di samping belajar dengan berolahraga dalan meningkatkan konsentrasi otak dan menghilangkan stress yang bertumpuk. Bukan hanya itu dengan berolahraga dapat menambah kebahagiaan terlebih berolahraga yang dilakukan secara bersama-sama.

Olahraga, masih banyak yang beranggapan harus dilakukan di lingkup terbuka dengan medan yang luas, namun itu salah. Olahraga dapat dilakukan di ruang lingkup sempit seperti kamar, dan ruang tamu. 

Banyak orang yang lupa berolahraga di saat pandemi ini dikarenakan pemikiran tersebut. Nyatanya olahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. 

Tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga minimal 10-15 menit dalam 3-5 hari dalam seminggu. Olahraga bertujuan agar peredaran darah, jari jemari, dan stress menjadi rileks dan otot yang lelah digunakan seharian bisa rileks.

Berolahraga juga dapat dilakukan berkelompok seperti senam, lari, bermain bola, bulu tangkis, namun tetap melaksanakan protokol kesehatan. Jika sudah berolahraga dan berkeringat maka dapat membakar kalori dan membersihkan racun dari tubuh dan dapat menjadi penjaga imunitas tubuh kita melawan penyakit. 

Olahraga yang baik dilakukan secara rutin yang akan berdampak nyata bagi tubuh, jika hanya sekali tidak akan berasa dan hanya membuat tubuh kaget. Olahraga sangatlah penting dilaksanakan terlebih saat pandemi seperti ini. 

Dengan berolahraga dan memakan makanan yang bernutrisi membuat imunitas tubuh meningkat dan penyakit tidak mudah menyerang tubuh. Berolahraga dapat mengurangi risiko penyakit berat seperti diabetes, obesitas, jantung dan lain-lain. Selain berolahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh juga harus diimbangi oleh pola hidup yang sehat.

Pola hidup yang sehat adalah kebiasaan hidup yang terhindar dari masalah kesehatan fisik dan psikis. Hidup sehat selain berolahraga perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi tinggi dalam sehari-hari. Makanan yang bergizi yaitu makanan 4 sehat 5 sempurna.

Selain makanan hendaknya menjaga pola tidur. Jika pola tidur malam hari terganggu maka berakibat buruk untuk kemudian hari yang di mana tidak akan maksimal. Dengan cara itu semua dapat membuat pola hidup sehat teratur dan badan akan terus sehat.

Sudah tiada alasan bagi siapa pun yang melewatkan olahraga, selain untuk menjaga imunitas meningkat olahraga juga dapat membuat kebahagiaan orang meningkat. Namun olahraga juga harus diikuti oleh pola makan yang baik dan bergizi dan pola istirahat yang cukup. Maka akan terbentuk pola hidup sehat dan terhindar dari penyakit.