Masa pandemi Covid-19 memberi dampak yang cukup besar untuk segala sektor terutama dalam perekonomian. Pemutusan Hak Kerja (PHK) bagi para karyawan perusahaan terutama perusahaan swasta menjadi momok yang cukup mengkhawatirkan bagi karyawan, alih-alih memulai bisnis sendiri menjadi tren saat ini untuk mempertahankan keadaan ekonomi keluarga tetap stabil. Beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan adanya penutupan bengkel ban motor dan hanya dibolehkan membuka bengkel secara online  karena adanya aturan PPKM dan hal itu sudah banyak di repost oleh pengguna sosial media kemudian dijadikan sebuah lelucon untuk hiburan mengingat tidak mungkin servis motor dilakukan secara online.

Jika kita dapat melihat sebuah peluang maka didapatkan bahwa hal itu bisa dijadikan kesempatan para pebisnis terutama di bidang otomotif untuk melakukan strategi marketingnya. Berikut tips untuk meningkatkan omset bisnis bengkel dimasa pandemi Covid-19:

Buatlah website toko Anda 

Website merupakan hal mendasar untuk membuat sebuah toko secara online, masukan alamat toko Anda dalam google maps dan pasanglah foto semenarik mungkin agar para calon pembeli dapat melihat produk Anda di website. Selain menjadi hal mendasar, terkadang google maps juga merekomendasi sebuah toko terhadap pengguna internet yang secara kebetulan lewat toko Anda maupun tinggal didekat toko Anda, google maps akan memberikan rekomendasi toko yang serupa kepada pengguna internet.

Jual produk beragam yang bisa dijual secara online tanpa harus dipasang ditempat

Bisnis bengkel tidak melulu tentang servis di tempat, namun bisnis bengkel dapat juga menjual produknya yang dapat dipasang oleh pemesan secara mandiri, produk yang beragam juga bisa di masukan dalam aplikasi seperti ban motor second yang saat ini banyak gencar dicari para pecinta otomotif yang tidak memiliki cukup dana.

Buat diskon dan garansi untuk meningkatkan daya pikat bagi toko Anda

Tidak jarang pembeli melakukan riset harga dengan membandingkan harga mana yang lebih terjangkau, bila Anda memiliki harga yang cukup tinggi buatlah diskon untuk para pembeli sebagai contoh pemberian diskon untuk pembelian bulan pertama, maksimal pembelian maupun pembelian dengan cara online. Selain itu, pada produk tertentu mungkin bisa diberikan garansi untuk pembeli misalnya saja garansi untuk ban second, hal ini untuk meningkatkan kepercayaan kepada pembeli bahwa produk yang dibeli dapat di tukar maupun diperbaiki bila terjadi sebuah masalah di kemudian hari dengan memberikan jarak maksimal garansi pada produk Anda.

Utamakan Kualitas produk Anda

Kualitas pada produk Anda akan menjaga pembeli untuk tetap berlangganan di toko Anda, dibanding banyaknya produk yang dibeli namun banyak juga pelanggan yang kecewa sehingga ini akan menyebabkan ketidakstabilan omset toko Anda, lebih baik buat kualitas pelayanan maupun produk anda dengan sebaik mungkin untuk mempertahankan pelanggan Anda.

Jualah produk anda sejujur mungkin tanpa menjatuhkan kompetitor 

jual produk dengan sejujur mungkin dengan cara bahwa produk Anda benar-benar sesuai dengan iklan yang  Anda pasang. Berikan penjelasan bahwa produk Anda memiliki hal lebih menurut versi toko anda tanpa menjatuhkan produk kompetitor lain misalnya saja dengan cara memberikan diskon dan garansi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pembeli akan tahu apakah Anda menjalankan bisnis dengan benar tanpa kecurangan.

Aktif di komunitas online 

Pada masa pandemi Covid-19 online menjadi arus utama dalam komunikasi, lebih aktif dalam sebuah forum maupun komunitas online baik itu di bidang bisnis yang sesuai dengan produk Anda maupun komunitas online yang memberikan manfaat dalam mempelajari startegi bisnis dengan tepat. Jangan ragu untuk memulainya karena dengan ikut dalam komunitas online Anda akan mendapat banyak pengalaman dari pebisnis lain tanpa harus terjun kelapangan dan tentunya meningkatkan relasi.

Manfaatkan sosial media Youtube, Instagram, dan TikTok

Manfaatkan sosial media YouTube, Instagram, dan Tik Tok untuk melakukan startegi marketing toko anda. Anda bisa melakukan secara live maupun cuplikan video mengenai produk Anda.

Perbanyak relasi dan tau mana pasar yang tepat untuk produk Anda 

Relasi itu sangat penting maka bangunlah komunikasi yang baik dengan banyak orang yang memiliki potensi untuk perkembangan omset toko Anda dan mengetahui pasaran yang tepat untuk toko Anda juga penting loh.. misalnya jangan sampai Anda menjual produk dengan peminat yang bukan pada produk semacam produk yang anda jual, itu boleh saja dilakukan sesekali namun agar Anda tidak buang waktu lebih baik Anda lakukan riset pasar terlebih dahulu gar Anda memahami kemana produk anda harus dijual.

Nah tips diatas hanya sebagian saja ya, masih banyak tips lain yang bisa Anda lakukan, namun ini terbukti menurut pengalaman penulis karena penulis terjun langsung dan melakukannya dengan konsisten. Jangan ragu melakukan hal baru dan unik untuk memulai bisnis Anda.