Pandemi covid-19 yang melanda dan telah masuk ke negara kita mulai dari awal tahun 2020 telah meluas serta menjangkit nyaris seluruh negara di dunia. Bukan hanya menyerang kesehatan fisik namun juga menyerang kesehatan mental tanpa kita sadari. 

Di era pandemi seperti sekarang ini yang tidak dapat dipastikan kapan semua akan kembali normal menimbulkan banyak kekhawatiran, kecemasan, ketakutan, dan serangan panik yang berlebih sehingga hal tersebut sudah menyerang kesehatan mental kita. 

Apalagi dengan beredarnya informasi-informasi pertambahan kasus positif covid-19 yang berkembang pesat serta korban yang berjatuhan pun sangat tinggi angkanya disajikan oleh media yang terlihat sangat mengerikan. Belum lagi pergerakan aktivitas yang harus dibatasi ada yang harus di rumahkan, ada yang harus melakukan isolasi mandiri, dan ada juga yang harus tetap keluar dengan berbagai kecemasan menumpuk di kepala serta harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan.

Dengan kondisi pandemi yang belum tau kapan berakhir ini kita harus memperhatikan pentingnya kesehatan mental. Banyak yang menyepelakan hal ini namun tanpa disadari kesehatan mental merupakan hal utama yang perlu dijaga juga. 

Karena sudah ada beberapa kasus yang terjadi akibat kesehatan mentalnya terganggu. Seperti yang ada Di Kota Tangerang, seorang pemuda berusia 20 tahun bunuh diri diduga karena pekerjaan tempat ia bekerja tidak beroperasi dikarenakan terdampak situasi pandemi covid-19

Lalu ada juga kasus bunuh diri pada siswa karena adanya anjuran sekolah daring dengan komposisi tugas yang jauh lebih banyak dan waktu sekolah yang fleksibel serta mereka harus menatap layar selama kelas dilaksanakan, ketika sebelum pandemi para siswa bersekolah mulai dari pukul 7 sampai pukul 3 sore. Sekarang di era pandemi para siswa bersekolah dengan waktu yang menjadi fleksibel bahkan melebihi batas dan juga para siswa tidak dapat menemui secara langsung kawan-kawan di sekolah sehingga menimbulkan tekanan-tekanan yang memberatkan bagi sebagian orang.

Maka dari itu selain menjaga kesehatan fisik agar terhindar dari covid-19 kita juga harus menjaga kondisi kesehatan mental kita. Karena jika kondisi kesehatan mental kita tidak stabil lebih mudah menyerang sistem imun kita. Sedangkan virus corona ini paling cepat menjangkit ketika daya imunnya sedang turun. 

Selain untuk menjaga sistem imun dengan menjaga kesehatan mental kita juga dapat menghindarkan kita dari stres atau dalam kata lain kita harus menjaga diri kita agar tetap waras dan tidak terpental seperti kasus-kasus yang sudah terjadi. 

Tahukah anda ada beberapa tips yang dapat menjaga kesehatan mental kita tetap stabil seperti berikut:

Pertama, membuat jadwal rutinitas agar seimbang waktu beraktifitas dan beristirahat. Tujuan kita membuat jadwal adalah agar aktivitas kita berjalan dengan waktu yang seharusnya dan tenaga kita tidak terforsir habis. Karena kita berada di rumah jadi tidak berasa bahwa kita telah meluangkan waktu yang sangat lama untuk bekerja hal itulah yang membuat fisik dan mental kita kelelahan.

Kedua, Meluangkan waktu untuk sendiri. Sekali lagi karena kita di rumah membuat kita dapat bekerja bahkan dalam 24/7 tanpa disadari. Maka dari itulah pentingnya membuat jadwal untuk menghabiskan waktu sendiri untuk merawat diri sendiri agar tetap sehat fisik dan metal.

Ketiga, Jangan memaksakan diri untuk mengerjakan semua dalam satu waktu. Kita harus membatasi diri dalam beraktivitas di rumah. Jangan karena bekerja atau bersekolah di rumah kita mengerjakan semua hal dalam satu waktu seperti mengerjakan pekerjaan rumah tangga lalu bekerja juga sehabis itu mengisi kelas juga. Hal tersebut menimbulkan kelelahan fisik dan juga menimbulkan stress. 

  • Keempat, Selipkan hiburan sebagai pengisi hari agar tidak terlalu stress
  • Kita juga membutuhkan hiburan seperti menonton acara favorit kalian, bermain game untuk menghapus lelah, memasak atau melakukan hal-hal lain yang kalian sukai.

  • Kelima, Melakukan olahraga ringan juga dapat menghindarkan diri dari stress
  • Ini juga bisa dijadikan suatu pilihan ketika kalian sedang stress dengan pekerjaan/sekolah. Kalian bisa jogging di sekitar rumah atau olahraga ringan lainnya. Karena dengan mengeluarkan keringat dan bergerak dapat meringankan beban yang ada serta menyegarkan pikiran kembali.

  • Keenam, Tetap menjaga komunikasi dengan orang-orang tersayang namun harus tetap mematuhi protocol kesehatan agar kesehatan mental tetap terjaga dan juga harus selalu menjaga kesehatan fisik.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental pada era pandemi yang tak kunjung berakhir. Kita harus lebih memperhatikan hal ini karena kondisi tersebut dapat memicu menurunnya sistem kekebalan tubuh dan memicu munculnya penyakit-penyakit lain yang dapat mengganggu kualitas hidup. 

Apalagi di era pandemi kita wajib menjaga kesehatan kita 2x lebih ketat. Agar dapat terhindar dari virus-virus berbahaya dan juga dari penyakit mental yang bisa juga menyerang kondisi kita yang kesehatan mentalnya tidak stabil. Jangan lupa tetap jaga kesehatan!

Salam sehat dan tetap patuhi protokol kesehatan!!