Pertemanan adalah salah satu bentuk hubungan yang vital dalam hidup manusia.Banyak orang yang mampu bertahan hidup tanpa pasangan seperti suami atau istri(salah satunya anggota keluarga saya)namun sedikit yang mampu bertahan hidup tanpa teman.Ini mungkin dikarenakan dalam pertemanan pada umumnya kita lebih bebas menjadi diri kita sendiri ataupun mencurahkan isi hati kita.

Namun kenyataannya terutama kenyataan yang terjadi dalam hidup saya,justru hubungan ini tidak dihargai malahan disia-siakan.Banyak teman-teman saya yang dulunya dekat justru kini malah menjauh atau bahkan sudah bukan teman saya lagi,dan yang membuat saya paling kecewa adalah ini terjadi setelah saya menceritakan hal-hal pribadi saya ke mereka atau dengan kata lain dekat dengan mereka.

Ada berbagai faktor penyebab hubungan saya dengan orang-orang ini menjadi renggang atau bahkan berakhir antara lain ketidakcocokan antar satu sama lain,kesalahpahaman hingga saya cuma dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi orang itu.

Setelah mengalami berbagai macam pertemanan yang tidak begitu menyenangkan saya merasa bahwa saya kehilangan arti dari pertemanan,saya rasa pertemanan itu sama dengan hubungan “partner” dalam dunia kerja dimana kita sama-sama bekerja untuk mencapai satu tujuan dan tidak ada rasa yang dilibatkan,tidak ada kedekatan yang dijalin,hanya sebatas bentuk kerjasama yang hambar.

Namun benarkah seperti itu?Benarkah pertemanan adalah satu bentuk hubungan tanpa rasa?Benarkah kita berteman bukan untuk menjalin kedekatan melainkan untuk mencapai satu tujuan lain selain itu?Saya rasa tidak.

Pertemanan seharusnya hubungan yang memberi kita kebebasan atas diri kita sendiri seperti yang saya singgung di paragraf pertama dimana kita bebas menjadi diri kita sendiri dan bebas mencurahkan isi hati kita.Seharusnya kita merasa dekat dengan teman kita,merasa membutuhkan dan peduli terhadap orang yang menjadi teman kita dan seharusnya ini bukan sekedar hubungan kerjasama yang hambar.

Saya harap kita semua belajar menghargai dan memelihara hubungan pertemanan yang kita punya,karena sejatinya pertemanan yang dipelihara dengan baik akan memberi kita kekuatan menghadapi masa-masa sulit dan nantinya mengantar kita pada hidup yang lebih membahagiakan.