Cyber sastra merupakan karya sastra yang disampaikan melalui media elektronik. Cyber sastra pada periode reformasi ini muncul seiring dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan ditandai dengan munculnya beragam karya sastra melalui media yang bervariasi. Cyber sastra sebagai langkah baru bagi penulis agar mampu berkarya lebih kreatif dan inovatif.

Saya menulis topik “Mengenal Cyber Sastra Periode 2000” bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pembaca mengenai cyber sastra, kekurangan, dan kelebihan cyber sastra. Manfaat yang bisa kita peroleh melalui cyber sastra ini, yaitu kita mampu mengenal lebih jauh mengenai cyber sastra dan melatih kemampuan menulis dan membuat karya sastra. Cyber atau cyberspace memiliki arti ruang yang saling terjalin menciptakan sesuatu melalui internet.

Cyber sastra muncul sekitar tahun 2000. Kehadiran cyber sastra ditandai dengan terbitnya buku Graffiti Gratitude pada 9 Mei 2001. Situs sastra di Indonesia yang menjadi tonggak awal sastra cyber adalah Cybersastra.com. Situs ini dikelola oleh Masyarakat Sastra Internet (MSI). Seiring berjalannya waktu, nama Cybersastra.com. mengalami perubahan menjadi Cybersastra.net.

Sebelum munculnya sastra cyber, kesusastraan Indonesia telah memiliki beragam media yang digunakan pada bidang sastra, misalnya munculnya sastra koran dan sastra majalah. Sastra koran berisi karya sastra prosa, puisi, atau cerpen yang diterbitkan dalam koran, sedangkan sastra majalah berisi cerita pendek, puisi dan esai yang diterbitkan dalam majalah. Sastra majalah sering disebut jurnal sastra.

Seiring berjalannya waktu, biaya publikasi sastra koran dan sastra majalah semakin mahal dan para penulis mulai beralih melalui media digital yang dinilai bersifat lebih praktis, murah, dan efisien. Cyber sastra muncul di era kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, karya sastra tersebut mengalami perkembangan dan pembaharuan yang lebih modern.

Cyber sastra mampu menjadi inovasi dan temuan-temuan baru bagi penulis agar mampu berkarya lebih baik dan menarik. Pada periode reformasi tersebut, semua orang dapat mempublikasikan hasil karyanya dengan cepat, efektif, tanpa biaya mahal, dan tidak terikat oleh redaktur dalam mempublikasikan karya sastra. Situs sastra yang menjadi tonggak awal kesusastraan di Indonesia yang dikelola Oleh Masyarakat Sastra Internet (MSI).

Di era digital saat ini semua orang dapat dengan mudah membagikan hasil tulisannya ke berbagai media sosial dan situs jejaring sosial. Berbagai contoh media sosial dan situs jejaring sosial yang sering digunakan untuk membagikan hasil karya tulisan seperti Blog, Facebook, Instagram, YouTube, Webtoon, Wattpad, dan lainnya. Media digital berbentuk tulisan tersebut gratis, bisa diakses kapan saja, dimana saja dan bahkan bisa menambahkan penghasilan, seperti aplikasi Wattpad,

Wattpad, salah satu aplikasi yang memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk membaca dan menulis karya novel. Wattpad menjadi aplikasi novel terlaris di Indonesia. Pengguna aplikasi Wattpad ini terdari dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Wattpad juga menyajikan berbagai genre novel yang beragam, seperti roman, horror, misteri, inspiratif dan komedi. Selain novel, Wattpad juga menyediakan untuk penggunanya berbagai jenis buku dan puisi.

Aplikasi Wattpad memiliki berbagai kelebihan, yaitu dapat mempublikasikan karya sendiri secara praktis, efisien, dapat diakses secara offline, dan tersedia beragam genre novel dari penulis terkenal. Kekurangan aplikasi Wattpad, yaitu banyak terdapat iklan dan proses login yang cukup lama.

Webtoon, salah satu aplikasi yang menyajikan berbagai kartun atau komik yang dapat dinikmati online dalam bentuk website. Webtoon juga terdiri dari berbagai genre komik, seperti komedi, horror, drama, dan fantasi.

Storial, salah satu aplikasi yang menyajikan karya sastra berupa novel. Penggunanya dapat membaca dan mengunggah karyanya di mana saja dan kapan saja. Kelebihan storial, yaitu memberikan pelayanan dalam kompetensi menulis dan terdiri dari berbagai pilihan novel, kekurangan storial, yaitu membutuhkan waktu askes yang lama.

Noveltoon, salah satu aplikasi membaca novel gratis dengan berbagai genre, seperti fantasi, horror, komedi, dan lainnya. Noveltoon menyajikan berbagai fitur menarik dengan memberikan ruang diskusi untuk mempertemukan antara pembaca dan penulis untuk berdiskusi mengenai suatu novel. 

Kelebihan Noveltoon, yaitu dapat menulis karya milik sendiri, pilihan novel yang beragam, dapat berdiskusi, dan bertemu dengan penulis atau pembaca. Kekurangan Noveltoon, yaitu proses login yang membutuhkan waktu lama.

Media yang digunakan oleh penulis untuk memperkenalkan karyanya kepada para pecinta sastra memiliki perbandingan tersendiri antara astra cyber dan sastra cetak. Kelebihan sastra cyber, yaitu bisa diakses di mana saja dan kapan saja, dapat direvisi setiap saat, interaktif, cepat, dan efisien. 

Sedangkan, kekurangan sastra cyber, yaitu cenderung plagiarisme, hanya menunjukkan eksistensi dalam bermedsos, dan munculnya berbagai cacian dari pembaca.

Dengan munculnya sastra cyber, kita diharapkan mampu untuk memanfatkan kedua media tersebut dengan baik. Kesusastraan akan terus berkembang seiring dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.