Jakarta - Setiap orang pasti berbeda-beda "cara menikmati hari ulang tahun" terutama terhadap dirinya masing-masing. Baik itu berkumpul dengan keluarga, makan-makan bersama teman, jalan-jalan, dan dalam kondisi atau situasi apapun pada dasarnya bisa dinikmatinya. "Ya" namanya juga tidak sama tentunya berbeda dengan orang lain tergantung suasana yang tidak menentu "melihat dari sisi financial atau keuangan individu" orang tersebut. 

"Selama 12 bulan dan rata-rata 360 hari", memang waktu cukup lama dan sangat panjang bila ditunggu. Tapi terkadang pernah kita mengucapkan cepat juga ya dari tahun ke tahun atau mengucapkan tidak terasa sudah berganti tahun, perasaan baru kemarin "sering juga 'kan' kita menyatakan hal demikian". Sejatinya begitu, dari hari ke hari, bulan ke bulan dan tahun ke tahun dijadikan istimewa untuk mencari moment-moment kebahagian bersama orang-orang yang "kita sayangi dan kita cintai".

"Bertambah atau mengurangi umur" sudah mengikuti alurnya karena semua orang melaluinya. Secara logika umur kita bertambah setiap bergantian tahun seperti "tahun 2020 anggap saja 'pak Amin' di usia 30 tahun sehingga pada tahun 2021 dengan tanggal dan bulan yang sama usia 'pak Amin' tersebut menjadi 31 tahun". Hal ini diperkuatkan juga dengan hitungan ilmu matematika diikuti dengan pertambahan setiap tahunnya.
*** 
Sedangkan menurut analisa masa umurnya manusia akan berkurang, namun itu tergantung dengan ajal seseorang atau maut yang menjemput "lebih cepat atau sebaliknya". Anggap saja atau kemungkinan umur manusia rata-rata sekitar 70 tahun akan meninggal dunia, namun ini semua bukan menjadi patokan bahwa setiap "manusia meninggal bisa usia dibawah 70 tahun dan sebaliknya bisa juga diatas 70 tahun". Hal ini menjadi rahasia Allah-SWT sebagai pencipta mahluk  hidup di muka bumi ini terutama manusia. 

Menurut dalam pandangan Islam bahwa umur manusia memang benar "adanya tidak melebihi 70 tahun atau sebaliknya" sangat kecil. Artinya "dari Abu Hurairah RA, ia berkata, Rasullullah SAW bersabda 'usia umatku (umurnya berkisar) antara 60 sampai 70 tahun dan tidak banyak di antara mereka melewati (angka) itu" (HR At-Tirmidzi). Sedangkan menurut lembaga survei "Word Happinwss Report, mencatat bahwa rata-rata usia manusia mencapai 71 tahun". Hal ini disimpulkan dari penelitian di 155 negara di dunia, uniknya memiliki harapan hidup di atas rata-rata yang melebihi umur hasil dari survei tersebut.

#Nikmati Perjalanan Dinas :

"Ini menjadi perjalanan yang menyenangkan bertepatan hari ulang tahun yang ke-36" mendapat tugas kunjungan area kerja di 'Aqua Cianjur' atas dasar permintaan klien melalui manager area sebagai penghubung untuk melakukan silaturahmi dan komunikasi memenuhi kebutuhan klien tersebut. Perjalanan ini di mulai dari "jam 04.00 Wib pagi hari hingga jam 23.00 Wib balik ke rumah kembali", sudah hampir 19 jam makna yang luar biasa tentunya menjadi pengalaman saat melakukan perjalanan dinas luar kota.
*** 
Selama perjalanan melintasi jalan tol Jagorawi, Puncak dan Cianjur. Dalam kendaraan berbincang dengan "Bpk.Asep Mulyono Sentosa (Muchlis) sebagai pimpinan ditempat kerja,Brigjen Andi Loedianto sebagai Security advisor PT.ISS Indonesia yang baru bergabung awal Agustus 2021 lalu dan ditemani Bpk. Tono sebagai driver". Canda tawa di dalam perjalanan tentang karir, sistem pengamanan, masa lalu, cerita selama menjadi Jenderal, jalur koordinasi dengan eksternal dan lain sebagainya.
*** 
Menjadi sorotan ada yang ulang tahun, jadi di dalam kendaraan saya terpojokan artinya selalu di sindir hal yang halus dan ringan…Hehehe. Namun ini hanya sebagai pengalihan atau bahan cerita yang baru atau yang lain  karena panjang juga perjalananya " berangkat dari pancoran komplek polisi jam 05.30 Wib sampai dengan tujuan Aqua Cianjur Jam 07.30 Wib, relatif normal tidak mengalami kemacetan sedangkan pulang dari lokasi jam 16.00 sampai tujuan ke komplek  Jam 21.00 Wib karena situasi puncak macet".

