Mahasiswa
2 bulan lalu · 37 view · 3 menit baca · Politik 18629_36374.jpg
indonesiakita.co

Menengok Dukungan Ulama Besar kepada Pemerintah
Ulama Untuk Jokowi

Presiden Joko Widodo memiliki kedekatan denga para ulama yang ada di Indonesia. Jadi tidak heran jika Joko Widodo memiliki banyak pendukung dari para ulama di Tanah Air. 

KH. Ma’ruf Amin mengatakan jika ada sedikitnya 400 ulama yang sudah mengatakan dukungannya kepada Jokowi dan dirinya untuk pilpres tahun 2019. Para ulama tersebut tersebar di berbagai pesantren di berbagai daerah. Di antara banyaknya ulama besar yang mendukung Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, yaitu Said Aqil Siradj, Ma’ruf Amin, TGB, Cholil Nafis, Gus Muwafiq (Ulama Jogja), serta Gus Ali Bumi Sholawat.

Said Aqil Siradj

Prof. Dr. KH. Said Aqil Siraj, M.A atau yang sering dikenal dengan Said Aqil Siraj merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama periode 2010 - 2020. Said Aqil Siroj terpilih menjadi Ketua Umum PBNU periode 2010 - 2015 dalam Maktamar ke-32 NU di Asrama Haji Sudiang, Makasar, Sulawesi Selatan dengan perolehan suara sebanyak 294 suara.

Pada Maktamar ke-33 di Jombang, Said Aqil Siroj kembali terpilih sebagai Ketua Umum PBNU pada periode kedua, yaitu 2015 - 2020 dengan perolehan suara sebanyak 412. Said Aqil Siroj bukanlah orang baru di dalam kalangan Nahdlatul Ulama. Ayah dari Aqil Siroj merupakan kiai di Cirebon dan termasuk ke dalam kekaring ulama di Karesidenan Cirebon.

TGB

Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, Lc., M.A. atau yang akrab disaba dengan Tuan Guru Bajang (TGB) merupakan politisi Indonesia. TGB menjabat sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat selama dua periode. Pada masa jabatan 2008 - 2013 atau periode pertama, dia didampingi Wakil Gubernur Badrul Munir dan pada periode kedua masa jabatan 2013 - 2018, didampingi oleh Wakil Gubernur Muhammad Amin.

TGB merupakan salah satu ulama yang mendukung Joko Widodo. Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat ini menyambut baik sejumlah kepala daerah yang mendukung Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dalam pilpres 2019. Ia juga mengatakan bahwa banyaknya dukungan tersebut akan membuka peluang kemenangan yang lebih besar untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Cholil Nafis

K.H. Muhammad Cholil Nafis, Lc., MA., Ph.D atau yang biasa disapa dengan Kiyai Cholil merupakan seorang ulama, dosen, serta penulis. Beberapa tahun terakhir ini, Ustaz Cholil Nafis banyak mengisi seminar serta acara keislaman di dalam ataupun luar negeri. Ia juga sering berdakwah lewat televisi dan membuat website sebagai sarana dalam berdakwah lewat teknologi informasi yang bernama cholilnafis.tv.

Gus Muwafiq 

K.H Ahmad Muwafiq atau yang biasa dikenal dengan panggilan Kiai Muwafiq atau Gus Muwafiq merupakan salah satu ulama Nahdlatul Ulama yang berada di Yogyakarta. Gus Muwafiq banyak dikenal sebagai salah satu orator Nahdlatul Ulama pada zaman sekarang. Gus Muwafiq dikenal karena dalamnya ilmu serta kemampuan orasi yang dimiliki Gus Muwafiq. 

Selain sebagai ulama yang paham ilmu agama, Gus Muwafiq juga mendalami berbagai ilmu yang lainnya, salah satunya yaitu ilmu sejarah serta peradaban yang disampaikan dengan bahasa yang lugas serta mudah diterima oleh masyarakat. Gus Muwafiq juga pernah menjabat sebagai asisten pribadi KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), termasuk dengan saat menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Gus Ali Bumi Sholawat

Gus Ali atau yang memiliki nama lengkap K.H. Agoes Ali Masyhuri merupakan putra terkhir dari empat bersaudara dari pernikahan bapak H. Mubin Dasuki dengan ibu Nyai Amnah. Putra sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat di daerah desa Lebo, Sidoarjo.  

Gus Ali cukup dikenal sebagai sosok yang sederhana meskipun memiliki ribuan santri di Ponpesnya, termasuk dari kalangan yang kurang mampu. Gus Ali menyebut santri tersebut berasal dari kalangan “Ngawula”, sehingga biaya pendidikan, hidup, dan tempat tinggal ditanggung Gus Ali. Walaupun sudah berpredikat modern, Gus Ali masih menerima santri ngawulo.

Ma’ruf Amin

Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin merupakan seorang ulama dan politisi Indonesia. Sejak bulan Agustus 2018, Ma’ruf Amin menjabat sebagai Rais ‘Aam Syuriah pada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama serta Ketua Majelis Ulama Indonesia. Ma’ruf Amin duduk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada saat masa jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Sedangkan pada tanggal 9 Agustus 2018, Ma’ruf Amin diumumkan sebagai calon Wakil Presiden Indonesia untuk mendampingi petahanan Joko Widodo pada pemilihan umum Presiden Indonesia tahun 2019. Ma’ruf Amin mengatakan bahwa ia siap untuk menjadi calon Wakil Presiden mendampingi pertahanan Joko Widodo pada pemilu Presiden yang akan diselenggarakan tahun 2019.

Demikian beberapa ulama besar yang mendukung Jokowi dan Ma’ruf Amin dalam pemilihan umum Presiden Indonesia pada tahun 2019. Ada banyak dari para ulama dan habib yang menyatakan dukungan dan siap memenangkan pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin. Ulama tersebut merupakan ulama-ulama kharismatik, memiliki pengikut yang signifikan, dan pemimpin ormas besar yang berwawasan kebangsaan. 

Dalam menanggapi hal tersebutCalon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada para ulama dan habib yang telah menyatakan dukungannya. Ia juga berharap agar para ulama serta habib di Indonesia senantiasa berjuang mendidik umat dan menjaga bangsa ini dari berbagai ancaman.