Menjadi anak kost merupakan sebuah proses unutuk menjadi lebih mandiri. Dimana dulu sebelum menjadi anak kost, kamu masih bisa minta uang kapan saja sama orang tua. Sedangkan sekarang, kamu harus terbiasa untuk mengelola segala urusan kamu itu sendiri. Baik itu mengatur keuangan, pola makan dan mengatur waktu dan lainnya.

Sebagai anak kost pasti kamu pernah merasakan ketika akhir bulan dan uang kamu sudah mulai menipis. Mengatur uang yang dijatah setiap bulan menjadi sebuah keharusan bagi anak kost. Terkadang juga melakukan berbagai cara untuk menghemat demi bisa bertahan hingga akhir bulan.

Beberapa orang berpikiran bahwa anak kost penuh dengan kebebasan untuk melakukan hal yang ingin dilakukan. Hal tersebut ada benarnya, tapi anak kost juga memiliki penderitaan yang dirasakan. Dengan kebutuhan anak kost yang beragam, tidak jarang anak kost mengalami kehabisan stok makanan bahkan kehabisan uang sebelum waktunya.

Nah, dari situ kita mau ngebahas beberapa cara yang bisa dilakukan anak kost untuk membuat hari-harinya semakin sejahtera. Berikut adalah tips and trick menghemat uang bulanan yang bisa kamu lakukan ketika menjadi anak kost.

1. Membuat Rencana Pengeluaran

Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat rencana pengeluaran dana, baik itu unutk kebutuhan sehari-hari, saving, dan juga jajan kalian. Gimana sih caranya agar kalian bisa membagi uang tersebut? Kalian bisa menerapkan metode 50-30-20. Metode ini bisa dikatakan salah satu cara untuk mengatur keuangan bulanan agar tidak boros.

Sederhananya kalian bisa menggunakan 50 persen untuk kebutuhan pokok, 30 persen kalian gunakan untuk memenuhi kebutuhanmu sebagai self-reward, yang terakhir itu 20 persen digunakan unutuk menabung sebagai dana darurat atau dana cadangan kamu. Sehingga ketika terjadi sesuatu yang tak terduga kamu masih memilik dana cadangan itu.

2. Mencatat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran memang sedikit merepotkan, tetapi jika kamu lakukan setiap hari maka akan terbiasa untuk menulis pengeluaran itu. Dengan menulis pengeluaran ini kamu bisa tahu kemana uang kamu gunakan, dan juga bisa mengevaluasi diri dari catatan tersebut. Dalam kenyataannya penggunaan uang tersebut untuk keperluan yang dibutuhkan atau hanya untuk yang kamu inginkan saja. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan anggaran yang kamu dapatkan.

3. Makan dengan Harga yang Terjangkau

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghemat uang bulanan, yaitu dengan memilih menu makanan dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa membeli makanan pada warung yang murah atau jika kamu bisa memasaknya sendiri.

Tipsnya  kamu bisa memilih lauk dengan harga yang murah lalu kamu memasak nasi sendiri di kost itu bisa jauh lebih murah. Ketika kamu hanya membeli lauk untuk makan saja, maka uang untuk nasi itu bisa kamu belikan makanan yang lain untuk kamu makan nantinya. Nasi yang kamu masak dan lauk yang kamu beli bisa dimakan 2-3 kali dalam sehari.

4. Membuat Daftar Kebutuhan Belanja

Hal ini bertujuan agar ketika kamu belanja membeli barang yang dibutuhkan saja, sehingga bisa untuk mengontrol pengeluaran kamu. Ketika kost, kamu harus bisa memilih antara barang yang dibutuhkan dan hanya barang yang diinginkan. Ingat-ingat jangan kalap ketika belanja online, apalagi ketika melihat barang-barang lucu.

5. Membawa Minum Air Putih

Cara kamu hidup hemat anak kost yang dilakukakan yaitu dengan membawa minum kemanapun kalian pergi. Dengan kamu membawa air minum saat kamu ke kantor, kuliah, atau nongkrong maka kamu tidak perlu membeli air minum lagi. Secara otomatis kamu akan lebih sering meminum air minum yang kamu bawa. Selain itu, dengan minum air putih kamu juga akan menjadi sehat karena mengurangi konsumsi gula dan kafein.

6. Mencuci Baju Sendiri

Ketika menjadi anak kost, kamu sudah tidak bisa lagi seperti dirumah yang mencuci dengan mesin cuci atau bahkan dicucikan oleh asisten rumah tangga. Apabila kamu tidak ingin mencuci baju sendiri, maka kamu perlu membayar untuk biaya laundry.  Nah, untuk menghemat biaya laundry kamu bisa memilah baju mana yang akan kamu bawa laundry tidak semuanya kamu bawa laundry. Seperti baju untuk tidur kamu bisa mencucinya sendiri supaya biaya laundry tidak terlalu banyak.

7. Cari Promo/Diskonan

Cara hemat yang ini kamu bisa terapin saat kamu pergi ke tempat makan atau memesan via online. Nah, untuk kamu yang menjadi discount hunter ketika kamu memilih membeli sesuatu via online terkadang market place satu dengan yang lainnya memberikan diskon yang berbeda, maka dari itu kamu bisa cek terlebih dahulu pada beberapa market place mana yang lebih murah.

8. Fasilitas WIFI pada Kost

Jaringan internet sudah menjadi satu kebutuhan untuk orang sekarang apa lagi yang memiliki gadget. Unutuk mengurangi dana pengeluaran yang kamu gunakan untuk kuota internet itu dengan mencari kost yang sudah memiliki fasilitas wifi gratis, karena dengan adanya wifi penggunaan kuota internet bisa lebih hemat.

9. Membandingkan Harga Barang

Jika kamu ingin membeli suatu barang, kamu bisa membandingkan harga barang tersebut dengan beberapa toko atau merk lainnya. Misalnya kamu ingin membeli tisu, maka kamu bisa membandingkan tisu A dan tisu B mana yang lebih murah.

Nah, setelah kami beritahu beberapa tips untuk menghemat yang sebaiknya diketahui oleh anak kost. Semoga dengan beberapa tips and tricks di atas bisa membuat kamu lebih bijak dalam mengelola keuangan dan kebutuhan kamu, agar kehidupan akhir bulan kamu bisa lebih sejahtera. Have a great day, anak kost.