"Nilai-nilai yang bisa dipetik dengan tema diatas adalah" bagaimana menjaga etika, perilaku, komunikasi bersama dengan pimpinan, menjalin hubungan emosional satu sama lain, menghargai ide dan pendapat dalam cerita, dan lain sebagainya. Sudah pasti berbeda dengan orang lain saat hari ulang tahun, ini "hanya kebetulan berbagi cerita saat menjalani tugas di luar kota". Sejujurnya kehidupan sehari-hari tentu saling berhubungan dengan manusia lain baik diri saya sendiri maupun individu lainnya, "sehingga bisa saling menghargai terutama dalam mengucapkan hari ulang tahun".

#Nikmati Makan dan Minuman :

"Setelah 1,5 jam perjalanan sekitar pukul 7.30 Wib mampir ke Indomart" membeli roti untuk mengisi kekosongan perut karena dari jam 04.00 Wib belum sarapan. Roti hanya membuat kenyang sementara, setelah itu bersama pimpinan menikmati "Bubur Ayam Cianjur" dilengkapi dengan kopi dan cemilan lainnya. Bubur ayam Cianjur makanan khas menjadi menu pavorit atau pilihan selain kuliner asli daerah Cianjur lainnya, berhubung ulang tahun harus bertanggung jawab untuk transaksi pembayarannya. Hal yang membudaya siapapun yang ulang tahun menjadi keharusan untuk traktir.  
*** 
Selanjutnya siang harinya mendapat rezeki dan keberkahan dari klien "Aqua Cianjur" disediakan menu makan siang yang spesial seperti "nasi dengan lauk-pauk ikan, ayam dan sayuran. Selain itu juga disiapkan Sop Iga, roti, salad buah-buahan dan juice alpukat". Sungguh service yang memuaskan, walaupun saya bersama pimpinan sebagai vendor atau rekan kerja sama, sudah di manusiakan sebagai hubungan kerja yang profesional. Tidak banyak juga yang saya jumpai klien atau customer yang menyediakan makan siang dengan menu luar biasa, "angkat jempol 100 untuk klien yang terhormat, semoga kerja sama tetap terjalin dalam jangka waktu yang panjang".
*** 
Kemudian mampir di "Puncak Pass" bersama rekan manager dan team operasional Bpk.Moeses, Bpk.Kitmen, dan Bpk.Triyadi beserta pimpinan dan pak Jenderal sebagai rekan kerja yang sudah dijelaskan diatas. Selain "minum kopi, bajigur, lemon tea hangat, pisang goreng cokelat, dan cemilan lainnya". Suasana yang dingin dan sejuk membuat hangat pembicaraan santai terkait tindak lanjut kebutuhan klien "Aqua Cianjur" hal apa saja yang akan direncanakan perbaikan kualitas kedepannya baik dari "sumber daya manusia, sistem, prosedur kerja", dan lain sebagainya.
*** 
"Nilai positif yang bisa diambil adalah" dengan kita berbagi atau memberi kepada seseorang janganlah berharap oleh orang tersebut melainkan kebaikan yang sudah kita perbuatkan akan dibalas oleh orang lain, yang tidak tau kapan dan siapa yang membalasnya. Saat ulang tahun, identik kita traktir orang "ya" tidak masalah juga kalau kita memilikinya jika sebaliknya, sampaikan saja bahwa tidak punya uang atau modal untuk traktir kemungkinan rekan atau sahabat lebih mengerti."Saya ceritakan di hari ulang ini, suatu luar biasa karena bisa memberi dan dibalas hal yang tidak terduga seperti yang saya uraikan diatas".

"Selanjutnya menikmati ucapan dan do'a hari ulang tahun" baik dari keluarga rekan kerja, teman-teman dosen, teman literasi, manajemen tempat bekerja dan sahabat umum lainnya. Ucapan ini melalui "whtasapp group, status whatsapp, facebook, mesanger, telpon melalui smartphone dan whatsapp dan media sosial lainnya". Perasaan senang tentu menjadi dorongan kuat untuk menggapai asa karena kekuatan do,a untuk perubahan masa depan yang lebih cemerlang.
*** 
"Dengan demikian siapapun yang mengalami hari ulang tahun" jika ada kesamaan itu hanya kebetulan saja, karena pada prinsipnya pasti tidak sama dalam menghadapi saat hari ulang tahun. Semoga bisa memberikan inspirasi kepada sesama terutama pembaca.
"Salam bahagia dan sukses setiap hari".