Lecturer
2 tahun lalu · 300 view · 3 menit baca · Politik jokowi_2.jpg
Foto: kompasiana.com

Menakar Dua Tahun Kepemimpinan Jokowi-JK

Tepat tanggal 20 Oktober 2014 Presdien Jokowi-JK di lantik menjadi Presiden. Dua tahun kepemimpinan Jokowi-JK menjadikan perubahan yang signifikan mulai dari birokrasi, ekonomi, hukum, sosial, penangulangan teroris dan bidang teknologi. Prestasi ini menjadikan kepemimpinan yang paling baik selama kepemimpinan presiden Indonesia.

Dalam pergerakannya terlihat pergerakan yang sangat signifikan dalam mengdongkrak perkembangan bangsa yang selama ini mengalami ketertinggalan dari negara berkembang lainnya di asian Tenggara seperti Malaysia, Thailand dan Singapura. Hal ini dilakukan tepat untuk mengejar ketertinggalan.

Keberhasilan Kinerja

Hasil yang nyata yang bisa dilihat dari segi hukum adalah adanya hukuman mati terhadap Bandar dan pengedar narkoba, walaupun Indonesia mendapat ancaman dari beberapa pemimpin negara yang di eksekusi pada saat itu tidak membuat presiden takut, tetap melaksanakan ekssekusi mati. Artinya adalah hukum telah ditegakkan dengan baik.

KPK bekerja dengan baik dengan menghamtam beberapa kepala daerah yang korupsi, dan memberikan hukuman yang pantas, walaupun bererapa orang bilang itu tidak pantas. Bahkan bukan hanya kepela negara ketua lembaga tinggi negara pun ikut ditangkap karena korupsi. Penegakan hukum yang dilakukan mendapat respons yang baik dari masyarakat.

Dalam memerangi Teroris, Dunia mengakui Indonesia menjadi negara Paling cepat dalam penangan dan mengatasi teroris. Sampia-sampai negara adikuasa mengakui kehebatan negeri ini dalam penanganan terorisme, banyak penumpasan kepada teroris dan adanya teroris yang menyerahan diri merupakan keberhasilan diplomasi kepemimpinan Jokowi-JK.

Dalam pidatonya sewaktu dilantik Jokowi-JK akan memprioritas pembangunan Infrastruktur jadi infrastruktur adalah harga mati, Menurut data Kantor Staf Presiden (KSP), komitmen pembangunan infrastruktur tercermin dengan alokasi anggran yang mengalami peningkatan dari Rp. 290,3 Triliun tahun lalu menjadi 317,1 triliun tahun ini, dan Rp. 346,6 triliun tahun depan. peningkatan ini merupkan bentuk keseriusan Jokowi-JK dalam perepatan pembangunan Indonesia.

Stabilisasi Harga Minyak

Dalam awal kepemimpinnanya banyak masyarakat yang kecewa karena harga minyak premium waktu itu mengalami kenaikan, seolah-olah presiden tidak bertanggung jawab atas janji politiknya, keberhasilan dalam menajaga stabilitas harga BBM merupakan nilai tambah bagi kepemimpinan Jokowi-JK. Keberhasilan ini adalah konsep yang digunakan dalam memahami perekonomian Indonesia.

Dalam bidang ekonomi kepemimpinan Jokowi-JK berhasil menaikkan pertumbuhan ekonomi 1,3 persen. Program-program atau kebijakan ekonomi yang dilakukan mendapat respon masyarakat dan respon harga yang stabil.

Dalam bidang politik terlaksananya pemilu serentak yang tingkat kecurangan rendah. Didalam pemerintahan Jokowi-JK terlihat pembelajaran politik yang sehat bagi masyarakat. Keberhasilan dalam mengelola pemilihan kepala daerah secara serentak, tidak terlepas dari mindset berpikir masyarakat untuk mendapatkan perubahan dalam dunia perpolitikan Indonesia

Kelemahan Kinerja

Walaupun mengalami perubahan yang signifikan dalam pernsejahteraan masyarakat pemerintahan Jokowi-JK dalam mewujudkan kebutuhan dasar dalam masyarakat. Jurus pamungkas yang diluncurkan waktu itu adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Program ini tidak berjalan maksimal, mulai dari pengenalan, proses sampai pendistribusian.

Saya belum melihat apa pengaruh kedua kartu ini dalam membantu masyarakat untuk mempermudah dalam pembiayaan dalam pendidikan dan kesehatan. Tetap saja pendidikan mahal, bahkan setiap tahun naik, untuk berobat saja tetap saja mahal, hanya segelintir orang saja yang merasakan, ini kesalahan siapa? Kesalahan Sistem atau Kesalahan Oknum sebagai penanggung jawab?

Dalam menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok Pemerintahan Jokowi-JK mengalami kegagalan contoh harga daging sapi, beras, dan harga kebutuhan pokok lainnya tidak bisa dikendalikan, pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat tidak bisa di tawar-tawar. Kebutuhan pokok merupakan kebutuhan yang harus di penuhi setiap hari.

Masyarakat butuh tindakan bukan janji, memang bukan hal yang mudah dalam mewujudkan apa yang telah di konsep, tetapi skala prioritas harus dikerjakan, kesejahteraan masyarakat adalah prioritas. Perwujudan raja di negeri sendiri, kemandirian negeri harus dimulai dari pengelolaan masyarakat.

Dalam perjalanan pemerintahan beberapa kali kejadian untuk perpecahan persatuan dan kesatuan, seperti yang terjadi di Sumatera utara, Aceh dan beberapa daerah lainnya, banyak terjadi masalah mengenai Sara, dan bertumbuhnya premanisme sehingga mengganngu keamanan dan kekondusifan di lingkungan masyarakat masyarakat.

Dalam program nawacita adalah menjadi swasembada pangan, ini hanyalah mimpi jikalau kebutuhan pokok petani mahal, petani menjerit dengan harga panennya yang rendah, biaya operasional naik, dalam peningkatan kehidupan nelayan, negara belum memberikan pelayanan yang baik, malah membuat nelayan mogok karena sewa untuk jualan ikan saja naik.

Perhatian kepada petani dan nelayan sangat kurang padahal potensiĀ  untuk pembangunan Indonesia adalah pertanian dan perikanan.

Pemerintah sudah melakukan yang terbaik untuk memimpin negara ini kepada kemajuan, tetapi perlu perhatian yang mendalam dalam pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat, karena masyarakat langsung merasakan sendiri jikalau harga-harga kebutuhan pokok naik, jangan sistem yang dibangun adalah sistem runjing ke atas, tumpul kebawah artainya ekonomi pemodal korporasi yang maju sedangkan ekonomi masyarakat banyak sengsara.

Jangan hanya orang kaya saja yang diperhatikan tetapi masyaakat miskin juga perlu diberikan penghidupan yang layak.